Comscore Tracker

Curug Walet, Hidden Gem Green Canyon ala Bogor di Kaki Gunung Salak! 

Airnya biru kehijauan dan ada 3 tingkatan menantang

Bogor, Kota Hujan ini selalu memiliki daya tarik tersendiri dengan wisata alamnya yang memikat hati para turis, baik lokal maupun mancanegara untuk datang berkunjung. Pesona curug atau air terjun menjadi salah satu andalan destinasi wisata favorit para wisatawan yang datang.

Curug Walet Pamijahan Bogor merupakan salah satu curug terindah yang mempunyai keunikan tersendiri di antara curug lainnya. Keindahannya ini bahkan dijuluki sebagai Green Canyon ala Bogor. Sebelum ke sana, yuk simak ulasan Curug Walet, hidden gem Green Canyon ala Bogor!

1. Sekilas tentang Curug Walet Pamijahan  

Curug Walet, Hidden Gem Green Canyon ala Bogor di Kaki Gunung Salak! Curug walet (instagram.com/bogormoment)

Curug ini berada di kaki Gunung Salak, Kecamatan Pamijahan. Curug ini terkenal karena masih alami dan asri. Akses masuknya yang jauh dan jalur yang ditempuh belum sepenuhnya bagus, membuat obyek wisata ini masih belum terjamah oleh wisatawan.

Di sekitar curug ini banyak beterbangan burung walet yang membangun sarang di dalam goa, di pepohonan, dan di batu-batu yang ada di samping air terjun. Oleh karenanya curug ini dinamai Curug Walet Pamijahan.

Udaranya terasa fresh karena dikelilingi pepohonan hijau yang sangat memanjakan mata. Banyak satwa liar yang kerap terlihat di sekitar Curug Walet ini. Kicauan burung hutan juga acapkali terdengar di tempat ini.

Ada tiga air terjun lain di sekitar Curug Walet yakni Curug Cihanjawar, Cikudapaeh, dan Kanteh Payung. Semua curug memiliki pesonanya masing-masing.

2. Daya tarik Curug Walet Pamijahan 

Curug Walet, Hidden Gem Green Canyon ala Bogor di Kaki Gunung Salak! Curug walet (instagram.com/enjoybogor)

Yang menarik dari curug ini adalah warna airnya yang cantik sekali, yakni berwarna biru kehijauan. Uniknya, warna biru ini hanya bisa kamu lihat pada musim kemarau saja. Karena pada musim hujan, airnya sudah bercampur dengan hujan sehingga warnanya menjadi keruh. Jadi, waktu kunjungan terbaik adalah pada saat musim kemarau.

Daya tarik lainnya adalah air terjun ini membentuk tiga undakan. Di undakan paling bawah kamu akan melihat air yang sangat bening berwarna hijau tosca. Untuk mencapai undakan kedua, kamu harus memanjat bebatuan yang berwarna hijau yang ditumbuhi lumut.

Sedangkan untuk mencapai undakan ketiga, kamu harus menaiki tangga yang terbuat dari kayu. Dari undakan paling atas inilah, kamu akan melihat curug utama yang sangat menakjubkan.

Tiga aliran air terjun ini memang tidak terlalu tinggi. Ketinggiannya tak lebih dari 10 meter, tapi curug ini sangat istimewa karena airnya sangat jernih serta dihiasi bebatuan berlumut hijau. Namun, tidak disarankan untuk berenang tepat di bawah air terjunnya karena ada pusaran air di bawah sana. Juga dikhawatirkan terdapat benda atau bebatuan yang terjatuh dari atas bersamaan dengan jatuhnya air.

Jika ingin berenang, disarankan melakukannya di Leuwi Hejo. Letaknya berada di pangkal curug dengan air yang berwarna kehijauan.

Baca Juga: Curug Cikuluwung Bogor: Lokasi Wisata, Rute, Harga, dan Tips

3. Lanskap alam bak Green Canyon 

Curug Walet, Hidden Gem Green Canyon ala Bogor di Kaki Gunung Salak! Curug walet (instagram.com/bogormoment)

Sebelum sampai ke air terjun, kamu akan disuguhi dengan view yang indah, mulai dari hamparan sawah, perbukitan hingga sungai. Pemandangan menuju air terjun inilah yang dikatakan sebagai Green Canyon Ala Bogor karena lanskap alamnya diapit oleh tebing bebatuan dengan warna hijau dari lumut dan berbagai tumbuhan lain yang ada di sekitarnya. Di tempat ini kamu akan dibuat betah berlama-lama, sembari ditemani kicauan burung hutan.

Tak diragukan lagi kalau air terjun ini memang indah, meskipun tempatnya tersembunyi. Suasananya pun begitu asri dengan tebing yang tinggi dan rerumputan di sekelilingnya. Aliran airnya juga deras dan jernih. Dengan demikian sangat cocok untuk berswafoto maupun difoto secara langsung.

Lanskap alamnya juga yang sangat instagenic. Kamu bisa berfoto dengan latar air terjun yang menawan. Air biru kehijauan yang ada di pangkal curug membuat foto makin instagramable.

4. Trekking seru dan menantang 

Curug Walet, Hidden Gem Green Canyon ala Bogor di Kaki Gunung Salak! Curug walet (instagram.com/enjoybogor)

Jika kamu ingin menyaksikan langsung pesona alam Curug Walet, kamu harus melalui perjalanan seru dan penuh tantangan. Untuk itu diperlukan stamina fisik yang kuat untuk memulai trek perjalanan yang tidak mudah ini.

Setelah tiba di area parkir, kamu harus berjalan kaki melewati area terasering sawah. Lalu kamu harus menuruni tangga bebatuan. Selanjutnya kamu masih harus melewati jalan tanah bercampur pasir di samping tebing.

Berhati-hatilah karena terkadang jalanan licin dan curam. Kemudian kamu harus menyusuri sungai sekitar 15 menit. Kamu bisa berpindah dari batu ke batu dengan kedalaman air paling tinggi selutut. Total perjalanan trekking dari parkiran sekitar 30 menit. Tapi rasa lelah akan terbayarkan begitu sampai karena kamu akan mendapati pemandangan yang mempesona. Di sana kamu juga bisa mendirikan tenda jika ingin berkemah bersama teman.

Disarankan jika mau datang ke Curug Walet ini sebaiknya pada pagi hari. Sebab, daerah Bogor atas rawan hujan setelah pukul 12 siang.

5. Informasi lainnya tentang Curug Walet

Curug Walet, Hidden Gem Green Canyon ala Bogor di Kaki Gunung Salak! Curug walet (instagram.com/fajarmayapada)

Lokasi: Kampung Raina, Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Untuk akses menuju curug ini sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bogor dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Jam operasional: 24 jam.

Fasilitas: kamar bilas, warung, dan tempat parkir.

Tiket Masuk: Rp 10rb.

Asuransi: Rp 15rb.

Parkir motor: Rp 5rb.

Parkir mobil: Rp 10rb.

Buat kamu yang suka dengan pemandangan alam, wisata ke Curug Walet Pamijahan ini bisa menjadi tempat alternatif untuk menenangkan pikiran. Alam yang terawat, sejuknya udara, warna hijau pepohonan, dan suara kicau burung dijamin bakal bikin kamu betah berlama-lama.

Saat berkunjung ke sana, jangan lupa untuk bawa bekal dan jas hujan. Selamat refreshing!

Baca Juga: 5 Curug di Lebak Banten, Patut Dijelajahi untuk Para Pecinta Alam

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya