Comscore Tracker

5 Fakta Unik Situ Gunung Suspension Bridge, Terpanjang di Indonesia!

#PiknikAsik Sensasi liburan di jembatan gantung

Sudah pernah berkunjung ke Sukabumi? Nah jikalau sudah, pasti pada tahu dong atau pernah mendengar bahwa di Sukabumi juga sekarang memiliki sebuah objek wisata jembatan gantung loh? Yaps orang Sukabumi menyebut jembatan yang satu ini dengan sebutan "Situ Gunung Suspension Bridge".

Buat kamu sekalian yang penasaran dan ingin mampir ke sini pastikan terlebih dahulu kalian tidak memiliki riwayat phobia terhadap ketinggian ya. Karena jembatan ini digadang-gadang jadi salah satu jembatan gantung terpanjang dan tertinggi di Indonesia, bahkan Asia.

Nah bicara tentang objek wisata "Situ Gunung Suspension Bridge", ada beberapa fakta unik nih seputar jembatan gantung yang satu ini, yuk simak jangan sampai terlewatkan ya..

1. Jembatan gantung terpanjang di Indonesia

5 Fakta Unik Situ Gunung Suspension Bridge, Terpanjang di Indonesia!Instagram/anissaanf_

Merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan digadang-gadang sebagai salah satu jembatan gantung terpanjang di Asia. Suspension Bridge memiliki panjang 243 meter dan lebar 18 meter yang melintang di atas ketinggian jurang mencapai 161 meter di atas permukaan tanah.

Sementara untuk jembatan gantung terpanjang dan terbesar di Asia sendiri berada di China, berdiri di atas Sungai Longjiang di Provinsi Yunnan. Panjang jembatan tersebut sekitar 2,4 kilometer dengan ketinggian 280 meter dari atas permukaan Sungai Longjiang. Sebelum akhirnya rekor tersebut dikalahkan oleh Pearl Bridge di Jepang yang merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia dan secara otomatis juga menjadi terpanjang di Asia, yakni sekitar 3,9 kilometer. 

Dan untuk jembatan gantung tertinggi di dunia berada di Millau Viaduct, Perancis dengan ketinggian mencapai 343 meter dari permukaan tanah.

2. Hanya boleh dilewati 40 pengunjung sekali penyeberangan

5 Fakta Unik Situ Gunung Suspension Bridge, Terpanjang di Indonesia!Tatarsukabumi.id

Meski perkiraan dari kontsruksi jembatan gantung Situ Gunung dapat menampung berat dengan beban 55 ton atau sekitar 150 orang. Dan diperkirakan hanya bisa menampung 60 orang yang dapat naik dalam waktu bersamaan. Namun pada kenyataannya jembatan gantung ini hanya boleh dilintasi oleh 40 pengunjung saja dalam sekali menyeberang. 

3. Jembatan menggunakan bahan dasar kayu ulin

5 Fakta Unik Situ Gunung Suspension Bridge, Terpanjang di Indonesia!Instagram/mayang_budiarti

Menurut informasi bahwa jembatan gantung ini menggunakan bahan dasar berbahan kayu ulin yang dikirim dari Provinsi Papua. Ulin atau juga yang disebut kayu besi merupakan pohon khas dari daerah Kalimantan.

Spesifikasi kayu besi ini tahan terhadap perubahan suhu, kelembaban, dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan keras. Ulin tumbuh dengan berbagai keistimewaan tersendiri yang belum tentu dimiliki oleh kayu-kayu lain. Kayunya yang mampu melebar dengan diameter yang besar, tapi juga cukup tinggi, serta memiliki sifat yang sangat keras dan juga tidak mudah dimakan rayap.

Atas dasar keistimewaan yang ada pada pohon inilah maka tak heran jika kayu jenis ini diburu oleh banyak orang untuk dimanfaatkan dan dijadikan sebagai penunjang atau bahan pokok berbagai hal, termasuk kontruksi bangunan.

4. Kontruksi jembatan menggunakan 5 sling sekaligus

5 Fakta Unik Situ Gunung Suspension Bridge, Terpanjang di Indonesia!Instagram/situgunungsupensionbridge

Sling adalah alat bantu angkat khususnya barang yang besar dan berat di berbagai industri dan pembangunan konstruksi. Menurut informasi yang beredar bahwa jembatan gantung ini menggunakan 5 sling sekaligus, jika pada umumnya jembatan gantung hanya menggunakan 3 sling saja.

Selain itu untuk pengaman Jembatan Gantung Situ Gunung (Situ Gunung Suspension Bridge), juga telah dipasangi jaring kawat  dengan ukuran 4 mm dengan tinggi 120 meter, sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap keamanan pengunjungnya.

5. Menghabiskan dana lebih dari 4 miliyaran

5 Fakta Unik Situ Gunung Suspension Bridge, Terpanjang di Indonesia!Instagram/situgunungsuspensionbridge

Pembangunan jembatan gantung ini atas prakarsa pihak swasta dan Kementerian Lingkungan Hidup. Dana yang dikeluarkan tak tanggung-tanggung, sejak bulan Mei 2017 tercatat dana yang sudah keluar lebih dari Rp 4 milyar.

Pembangunan jembatan gantung Situ Gunung ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi. Apalagi dengan adanya lokasi destinasi lain dalam satu kawasan tersebut yakni Curug Sawer dan Situ Gunung.

Mungkin itulah beberapa fakta tentang Situ Gunung Suspension Bridge, semoga bisa bermanfaat dan menambah ketertarikan sobat semua untuk bisa berkunjung dan menjaga potensi wisata yang satu ini.

Ilham M R Photo Verified Writer Ilham M R

Menulis itu adalah challenge tersendiri, sebuah challenge yang mengharuskan kita untuk senantiasa berbagi, teruntuk berbagi wawasan serta berbagai pesan hati yang ingin disampaikan. ~ilhammr

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You