Comscore Tracker

6 Wisata Alam di Salatiga, Hidden Gems yang Seru buat Dijelajahi

Pesonanya menenangkan jiwa

Berada di tengah-tengah Kabupaten Semarang, Salatiga menyimpan destinasi wisata yang gak bisa dipandang sebelah mata. Meski kecil, Kota Salatiga layak banget buat dijelajah untuk menghilangkan penat dari rutinitas perkotaan.

Beberapa wisata alam berikut adalah tujuan rekreasi andalan di Salatiga. Wajib mampir ketika kamu singgah di Salatiga, ya!

1. Agro Wisata Salib Putih

6 Wisata Alam di Salatiga, Hidden Gems yang Seru buat DijelajahiAgro wisata Salib Putih (instagram.com/anyul_yul)

Agro wisata Salib Putih dapat ditempuh selama kurang lebih 15 menit dari pusat Kota Salatiga. Kamu akan dimanjakan dengan panorama keren Gunung Merbabu di sisi selatan. Agro wisata ini dikelilingi perkebunan, seperti kopi, kapuk randu, dan cengkih.

Menariknya, di dalam agro wisata, terdapat kolam renang infinity dengan pemandangan super kece. Ada pula spot terbaru berupa miniatur kincir angin khas Belanda yang dikelilingi taman bunga yang cantik.

2. Air Terjun Umbul Songo

6 Wisata Alam di Salatiga, Hidden Gems yang Seru buat DijelajahiAir terjun Umbul Songo (instagram.com/suryo_dwi_prasetyo_)

Secara administratif, obyek wisata Umbul Songo memang masuk wilayah Kopeng, Kabupaten Semarang. Namun, destinasi ini terbilang dekat dari Salatiga, yaitu sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Salatiga.

Umbul Songo merupakan wisata air terjun setinggi 15 meter yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Gak cuma bisa bermain di bawah air terjun, kamu pun bisa berenang di kolam renang yang berada di dalam obyek wisata ini.

3. Tlogo Resort Plantation

6 Wisata Alam di Salatiga, Hidden Gems yang Seru buat DijelajahiTlogo Resort Plantation (instagram.com/gembissgembiss)

Tlogo Resort sebetulnya adalah sebuah resor yang menyediakan berbagai tipe kamar. Menariknya, resor ini dikelilingi perkebunan karet, kopi, hingga buah durian. Saat musim durian, kamu bisa borong durian dengan harga lebih murah dan berkualitas super.

Hal menarik lainnya, Tlogo Resort juga memiliki akses menuju wisata alam, seperti Goa Rong View dan Goa Rong.

Dari Goa Rong View, kamu dapat menyaksikan Danau Rawa Pening dan deretan gunung, seperti Gunung Ungaran, Telomoyo, Sindoro, Sumbing, Merbabu, da Merapi. Sedangkan, Goa Rong merupakan gua berukuran sempit yang berada di tengah hutan.

Baca Juga: 6 Wisata Liburan Sekolah Semarang buat Refreshing Anak-anak

4. Sendang Senjoyo

6 Wisata Alam di Salatiga, Hidden Gems yang Seru buat DijelajahiSendang Senjoyo (instagram.com/danarsibolang_)

Kolam ikan bernama Sendang Senjoyo konon menjadi lokasi Jaka Tingkir atau Mas Karebet untuk menempa ilmu kanugaran. Itulah mengapa hingga kini masih banyak masyarakat sekitar yang melakukan ritual serupa.

Jika kamu datang ke Sendang Senjoyo, kamu bisa menceburkan diri ke dalam kolam untuk membuktikan kesegaran dan kejernihan air kolam tersebut. Ratusan ikan yang menghuni Sendang Senjoyo bakal langsung mengelilingimu ketika masuk ke dalamnya.

Suasana asri di sekitar Sendang Senjoyo sangat ampuh untuk terapi pikiran dan sekujur tubuh karena udaranya begitu sejuk dan mendamaikan.

5. Desa wisata Tingkir Lor

6 Wisata Alam di Salatiga, Hidden Gems yang Seru buat DijelajahiDesa wisata Tingkir Lor (instagram.com/istajibbarlian_aka_tatank)

Ditetapkan sebagai desa wisata pada 2015, Desa Tingkir Lor menawarkan pengalaman wisata alam, budaya, dan kuliner. Panorama persawahan, sungai, dan gunung menjadi andalan Desa Tingkir Lor.

Setiap pekannya, kamu dapat menyaksikan latihan karawitan yang diikuti para pemuda desa dari berbagai rentang usia. Jangan lupa pula mencicipi beberapa kuliner khas Desa Tingkir Lor, seperti bolen tempe dan sambal tumpang.

6. Resto Kalibatur

6 Wisata Alam di Salatiga, Hidden Gems yang Seru buat DijelajahiResto Kalibatur (instagram.com/tukang_foto_karbitan2003)

Memanfaatkan aliran kali kecil yang bersisian dengan hutan yang masih asri, Resto Kalibatur hadir sebagai spot kulineran bertema back to nature. Kamu bisa mencoba river tubing yang menjadi atraksi favorit di resto ini.

Usai lelah bermain air di kali, kamu bisa langsung menyantap aneka hidangan lezat Resto Kalibatur. Menu khas Nusantara seperti ikan bakar, tumis kangkung, dan sambal dijamin langsung memuaskan perutmu yang sedang lapar.

Nah, gak ada alasan untuk gak liburan ke Salatiga, kan? Wisata alam di sini bagai hidden gems yang menarik buat dieksplorasi. Siap ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jawa Tengah untuk Pencinta Aktivitas Outdoor

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya