Comscore Tracker

5 Rekomendasi Tempat Baca Terbaru di Jakarta, Nyaman!

Bikin pengalaman membaca kamu jadi lebih nyaman 

Buat yang hobi membaca, aktivitas baca buku merupakan sweet escape untuk bisa me time sejenak. Buat kamu yang di Jakarta, ada tempat untuk menemani waktu santai kamu dengan membaca buku favoritmu atau buat kerjain tugas. Info lengkapnya simak ulasan di bawah ini, ya.

1. Perpustakaan Jakarta 

5 Rekomendasi Tempat Baca Terbaru di Jakarta, Nyaman!Perpustakaan Jakarta (instagram.com/perpusjkt)

Usai direnovasi dan resmi dibuka untuk umum pada 7 Juli 2022, Perpustakaan Jakarta kini terkesan aesthetic dan hangat. Interiornya memadukan desain industrial modern serta furnitur kayu.
Uniknya, di sini tersedia kursi berbentuk panggung layaknya di sebuah amphitheatre.

Koleksi bukunya pun lengkap. Asiknya lagi, kamu bisa bebas memilih spot membaca. Ada ruang eksplorasi dengan desain lesehan, ruang privasi hingga kursi dengan view luar gedung. Koneksi Wi-Fi dan spot charging juga tersedia.

Berkunjung ke sini, kamu harus reservasi dahulu melalui situs resminya, ya. Pasalnya, kuota per harinya hanya sampai 300 orang saja. Setelahnya kamu akan mendapatkan barcode untuk di scan di pintu masuk Perpustakaan Jakarta.

Alamat: Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya Nomor 73, Jakarta Pusat.
Jam operasional: Senin-Minggu: 09.00 - 17.00 WIB.

2. Perpustakaan Nasional 

5 Rekomendasi Tempat Baca Terbaru di Jakarta, Nyaman!Perpustakaan Nasional (instagram.com/perpusnas.go.id)

Jika kamu butuh referensi lengkap, kamu bisa datang ke Perpustakaan Nasional. Perpustakaan dengan tinggi 126,3 meter ini terdiri atas 27 lantai, termasuk tiga lantai parkir di bawah tanah.

Koleksi bukunya lengkap, hingga 2,6 juta buku. Jadi puas banget baca buku seharian di sini. Fasilitasnya juga mumpuni. Tersedia ruang baca, ruang teater, pusat data, layanan audiovisual dan multimedia serta ruangan koleksi buku langka.

Alamat: Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Jakarta Pusat.
Jam operasional: Weekdays: 08.00-21.00 WIB, weekend: 09.00-16.00 WIB.

Baca Juga: 9 Potret Book Park, Perpustakaan Estetik di Itaewon, Seoul

3. Baca di Tebet 

5 Rekomendasi Tempat Baca Terbaru di Jakarta, Nyaman!Baca di Tebet (instagram.com/ bacaditebet)

Menurut pendirinya Wien Muldian dan Kanti W. Janis, perpustakaan bukan hanya sebagai tempat membaca saja, tapi juga menjadi ruang temu, tempat diskusi serta bertukar ide. Karenanya, Baca Di Tebet terbagi menjadi beberapa lantai dengan fungsinya masing-masing.

Di lantai satu ada ruang yang tergabung dengan "Kafe Makan Di Tebet", yang dapat digunakan untuk berdiskusi sambil makan dan minum. Ada pula ruang privat yang sangat hening. Tersedia 20.000 koleksi buku yang dapat kamu baca di sini.

Alamat: Jalan Tebet Barat Dalam Raya Nomor 29, Jakarta Selatan.
Jam Operasional: Selasa-Kamis, Minggu: 10.00 - 18.00 WIB, Jumat-Sabtu: 12.30-20.30 WIB.

4. Ruma Coffeatery  

5 Rekomendasi Tempat Baca Terbaru di Jakarta, Nyaman!Ruma Coffeatery (instagram.com/rumacoffeatery)

Ruma Coffeatery adalah kafe perpustakaan yang punya banyak cabang di Jakarta. Berkunjung ke Ruma Coffeatery bikin betah berlama-lama. Suasananya homey, tenang dengan ambience yang hangat. Interiornya didominasi vinyl dan barang-barang vintage.

Fasilitasnya cukup mumpuni, tersedia area parkir, outdoor, indoor, stop kontak dan pastinya WiFi. Koleksi bukunya cukup lengkap. Cocok buat baca buku, kerjain tugas ataupun work from cafe.

Gak cuma nyaman buat baca buku, kamu juga bisa mencicipi ragam menu kopi asli Indonesia seperti kopi Papua dan Argopuro. Favorit di sini adalah kopi beer dan kopi pandan, unik banget, ya?

Alamat: Hotel Liberta Blok M. Jalan Sultan Hasanudin Nomor 30. Jakarta Selatan.
Jam operasional: 10.00-20.00 WIB.

5. Tujuhari Coffee 

5 Rekomendasi Tempat Baca Terbaru di Jakarta, Nyaman!Tujuhari Coffee (instagram.com/tujuhari_)

Buat kamu anak milenial dan gen z yang mau mencari tempat nyaman untuk baca buku, bisa berkunjung ke Tujuhari Coffee. Meski tidak sepenuhnya mengusung konsep kafe perpustakaan, buku-buku yang terpajang di rak, bisa kamu baca di tempat.

Dengan beragam jenis buku yang menarik disertai suasana minimalis dan cozy, dijamin bikin kamu betah belama-lama disini. Kamu juga bisa tetap produktif sambil ngopi dengan suasana yang nyaman, sebab tersedia ruangan multifungsi dilengkapi dengan mini amphitheatre, working space serta mini stage.

Alamat: Jalan Wijaya II. Grand Wijaya Center B 8-9. Jakarta Selatan.
Jam operasional: Weekdays: 09.00 - 22.00 WIB, weekend: 07.00 - 22.00 WIB.

Para pencinta buku, sekarang sudah gak bingung lagi, kan, cari tempat
yang nyaman buat baca buku? Kelima tempat baca di Jakarta di atas bisa banget kamu masukin ke wishlist tempat nongkrong. Jadi, tempat baca mana, nih, yang mencari incaranmu?

Baca Juga: 10 Perpustakaan Paling Cantik di Indonesia, Bikin Betah Seharian!

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Menulis=menambah wawasan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya