Comscore Tracker

Jangan Bingung, Ini 5 Tempat Wisata di Sumba yang Bisa Dikunjungi

Sudah tahu?

Keindahan alam Indonesia memang luar biasa menakjubkan karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang dihuni oleh ribuan pulau. Tempat wisata yang memesona dan memanjakan mata adalah terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur. Tampilkan keindahan alam yang asri, berikut lima tempat di Sumba yang bisa kamu kunjungi saat berlibur!

1. Pantai Mandorak

Jangan Bingung, Ini 5 Tempat Wisata di Sumba yang Bisa Dikunjungitripadvisor.co.nz

Pantai ini terletak di Sumba Barat Daya dan memiliki keindahan alam yang fantastis. Bagaimana tidak bila alamnya begitu bersih, pasir putihnya berkilauan serta air lautnya biru meneduhkan. Untuk sampai ke pantai ini kamu memerlukan waktu 45 menit dari Tambolaka yang merupakan ibu kotanya Sumba Barat. Memang agar sampai ke tempat ini kamu memerlukan perjuangan yang tidak mudah karena lokasinya masih terpencil. Tapi itulah sensasinya karena nantinya usaha kerasmu akan terbayarkan saat melihat pantai yang memesona ini.

2. Kampung Prai Ijing

Jangan Bingung, Ini 5 Tempat Wisata di Sumba yang Bisa Dikunjungiindonesia-tourism.com

Saat tamasya ke Sumba jangan lupa datang ke Kampung Prai Ijing yang letaknya di Desa Lodaka karena kampung ini masih memiliki rumah adat yang khas. Untuk datang ke kampung ini cukup mudah karena aksesnya hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota. Kampung ini memiliki suasana yang asri dan penduduknya gemar bergotong-royong ditambah masih memiliki rumah adat yang unik. Kampung ini memiliki 20 rumah adat dan enam rumah adat inti yang semuanya terbuat dari kayu serta atapnya dari alang-alang kering.

3. Danau Weekuri

Jangan Bingung, Ini 5 Tempat Wisata di Sumba yang Bisa Dikunjungitwitter.com/zulfikaralex

Sudah terlihat kan bagaimana indahnya Danau Weekuri? Danau ini terletak di Desa Kalenarogo, Sumba Barat Daya dan airnya terasa asin. Hal ini ternyata karena danau ini merupakan laguna yang airnya berasal dari air laut yang berada di dekatnya. Pemandangan alamnya sangat cantik karena dikelilingi tumbuhan hijau serta airnya memang sangat jernih. Namun sayangnya danau ini hanya bisa diakses dengan jalan kaki atau sepeda motor sehingga kamu harus hati-hati karena bisa saja tersesat.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Sumba Enak dan Unik, Belum Banyak yang Tahu!

4. Kampung Ratenggaro

Jangan Bingung, Ini 5 Tempat Wisata di Sumba yang Bisa Dikunjungiindonesia-tourism.com

Kampung ini pun sama-sama memiliki rumah adat yang khas dan terbuat dari kayu. Kampung terletak di Desa Umbu Ngedo, Sumba Barat Daya. Nah keunikannya kampung ini memiliki rumah adat dengan atap seperti menara. Ya, hal ini karena atap rumah adat ini tingginya sekitar 15 meter. Nah kampung ini dekat dengan muara Sungai Waiha namun untuk aksesnya memang agak susah karena kamu memerlukan waktu 90 menit dari kota Tambolaka dengan bus dan sisanya kamu harus naik ojek untuk sampai ke kampung ini.

5. Air Terjun Lapopu

Jangan Bingung, Ini 5 Tempat Wisata di Sumba yang Bisa Dikunjungiflickr.com

Sesuai namanya air terjun ini memang terletak di Desa Lapopu, Sumba Barat. Uniknya air terjun ini hadir di tengah gersangnya Pulau Sumba dan dikelilingi oleh pepohonan yang lebat. Air terjun ini memang sangat jernih dan memesona namun untuk mencapai tempat ini memang memerlukan perjuangan karena letaknya sangat masuk ke pelosok pedesaan. Tak hanya itu kamu pun perlu bertanya pada penduduk setempat karena bisa saja tersesat jika tidak bersama dengan penduduk.

Alam yang indah memang memerlukan perjuangan yang lebih namun semuanya pasti terbayarkan saat melihat pesonanya yang menakjubkan!

Baca Juga: 7 Tradisi Unik Orang Sumba yang Wajib Kamu Tahu 

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya