Comscore Tracker

5 Wisata Alam Unggulan Cibodas Jawa Barat, Damai Menentramkan Jiwa

Jangan ngaku pencinta alam kalau gak liburan ke sini

Tahukah kamu kalau Kabupaten Cianjur memiliki destinasi wisata alam yang asyik banget untuk menghabiskan waktu di akhir pekan? Kawasan Cibodas namanya. Terletak di Kecamatan Cipanas, kawasan ini favorit banget untuk back to nature, lho.

Dari Jakarta, kawasan Cibodas bisa ditempuh selama kurang lebih tiga jam. Buat kamu yang pengin refreshing, deretan wisata alam di Cibodas berikut bisa langsung kamu masukkan ke dalam wishlist. Simak, ya!

1. Buper Mandalawangi

5 Wisata Alam Unggulan Cibodas Jawa Barat, Damai Menentramkan JiwaRumah Korea di Buper Mandalawangi (IDN Times/Intan Deviana)

Dari gerbang masuk kawasan Cibodas, Buper atau Bumi Perkemahan Mandalawangi berjarak sekitar satu kilometer dan berada di kanan jalan. Dari area parkir, kamu perlu berjalan kaki lagi sekitar 150 meter menuju spot utama.

Selain berkemah, kamu bisa berkeliling di danau kecil menggunakan perahu sewaan, menghirup udara hutan pinus yang segar, dan main air di sungai yang ada di buper Mandalawangi.

Uniknya, kamu bisa menjumpai sebuah rumah bergaya Korea di dekat danau yang konon merupakan perpaduan budaya Sunda dan Korea. Namun, bangunan ini kabarnya sudah lama tidak difungsikan, sehingga tampak kurang terawat.

2. Kebun Raya Cibodas

5 Wisata Alam Unggulan Cibodas Jawa Barat, Damai Menentramkan JiwaCurug Ciismun di dalam area Kebun Raya Cibodas (IDN Times/Intan Deviana)

Dibanding saudara tuanya, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas (KRC) menawarkan hawa yang lebih sejuk dengan pilihan spot menarik yang lebih beragam. Jika kamu punya free time, menjelajah KRC seharian adalah pilihan sempurna.

Gak jauh dari loket penjualan tiket, kamu bakal langsung disambut Taman Sakura yang bunganya mekar dua kali dalam setahun, yakni antara bulan Januari-Februari dan Agustus-September. Di dekat Taman Sakura, terdapat air terjun dan sungai Cibogo.

Kalau kamu pengin sedikit bertualang, trekking-lah menuju Curug Ciismun yang jaraknya sekitar 2,7 kilometer dari Taman Sakura. Ada pula Curug dan Canopy Trail Ciwalen yang letaknya kurang lebih satu kilometer dari pintu gerbang utama KRC. Wisata paket lengkap banget, bukan?

3. Buper Bukit Golf

5 Wisata Alam Unggulan Cibodas Jawa Barat, Damai Menentramkan JiwaGunung Pangrango sebagai latar Buper Bukit Golf (IDN Times/Intan Deviana)

Selain Buper Mandalawangi, opsi lain untuk berkemah di kawasan Cibodas adalah Buper Bukit Golf. Campground ini terbilang lebih menarik karena punya spot untuk memandang Gunung Gede-Pangrango dari kejauhan.

Sembari menunggu senja, kamu bisa jalan kaki sebentar ke air terjun kecil yang tak memiliki nama. Kamu juga bisa menyewa kuda untuk berkeliling area campground atau menjajal naik ATV melewati track yang tersedia.

Saat memutuskan bermalam di Buper Bukit Golf, pastikan kamu gak melewatkan subuh di sini karena siluet Gunung Gede-Pangrango menjadi panorama yang bikin speechless.

Baca Juga: 10 Wisata Alam Indonesia yang Mirip Luar Negeri, Rugi Gak ke Sini!

4. Curug Cibeureum

5 Wisata Alam Unggulan Cibodas Jawa Barat, Damai Menentramkan JiwaCurug Cibeureum (IDN Times/Intan Deviana)

Gak jauh dari Buper Bukit Golf, terdapat gerbang masuk menuju air terjun lainnya di kawasan Cibodas, bernama Curug Cibeureum. Dibanding Curug Ciismun dan Curug Ciwalen yang berada di dalam KRC, jalur menuju Curug Cibeureum lebih chalenging, lho.

Kamu perlu menaiki ratusan anak tangga terbuat dari batu untuk tiba di curug utama. Namun, bentang alam yang tersaji sepanjang jalur menuju Curug Cibeureum dijamin bikin lelahmu gak berasa, deh! Hutan hujan tropis plus aliran sungai di beberapa titik adalah di antaranya.

Jangan lupa kenakan alas kaki yang nyaman dan bawa bekal yang cukup saat trekking ke Curug Cibeureum. Berangkat lebih awal adalah opsi bijak, supaya kamu gak pulang terlalu sore.

5. Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango

5 Wisata Alam Unggulan Cibodas Jawa Barat, Damai Menentramkan JiwaAlun-alun Surya Kencana (IDN Times/Intan Deviana)

Nah, ini dia spot wisata alam paling menantang dan spektakuler di kawasan Cibodas, Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP). Bukan lagi trekking ceria, tapi kamu diwajibkan mendaki jika ingin ke puncak dua gunung tersebut.

Meski berada dalam satu taman nasional, Gunung Gede-Pangrango adalah dua gunung berbeda dengan dua puncak berbeda pula. Namun, kedua puncak gunung ini bisa kamu daki dari pintu masuk yang ada di kawasan Cibodas.

Spot favorit di Gunung Gede adalah Alun-alun Surya Kencana, sedangkan Gunung Pangrango mempunyai Lembah Mandalawangi. Keduanya merupakan padang edelweis yang bakal bikin betah siapa pun yang mengunjunginya.

So, wisata alam di Cibodas mana, nih, yang langsung bikin kamu gak sabar untuk mengunjunginya? Pastikan selalu patuhi protokol kesehatan, agar perjalanan wisatamu tetap aman dan nyaman, ya!

Baca Juga: 10 Wisata Alam di Pulau Jawa yang Mirip Luar Negeri, Cantik Banget!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya