Comscore Tracker

Pencinta Seni-Budaya, Ikut 6 Festival Tahunan di Yogyakarta Ini Yuk!

#IDNTimesTravel Sudah menyiapkan tiketnya, belum?

Festival yang digelar setiap tahun di Yogyakarta selalu menjadi magnet wisatawan dari berbagai penjuru daerah, bahkan luar negeri, untuk turut memeriahkan. Sayangnya, karena pandemi, beberapa festival tersebut terpaksa dilakukan secara virtual, banyak pula yang dibatalkan.

Kalau kamu penasaran Yogyakarta punya festival tahunan apa saja, simak ulasan berikut ini, ya. Ada festival yang telah memiliki jadwal pelaksanaan secara virtual dalam waktu dekat, lho. 

1. Festival Kebudayaan Yogyakarta

Pencinta Seni-Budaya, Ikut 6 Festival Tahunan di Yogyakarta Ini Yuk!FKY 2019 (instagram.com/johnbendoetz)

Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) memegang predikat sebagai festival tahunan paling tua di Yogyakarta. Pertama kali digelar pada tahun 1989, FKY menampilkan pameran seni rupa, kompetisi kesenian, pertunjukan budaya, dan pasar festival.

Festival ini biasanya dilaksanakan selama hampir tiga pekan. Namun, tahun 2020 lalu adalah kali pertama FKY digelar hanya selama enam hari.

Lokasinya sendiri kerap berubah setiap tahun. Mulai dari Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Malioboro, Komplek Pasar Ngasem, hingga Benteng Vredeburg.

2. Yogya Gamelan Festival

Pencinta Seni-Budaya, Ikut 6 Festival Tahunan di Yogyakarta Ini Yuk!Yogya Gamelan Festival #24 (instagram.com/knowlektiv)

Berusia seperempat abad di tahun 2020 lalu, Yogya Gamelan Festival (YGF) menjadi wadah berkumpulnya para pemain dan pencinta alat musik gamelan. Bukan cuma dari dalam Indonesia, melainkan juga dari luar negeri.

Di awal berdirinya pada tahun 1995, YGF merupakan bagian dari Festival Kebudayaan Yogyakarta. Namun, dua tahun kemudian, YGF memutuskan untuk menggelar festivalnya sendiri.

Antusiasme pengisi festival tetap tinggi meski YGF tahun lalu diselenggarakan secara daring. Selain pemain dari dalam negeri, peserta YGF 2020 juga diramaikan negara Prancis, Singapura, dan Selandia Baru.

3. Wayang Jogja Night Carnival

Pencinta Seni-Budaya, Ikut 6 Festival Tahunan di Yogyakarta Ini Yuk!Penampilan Kecamatan Gondokusuman di WJNC 2019 (instagram.com/pelangi_entertainment)

Beragam kreasi kesenian dari tokoh wayang kapi-kapi ditampilkan di Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Kreasi tersebut hadir dalam bentuk tarian yang dibalut aneka kostum unik, juga patung karakter wayang kapi-kapi dalam ukuran besar.

WJNC selalu diselenggarakan pada tanggal 7 Oktober setiap tahunnya untuk merayakan hari ulang tahun Yogyakarta. Pesertanya adalah perwakilan dari setiap kecamatan yang berada di lingkup Kota Yogyakarta.

Barisan peserta dengan masing-masing kreasi seninya diarak mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Tugu Pal Putih, sampai Jalan Margo Utomo. Namun, WJNC 2020 terpaksa diadakan secara virtual dari halaman Balai Kota Yogyakarta.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Seni dan Budaya di Yogyakarta

4. Sekaten

Pencinta Seni-Budaya, Ikut 6 Festival Tahunan di Yogyakarta Ini Yuk!Grebeg Mulud di Sekaten Jogja 2018 (instagram.com/noorcha_sa)

Acara Grebeg Mulud menjadi puncak acara pesta rakyat bernama Sekaten Jogja yang diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad. Grebeg Mulud ditandai dengan dikeluarkannya sebuah gunungan berukuran besar yang akan diperebutkan masyarakat.

Sebelum Grebeg Mulud, rangkaian festival Sekaten Jogja dilakukan di Keraton Yogyakarta dan kawasan Alun-alun Utara. Pembukaan Sekaten Jogja ditandai dengan dibunyikannya Gamelan Sekati yang merupakan gamelan sakral kepunyaan keraton.

Akibat pandemi, festival Sekaten Jogja dan Grebeg Mulud tahun 2020 terpaksa tidak diselenggarakan oleh pihak Keraton Yogyakarta. Hal tersebut sebagai bentuk ikhtiar menghindari kemunculan klaster baru COVID-19.

5. Prambanan Jazz Festival

Pencinta Seni-Budaya, Ikut 6 Festival Tahunan di Yogyakarta Ini Yuk!fourtwntymusic di Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 (instagram.com/prambananjazz)

Diselenggarakan di area wisata Candi Prambanan, Prambanan Jazz merupakan festival musik bertaraf internasional yang menghadirkan musisi dalam dan luar negeri. Festival ini umumnya dilakukan selama tiga hari dengan waktu pelaksanaan berbeda-beda setiap tahunnya.

Digelar sejak tahun 2015 secara luring, pelaksanaan Prambanan Jazz tahun 2020 lalu terpaksa dilakukan secara daring. Meski begitu, semangat pengisi dan penonton Prambanan Jazz tetap berkobar.

Sedangkan untuk tahun ini, Prambanan Jazz siap diselenggarakan secara virtual kembali, tepatnya tanggal 11-12 September 2021. Kamu sudah amankan tiket buat nonton, belum?

6. ARTJOG

Pencinta Seni-Budaya, Ikut 6 Festival Tahunan di Yogyakarta Ini Yuk!Salah satu karya seni di ARTJOG 2021 (instagram.com/artjog.id)

Pencinta seni kontemporer tentu tahu pameran bernama ARTJOG. Menghadirkan karya dalam bentuk seni instalasi, seni 2D, 3D, dan performance art, ARTJOG umumnya diadakan selama sebulan penuh di Jogja National Museum.

Jika tahun-tahun sebelumnya ARTJOG mendatangkan karya seniman dari mancanegara, maka di tahun 2020 hanya seniman dalam negeri yang meramaikan festival ini. Sama halnya dengan tahun lalu, ARTJOG tahun ini tetap diselenggarakan dengan prokes ketat dan pembatasan jumlah kunjungan.

ARTJOG 2021 masih berlangsung sampai tanggal 31 Agustus mendatang. Namun, dengan adanya kebijakan PPKM, prosedur kunjungan secara luring ikut berubah. Kamu bisa cek situs resmi ARTJOG untuk info lebih detail.

Pandemik ini memang berdampak serius terhadap semua lini kehidupan, termasuk pelaksanan festival tahunan di Yogyakarta. Namun, dengan kreatifitas dan inovasi, beberapa festival tetap bisa berjalan, meski virtual. Semoga masa pandemik segera membaik, sehingga kita bisa beraktivitas dan liburan dengan nyaman, ya!

Baca Juga: 10 Pantai Terbaik untuk Berkemah di Yogyakarta, Bikin Betah di Alam 

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya