Comscore Tracker

5 Fakta Unik Selandia Baru, Banyak Domba Hingga Bukit Bernama Panjang

Kamu bakal terhipnotis oleh pesonanya yang tiada dua

Selandia Baru (New Zealand) adalah sebuah negara kepulauan dengan luas 268.021 km² yang terletak di barat daya Samudera Pasifik. Negara bekas koloni Inggris ini memang dikenal dengan panorama alamnya yang sangat indah nan memanjakan mata. Maka tak heran jika kamu pasti bermimpi untuk menjelajahi surga di sebelah timur ini.

Selain berbagai destinasi yang sudah kamu ketahui, Selandia Baru juga menyimpan banyak fakta menarik yang sayang jika dilewati. Inilah 5 di antaranya!

1. Jumlah domba lebih banyak daripada penduduknya

5 Fakta Unik Selandia Baru, Banyak Domba Hingga Bukit Bernama Panjangdairyreporter.com

Hal menarik pertama dari negara seluas 268.021 km² ini adalah rumah bagi banyak domba. Bahkan, jumlah domba di Selandia Baru lebih banyak daripada jumlah penduduknya itu sendiri.

Dihuni oleh sekitar 4.4 juta penduduk, sementara jumlah domba menurut pantauan Statista per 2019 berjumlah 26.71 juta. Jika dibandingkan, per satu penduduk Selandia Baru memiliki 6 ekor domba.

Satu hal yang cukup disayangkan, Statista mencatat jika jumlah domba di Selandia Baru berkurang setiap tahunnya.

2. Terdapat tempat untuk melihat matahari terbit pertama kali setiap hari

5 Fakta Unik Selandia Baru, Banyak Domba Hingga Bukit Bernama Panjangnzpocketguide.com

Selain Republik Kiribati, di Selandia Baru pun terdapat titik untuk melihat matahari terbit pertama kali setiap hari. East Cape adalah titik paling timur Selandia Baru yang menyambut matahari menyingsing di pagi hari untuk pertama kali.

Bahkan, di sini terdapat mercusuar bernama East Cape Lighthouse untuk menyaksikan ciptaan Tuhan menyapa setiap fajar. Akomodasi yang nyaman, berkemah, berselancar dan menyelam sekali pun bisa kamu nikmati di East Cape ini.

Baca Juga: 10 Alasan Selandia Baru Wajib Kamu Pilih sebagai Negara Tujuan Kuliah!

3. Bukan satu, Selandia Baru memiliki dua lagu kebangsaan

5 Fakta Unik Selandia Baru, Banyak Domba Hingga Bukit Bernama Panjangzimbio.com

Sebagai negara bekas koloni Inggris, Selandia Baru mengunakan God Save the Queen (lagu kebangsaan Inggis) sebagai lagu kebangsaannya. Hingga akhirnya pada 1970, Selandia Baru memiliki lagu kebangsaan sendiri berjudul God Defend New Zealand atas petisi dari sang Ratu Elizabeth II.

Kendati demikian, dalam setiap acara besar dan agung, God Save the Queen-lah yang dinyanyikan.

4. Sebagai negara yang masuk zona Ring of Fire, Selandia Baru banyak menyimpan gunung berapi aktif

5 Fakta Unik Selandia Baru, Banyak Domba Hingga Bukit Bernama Panjanganyquestions.govt.nz

Sebagai negara yang terselimuti Ring of Fire, satu hal yang gak bisa disangkal adalah Selandia Baru menjadi tempat bagi banyak gunung berapi. Bahkan, Auckland, kota metropilitan terbesar Selandia Baru adalah rumah bagi 53 gunung berapi, ujar laman gorentals.co.nz.

5. Terdapat tempat dengan nama terpanjang di dunia

5 Fakta Unik Selandia Baru, Banyak Domba Hingga Bukit Bernama Panjangstuff.co.nz

Sebuah bukit di Teluk Hawke diberi nama dengan panjang 85 karakter. Nama bukit tersebut adalah "Taumata whakatangi hangakoauau o tamatea turi pukakapiki maunga horo nuku pokai whenua kitanatahu." Jika kamu cukup kesulitan menghafalnya, kamu cukup menyebut bukit ini dengan, Bukit Taumata.

Nah itulah lima fakta Selandia Baru yang bisa kamu ketahui. Satu hal yang pasti, lukisan alam Selandia Baru bikin siapa pun terpana. Jadi, apakah kamu termasuk salah satu orang yang bermimpi ke sana?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kea, Burung Cerdas Endemik dari Selandia Baru

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya