Comscore Tracker

5 Potret Gunung Tumpeng, Wisata Terbaru Sukabumi yang Mulai Nge-Hits!

Hidden gem yang eksotis banget

Buat kamu yang suka menjelajah Jawa Barat, pasti setuju kalau Sukabumi adalah salah satu surga wisata alam. Mulai dari curug, danau, spot berkemah, bukit, hingga gunung, semua bisa kamu jumpai di wilayah kabupaten ini.

Nah, yang terbaru, ada sebuah hidden gem di Sukabumi selatan yang akhir-akhir ini mulai nge-hits karena panorama kece yang ditawarkannya. Bernama Gunung Tumpeng atau sering pula disebut Bukit Koneng, wisata ini cocok buat kamu yang suka bertualang ke wisata anti mainstream.

Seperti apa potret keren Gunung Tumpeng yang konon bentuknya mirip Pyramid di Mesir? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bukit yang bentuknya mirip nasi tumpeng

5 Potret Gunung Tumpeng, Wisata Terbaru Sukabumi yang Mulai Nge-Hits!instagram.com/misterwanderlustx

Gunung Tumpeng sebenarnya bukanlah gunung, melainkan sebuah kawasan perbukitan hijau yang menjadi bagian dari Geopark Ciletuh, tepatnya berlokasi di desa Girimukti, kecamatan Ciemas, Sukabumi.

Nama unik yang disematkan pada wisata alam yang mulai dikenal masyarakat luas sejak April 2020 ini diambil dari bentuk bukit tersebut yang terlihat seperti tumpeng nasi. Selain itu, beberapa ada pula yang menyebutnya mirip Pyramid di Mesir.

Sebelumnya, Gunung Tumpeng juga populer dengan sebutan Bukit Koneng. Hal ini karena di sekitar area hutan menuju lokasi wisata, banyak ditemukan pohon kunyit atau koneng dalam bahasa Sunda.

2. Akses menuju Gunung Tumpeng

5 Potret Gunung Tumpeng, Wisata Terbaru Sukabumi yang Mulai Nge-Hits!instagram.com/yadhie_qorni

Sebelum nge-hits seperti sekarang, akses jalan menuju destinasi Gunung Tumpeng sama sekali gak tersedia papan penunjuk jalan. Di aplikasi map-pun, lokasi tersebut belum terdeteksi. Sehingga satu-satunya akses agar bisa sampai di tujuan adalah dengan bertanya kepada penduduk lokal.

Karena pada awalnya perbukitan ini bukanlah destinasi wisata, maka medan untuk mencapai Gunung Tumpeng benar-benar bukan akses jalan umum. Kondisi jalan mendekati area bukit adalah tanah liat berbatu yang diapit oleh hutan.

Baca Juga: 10 Potret Unik Curug Sodong Sukabumi yang Lagi Viral, Eksotis Banget!

3. Disarankan untuk mengendarai motor ketika ke Gunung Tumpeng

5 Potret Gunung Tumpeng, Wisata Terbaru Sukabumi yang Mulai Nge-Hits!instagram.com/muhaemin1998

Meskipun akses jalan terbilang dapat dilewati mobil, namun sangat disarankan untuk mengendarai motor jika kamu berencana mengunjungi Gunung Tumpeng. Pastikan motor kamu dalam kondisi prima dan pengendara benar-benar mahir menerobos medan jalan berbatu.

Tapi, jika kamu ternyata lebih berminat mengendarai mobil, pastikan mobil kamu memiliki ground clearance tinggi atau bakal jauh lebih baik kalau kamu menggunakan mobil 4WD.

4. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di Gunung Tumpeng

5 Potret Gunung Tumpeng, Wisata Terbaru Sukabumi yang Mulai Nge-Hits!instagram.com/sansskuy.bdg

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa saja yang bisa kamu lakukan di wisata alam Gunung Tumpeng? Tentunya kamu bisa menikmati panorama Gunung Tumpeng sembari foto-foto sepuasnya karena pesona tempat ini ciamik banget. Selain itu, kamu bisa trekking santai menuju puncak bukit tersebut.

Trek dari area parkir kendaraan ke puncak Gunung Tumpeng terlihat sangat jelas, sehingga kamu gak perlu khawatir tersesat. Hanya saja, jalur memasuki lokasi Gunung Tumpeng diapit oleh jurang. Sehingga kamu perlu ekstra kehati-hatian saat menelusuri jalur ini.

Karena terletak gak jauh dari Teluk Ciletuh dan Pelabuhan Ratu, dari atas perbukitan ini kamu juga bisa menikmati pemandangan hamparan laut dari kejauhan, lho. Tentu saja saat cuaca sedang cerah dan gak berawan. Keren banget, kan?

5. Sudah tersedia warung di sekitar area parkir kendaraan

5 Potret Gunung Tumpeng, Wisata Terbaru Sukabumi yang Mulai Nge-Hits!instagram.com/irham.ie

Dengan meningkatnya pengunjung wisata Gunung Tumpeng, masyarakat setempat mulai berinisiatif memberikan fasilitas bagi para wisatawan yang datang. Salah satunya yaitu menyediakan warung makanan.

Sebelumnya, kamu sama sekali gak akan menjumpai penjaja makanan dan minuman di sekitar area Gunung Tumpeng. Namun, sekarang kamu gak perlu khawatir karena warung-warung kecil sudah tersedia walau masih dalam kondisi seadanya.

Karena potensi wisata Gunung Tumpeng ini terbilang cukup potensial, semoga saja ke depannya fasilitas lain bisa segera disediakan. Termasuk pula perbaikan akses jalan sehingga lebih aman dilewati baik dengan motor maupun mobil. Nah, kamu sendiri, penasaran mengeksplorasi ke Gunung Tumpeng gak, guys?

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Alam Terkeren yang Wajib Kamu Kunjungi di Sukabumi

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya