Comscore Tracker

5 Kecantikan Masjid Putra, Wisata Religi di Malaysia Wajib Dikunjungi

Jangan lupa berpakaian sopan, ya

Berstatus sebagai pusat pemerintahan Malaysia yang futuristis, kawasan Putrajaya memiliki beberapa destinasi wisata yang layak banget kamu kunjungi. Salah satu yang termegah dan cocok sebagai tujuan wisata religi adalah Masjid Putra.

Dibangun pada tahun 1997, Masjid Putra memang terkenal cantik. Gak hanya pengunjung muslim yang bisa menikmati keindahannya, masjid yang terletak di dekat kantor Perdana Menteri Malaysia tersebut juga terbuka untuk umum.

Pengin tahu gimana megahnya Masjid Putra ini? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Masjid berwarna rose yang terapung di atas danau

5 Kecantikan Masjid Putra, Wisata Religi di Malaysia Wajib Dikunjungiinstagram.com/classic.architecture

Memasuki kawasan Putrajaya, dari jarak beberapa ratus meter, kamu sudah bisa melihat kubah Masjid Putra yang berwarna merah muda bak bunga rose. Semakin dekat, masjid yang namanya diambil dari nama Perdana Menteri pertama Malaysia, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj ini, makin tampak warna aslinya.

Didominasi warna merah muda dan warna kecokelatan, lokasi Masjid Putra rupanya berada persis di salah satu sisi Danau Putrajaya. Sehingga, jika dilihat dari arah barat, utara, atau dari atas, Masjid Putra seolah seperti terapung di atas danau buatan tersebut.

2. Gerbang masjid tampak tinggi dan megah dengan hiasan geometris

5 Kecantikan Masjid Putra, Wisata Religi di Malaysia Wajib Dikunjungiinstagram.com/jay_hu5541n

Sebelum masuk ke teras utama masjid, kamu bakal disambut oleh gerbang yang menjulang tinggi nan megah, lengkap dengan tulisan kaligrafi di bagian atas dan pintu masuk dengan ukiran dan hiasan berbentuk geometris.

Arsitektur ini mirip seperti gerbang Masjid Hasan II di Casablanca, Moroko, yang merupakan salah satu ciri khas seni kebudayaan negara-negara Muslim.

Baca Juga: 5 Masjid Tertua di Kota Medan, Megah dan Bersejarah

3. Terdapat sebuah menara, satu kubah besar, dan delapan kubah kecil

5 Kecantikan Masjid Putra, Wisata Religi di Malaysia Wajib Dikunjungiinstagram.com/azani_adenan

Setelah melewati gerbang utama masjid, kamu akan semakin jelas melihat ukuran kubah masjid, beserta menara masjid setinggi 116 meter di sisi kiri gerbang utama. Selain kubah utama yang tinggi luarnya mencapai 50 meter, masih ada delapan kubah kecil yang menunjuk ke empat penjuru mata angin.

Kubah-kubah kecil tersebut sebenarnya akan lebih terlihat jelas kalau kamu melihatnya dari jarak jauh.

Jika kamu perhatikan dengan saksama, desain kubah Masjid Putra sering dijumpai pada masjid-masjid di negara Mesir, yaitu mengusung prinsip ukiran tumbuhan. Sedangkan ornamen pada sekeliling kubah masih membentuk hiasan geometris.

4. Dapat menampung hingga 15.000 jemaah

5 Kecantikan Masjid Putra, Wisata Religi di Malaysia Wajib Dikunjungiinstagram.com/ridzuan_shah92

Terdiri dari tiga lantai, Masjid Putra memiliki daya tampung hingga 15.000 jemaah. Lantai dasar diperuntukkan bagi jemaah laki-laki, lantai atas untuk jemaah perempuan, sedangkan lantai bawah digunakan untuk tempat wudu.

Kalau kamu berkesempatan masuk ke area ibadah, dijamin kamu bakal makin terpukau dengan kecantikan Masjid Putra. Ukiran kaligrafi, ornamen-ornamen di setiap sudut ruangan dan langit-langit, dan lampu gantung yang lebih didominasi warna kecokelatan, bakal bikin kamu betah memandangnya.

Para pengunjung Muslim pun pasti bakal kerasan ibadah lama-lama di masjid ini.

5. Bagian luar masjid menjadi lokasi yang cantik untuk berswafoto

5 Kecantikan Masjid Putra, Wisata Religi di Malaysia Wajib Dikunjungiinstagram.com/ta_zhiliaeva

Sebaliknya, kalau kamu gak sempat untuk masuk ke area ibadah, jangan kecewa dulu. Sebab di bagian luar masjid, khususnya di sisi yang bersebelahan dengan danau, menjadi spot favorit turis asing untuk berswafoto.

Lokasi tersebut gak kalah cantik dan estetis. Gak cuma bisa foto dengan latar Masjid Putra, namun juga dengan background danau dan Jembatan Putra. Keren abis, deh!

5 Kecantikan Masjid Putra, Wisata Religi di Malaysia Wajib Dikunjungiinstagram.com/ball_2525

Nah, itulah tadi potret Masjid Putra di Malaysia yang teramat cantik. Buat kamu yang berniat datang ke sini dan ingin masuk ke dalamnya, pastikan berpakaian sopan dan menutup aurat, ya. Kalau gak, kamu diharuskan menggunakan jubah lebih dulu yang disediakan oleh pengelola. Selamat berwisata!

Baca Juga: 6 Keistimewaan Itik Salai Masthar, Kari Bebek Panggang Khas Malaysia

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya