Comscore Tracker

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Mata

Namun, tak semuanya aman untuk dikunjungi lho

Bukan pantai saja lho yang bisa memanjakan mata kamu dengan hamparan pasir berwarna pink nan indah. Sebab, banyak pula danau di dunia ini yang bisa memanjakan mata kamu dengan hamparan air berwarna pink alias merah muda.

Pada umumnya, danau berubah merah muda adalah akibat salinitas yang sangat tinggi dan menyebabkan beberapa mikroorganisme penyuka garam mengubah warna air tersebut.

Di antara banyaknya danau berwarna merah muda, inilah 9 yang terbaik di antaranya dan pastinya bikin kamu terpana. Tertarik untuk berkunjung?

1. Lake Hillier, Australia

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Matainstagram.com/_travel.destination

Danau Hillier terletak di Middle Island, Autralia Barat. Garam, pohon paperbark, dan pohon eucalypt mengelilingi danau berwarna merah muda ini. Karenanya, kamu tidak bisa menjamah secara langsung.

Kendati demikian, kamu bisa melihat keindahan Danau Hillier melalui tur udara atau berkeliling sekitar danau dengan perahu. Spesies mikroba alga, Dunaliella Salina adalah penghuni sejati Danau Hillier. Itulah sebab Danau Hillier berwarna pink yang sangat memanjakan mata.

2. Hutt Lagoon, Australia

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Matainstagram.com/backpackersintheworld

Selain Danau Hillier, Hutt Lagoon, sebuah danau garam ini berada di Australia juga. Danau berwarna merah muda ini terletak di Sungai Hutt, Australia Barat. Tingginya kadar garam akibat penguapan serta ganggang di dalam air menjadikan danau ini berwarna pink.

Satu hal yang menarik, danau ini tidak selalu berwarna pink. Terkadang berubah warna menjadi ungu hingga warna perak, tergantung perubahan cuaca. Berjalan kaki di sepanjang bibir danau menjadi hal yang sangat mengasyikkan. Tertarik bukan?

3. Danau Retba, Senegal

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Matainstagram.com/pintolopesviagens

Danau Retba berjarak sekitar 40 menit dari kota Dakar, Senegal. Danau ini mengandung 50 persen garam sehingga para petani yang memanen garam biasanya menggunakan shea butter untuk melindungi kulit mereka.

Sama halnya dengan wisatawan, meraka diwajibkan menggunakan pelindung kulit agar tetap aman dari garam dan panas terik matahari. Terlebih jika ingin berkeliling sepuas mungkin dengan menggunakan kapal kayu yang banyak tersedia di sepanjang bibir danau.

4. Danau Natron, Tanzania

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Mataarounddeglobe.com

Alih-alih melepas penat dengan bermain di bibir danau, hal demikian gak akan bisa kamu lakukan di Danau Natron, Tanzania. Gunung berapi, Ol Doinyo, yang berjarak 20 kilometer sebelah selatan telah menyumbang garam natrium karbonat dan garam kalsium karbonat ke danau ini sehingga menyebabkan danau ini kaya kandungan garam dan alkali.

Selain itu, danau ini mengepul panas hingga mencapai 60°C, ujar laman Aware Impact. Tidak ada yang bisa bertahan hidup di danau ini, kecuali beberapa invertebrata, mikroorganisme dan spesies ikan tertentu.

Salah satu mikroorganisme yang memanfaatkan danau ini adalah Haloarchaea. Mikroorganisme tersebut pulalah yang membuat danau ini berubah warna menjadi pink.

Baca Juga: 7 Danau Cantik di Indonesia yang Harus Masuk Bucket List Liburanmu

5. Danau Tus Golu, Turki

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Matainstagram.com/happy_i_land

Flamingo dan angsa adalah dua spesies penghuni Danau Tas Golu. Danau berwarna pink ini dikategorikan sebagai danau terbesar kedua di Turki yakni dengan luas permukaan 1.665 km². Alga Dunaliella Salinas adalah mikroba yang merubah warna air danau ini menjadi merah muda.

Selama musim panas, danau ini biasanya akan surut dan meninggalkan kerak garam hingga setebal 30 centimeter. Garam tersebut biasanya diekstraksi oleh penduduk setempat dan di dijual di pasar lokal.

6. Las Salinas de Torrevieja, Spanyol

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Matathecrazytourist.com

Pada dasarnya, ada dua danau indah yang terdapat di Torrevieja, yakni danau berwarna biru dan merah muda. Keduanya sangat indah dan menjadi lahan penghasil garam. Las Salinas de Torrevieja sendiri memiliki kandungan garam yang cukup rendah. Sehingga jika berenang cukup lama pun tidak terlalu riskan.

Yang menarik adalah ketika berenang di Las Salinas de Torrevieja, tubuh akan mengambang seperti di Laut Mati, ujar laman Aware Impact. Danau ini pun dipercaya membuat kulit dan paru-paru menjadi lebih sehat.

7. Danau Bumbunga, Australia

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Matainstagram.com/drishti311

Danau Bumbunga telah dimanfaatkan sebagai lahan penghasil garam sejak 1881. Warna merah muda menjadikan danau yang terletak di antara lahan pertanian Bumbunga dan kota Lochiel ini sangat indah.

Karena keindahannya, danau ini sangat populer di kalangan influencer dan fotografer lho. Terlebih airnya yang cukup dangkal menjadi sangat mudah untuk menikmati setiap sudut danau yang terletak di Australia ini.

8. Danau MacDonnell, Australia

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Matainstagram.com/travelcommunity

Australia memang menyimpan banyak sekali danau berwarna pink, termasuk Danau MacDonnell. Kendati berjarak cukup jauh, yakni di Australia bagian Selatan, danau ini sangat populer di Autralia, terlebih di kalangan influencer.

Salah satu hal yang menarik adalah adanya jalan lumpur yang memisahkan dua konsentrasi air dengan warna yang berbeda. Mulanya, danau ini dimanfaatkan sebagai lahan garam. Namun kini sudah beralih fungsi menjadi tambang gypsum, ujar lama Aware Impact.

9. Las Coloradas, Meksiko

9 Danau Berwarna Merah Muda yang Memanjakan Matatheculturetrip.com

Las Coloradas pada mulanya hanya sebuah desa nelayan garam yang sepi. Usai influencer masuk dan mempublikasikan keindahan danau ini, sekarang menjadi tujuan wisata bahari di Rio Lagartos Municipality, Yucatán, Meksiko, ujar laman The Culture Trip. Las Coloradas terletak di sebidang tanah yang memisahkan antara Teluk Meksiko dan Ria Lagartos.

Itulah 9 danau berwarna pink indah yang bisa menjadi tujuan destinasi kamu. Pastinya kamu tertarik banget kan untuk berkunjung ke danau-danau berwarna merah muda nan indah di atas? Namun, pastikan dulu jika danau tersebut aman dikunjungi.

Baca Juga: 10 Danau Terbesar di Dunia, Salah Satunya Sering Dikira Lautan!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya