Comscore Tracker

Buka Wawasan, 5 Museum di Jakarta Ini Pas untuk Wisata Edukasi!

Sudah pernah ke sana?

Saat jalan-jalan ke Jakarta ada baiknya jangan hanya mengunjungi mall atau tempat-tempat rekreasi saja. Cobalah berkunjung ke destinasi wisata edukasi agar wawasanmu bertambah. Tempat yang sarat akan edukasi salah satunya adalah museum. Namun bukan sembarang museum, karena lima museum di bawah ini tidak membosankan dan membuatmu jenuh, yuk kunjungi!

1. Museum Nasional

Buka Wawasan, 5 Museum di Jakarta Ini Pas untuk Wisata Edukasi!instagram.com/museum_nasional_indonesia/

Museum ini biasanya sering juga disebut sebagai museum gajah dan memiliki berbagai koleksi benda-benda bersejarah yang akan membuat wawasanmu makin bertambah. Mulai dari prasasti hingga keramik ada di museum ini. Kabarnya museum ini memiliki 140.000 koleksi dan semuanya sarat akan edukasi. Bahkan tiket masuknya juga sangat murah yaitu berkisar Rp5 ribu saja dan buka pada hari selasa sampai minggu.

2. Museum Art:1

Buka Wawasan, 5 Museum di Jakarta Ini Pas untuk Wisata Edukasi!instagram.com/levinakerensa/

Berbeda dengan museum lain pada umumnya, museum ini memiliki arsitek modern diserta cahaya yang terang benderang sehingga akan membuatmu tertarik untuk berkunjung kesana. Museum ini menghadirkan berbagai koleksi dalam bidang seni seperti lukisan, patung sampai karya instalasi.

Saat pertamakali masuk karya-karya seniman Sunaryo akan menghiasi dirimu dan untuk biaya masuknya sendiri tidak terlalu mahal yaitu Rp150 ribu untuk wisatawan asing, Rp100.000 untuk orang dewasa dan untuk remaja hanya Rp75 ribu saja.

Baca Juga: 5 Museum Paling Nyeleneh di Dunia, Ada Museum Hadiah dari Mantan!

3. Museum Wayang

Buka Wawasan, 5 Museum di Jakarta Ini Pas untuk Wisata Edukasi!instagram.com/museumwayang/

Museum ini memiliki berbagai koleksi wayang se-indonesia bahkan se-Asia. Bahkan museum ini juga miliki banyak boneka yang berasal dari Perancis atau Inggris.Jumlah koleksi yang berada di museum ini berkisar 6000 koleksi dan semuanya sangat mengagumkan. Di museum ini juga terdapat 7 prasasti sebagai simbolis bahwa 7 orang penting ini dikuburkan di sana. Untuk tiket masuk museum ini amat murah yaitu hanya Rp5 ribu saja dan tutup setiap hari senin.

4. Museum Galeri Nasional

Buka Wawasan, 5 Museum di Jakarta Ini Pas untuk Wisata Edukasi!jktgo.com/

Museum ini sempat ditutup dan kemudian dibuka kembali pada tahun 2015 silam. Museum ini menampilkan berbagai karya seni para seniman dan terdapat 109 koleksi yang bisa kamu nikmati. Dengan berkunjung kesana kamu bisa menikmati perkembangan karya seni dari jadul sampai masa kini.

Fasilitas lain yang ditawarkan museum ini adalah mushola, kantin bahkan art-shop. Tak perlu mengeluarkan uang untuk biaya masuk ke museum ini karena harga tiketnya gratis. Museum ini pun tutup hanya pada hari senin dan kebersihannya amat terjaga.

5. Museum Bank Indonesia

Buka Wawasan, 5 Museum di Jakarta Ini Pas untuk Wisata Edukasi!instagram.com/rach.alya/

Sesaui namanya museum ini memang mengkoleksi benda-benda seputar perbankan dan semuanya menarik untuk disimak. Kamu bisa mengetahui sejarah terbentuknya mata uang Indonesia dan menyaksikan langsung diorama perbankan zaman penjajahan Belanda.

Tak usah khawatir saat berkunjung ke sana karena museum ini masih bersih terawat sehingga akan membuatmu nyaman saat berkunjung. Tiket masuknya pun hanya Rp5 ribu saja, harga yang sangat murah untuk mendapatkan pengetahuan baru bukan?

Yuk rekreasi sarat akan edukasi!

Baca Juga: 7 Museum Paling Keren di Indonesia, Dijamin Gak Bikin Bosan!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You