Comscore Tracker

5 Lokasi Hidden Gem Terbaik di Cilacap, Petualang Sejati Wajib ke Sini

Dari curug sampai pantai, semua ada!

Sebagai salah satu kabupaten di pesisir selatan Jawa Tengah, Cilacap rupanya menyimpan potensi wisata yang tak bisa dipandang sebelah mata, lho. Meski destinasi tersebut barangkali masih kurang populer di kalangan traveler, namun bagi kamu yang ngaku petualang sejati, wajib banget tahu dan datang ke lokasi ini.

Nah, berikut bakal disajikan informasi tentang lima lokasi hidden gem terbaik yang ada di Cilacap. Mulai dari curug, pantai, hutan, dan waduk, semua ada. Penasaran, kan? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Curug Cimandaway

5 Lokasi Hidden Gem Terbaik di Cilacap, Petualang Sejati Wajib ke Siniinstagram.com/ahdi_h369

Terletak di desa Serang, kecamatan Dayeuhluhur, Curug Cimandaway disebut-sebut sebagai curug tertinggi di kabupaten Cilacap. Tinggi curug tersebut diperkirakan mencapai 100 meter.

Alih-alih disebut "grojogan" yang dalam bahasa Jawa berarti "air terjun", Cimandaway lebih populer dengan sebutan "curug" yang berasal dari bahasa Sunda. Hal ini dikarenakan lokasi Curug Cimandaway berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Barat dan penduduk di sekitar curug lebih didominasi oleh suku Sunda.

Meski aliran air sungai di Curug Cimandaway tidak terlampau jernih, tapi suasana sejuk di sekitar curug bakal jadi pengobat rindu dengan suasana alam yang masih alami. Tiket masuk curug hanya Rp6.500 saja. Kamu bisa puas main air di curug tersebut karena debit air terjunnya tidak terlampau deras.

2. Pantai Widarapayung

5 Lokasi Hidden Gem Terbaik di Cilacap, Petualang Sejati Wajib ke Siniinstagram.com/setyototoque

Selain Pantai Teluk Penyu yang menjadi ikon wisata Cilacap, masih ada satu destinasi pantai lainnya di kabupaten ini yang layak kamu kunjungi. Hampir tak pernah sepi pengunjung yang kebanyakan berasal dari masyarakat setempat dan daerah di sekitar Cilacap, Pantai Widarapayung memang punya keistimewaan tersendiri.

Seperti halnya Teluk Penyu, Pantai Widarapayung menawarkan pasir pantai yang hitam. Di sekitar pantai, kamu bakal menjumpai banyak kuda dan delman yang bisa kamu naiki untuk menelusuri garis pantai. Adanya pohon-pohon kelapa menjadi pelengkap kecantikan pantai tersebut.

Yang menarik, karena ombak di Pantai Widarapayung terbilang besar, maka pantai ini juga kerap digunakan untuk bermain surfing.

Baca Juga: Resep Membuat Brekecek Pathak Jahan, Kuliner Khas dari Cilacap

3. Gunung Selok

5 Lokasi Hidden Gem Terbaik di Cilacap, Petualang Sejati Wajib ke Sini@imel_26 via instagram.com/wisatakphbanyumastimur

Namanya memang Gunung Selok, namun sebetulnya lokasi ini merupakan kawasan hutan rindang yang berada di perbukitan dan dikelola oleh Perum Perhutani. Yang menjadi daya tarik, Gunung Selok menawarkan spot untuk menikmati pesona pesisir pantai Cilacap dari gardu pandang yang tersedia.

Selain menghadirkan wisata alam, Gunung Selok juga terkenal sebagai lokasi wisata spiritual. Tak sedikit pengunjung yang menyengaja datang ke Gunung Selok untuk melakukan semedi di padepokan yang dianggap keramat di kawasan tersebut. Meski kental dengan aura mistis, tapi keindahan wisata Gunung Selok memang pantang kamu lewatkan.

4. Waduk Kubangkangkung

5 Lokasi Hidden Gem Terbaik di Cilacap, Petualang Sejati Wajib ke Siniinstagram.com/aniabocil

Berlokasi di kecamatan Kawunganten, Waduk Kubangkangkung menjadi hidden gem berikutnya yang bisa kamu jumpai di Cilacap. Waduk yang dikelilingi oleh hutan pohon pinus dan karet ini kabarnya memiliki air yang tak pernah surut meski sedang musim kemarau sekalipun.

Selain menyajikan wisata waduk yang sejuk, di sini kamu juga bisa menikmati fasilitas lain yang tak kalah seru. Sebutlah fasilitas bermain flying fox dan area outbond, menaiki perahu atau kano untuk mengelilingi danau, hingga spot selfie yang kekinian. Soal perut, kamu tak perlu khawatir karena warung makanan tersedia berjejer di lokasi wisata ini.

5. Pantai Kalipat

5 Lokasi Hidden Gem Terbaik di Cilacap, Petualang Sejati Wajib ke Siniinstagram.com/novaladitiaa_

Satu lagi pantai di Cilacap yang wajib kamu kunjungi. Kali ini perjalananmu bakal lebih menantang karena harus membelah hutan pulau Nusakambangan sebelum tiba di tujuan, yaitu Pantai Kalipat.

Dari Pantai Teluk Penyu, kamu perlu menaiki perahu nelayan untuk menyeberang ke pulau Nusakambangan, tepatnya menuju Pantai Karang Tengah. Dari pantai tersebut, kamu diharuskan berjalan kaki dulu selama kurang lebih 1,5 jam menelusuri hutan agar sampai di Pantai Kalipat.

Jalur di sepanjang hutan cukup licin, sehingga pastikan kamu memakai alas kaki yang aman dan nyaman. Selain itu, karena di Pantai Kalipat tidak tersedia warung makanan, kamu wajib banget membawa makanan dan air minum untuk bekal penjelajahanmu.

Walaupun dibutuhkan perjalanan yang tak mudah untuk tiba di Pantai Kalipat, tapi pesona surga tersembunyi ini memang tak perlu diragukan. Hamparan pasir putih dengan pemandangan samudera Hindia bakal menyihirmu setibanya di bibir pantai. Suasana pantai yang sepi membuat kamu serasa di private beach.

Nah, itulah lima lokasi hidden gem terbaik di Cilacap yang layak banget masuk travel wish list kamu. Sempatkan mengunjunginya kalau kamu sedang singgah ke Cilacap, ya. Selamat jalan-jalan!

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Menarik Saat Mbolang ke Pandeglang, Banten

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya