Comscore Tracker

One Day City Tour Labuan Bajo, Wajib Mampir ke 5 Destinasi Keren Ini

Gak kalah seru dari island hopping! #LokalIDN

Siapa sih yang gak pengin liburan ke Labuan Bajo? Destinasi menawan di ujung barat pulau Flores ini memang harus banget dikunjungi minimal sekali seumur hidup. Selain bisa island hopping dan live on board di kapal pinisi, kamu juga gak boleh melewatkan city tour ketika traveling ke sini.

Ada beberapa obyek wisata yang dapat kamu kunjungi dalam sehari karena lokasinya berdekatan. Kamu bisa sewa motor, mobil, atau ikutan paket tur yang tersedia di kawasan Labuan Bajo. Pokoknya, dijamin one day city tour Labuan Bajo gak kalah seru dengan wisata baharinya.

1. Kulineran di Treetop

One Day City Tour Labuan Bajo, Wajib Mampir ke 5 Destinasi Keren Iniinstagram.com/nomadswalker

Destinasi pertama yang menantimu adalah Treetop, lokasi yang pas banget untuk mengisi perut di pagi hari sebelum petualanganmu di daratan Labuan Bajo. Meski Treetop sebuah restoran seafood, namun lanskap yang ditawarkan dari lantai tiga sungguh sebuah vitamin buat mata kamu.

Sambil menyantap aneka hidangan laut, seperti cumi asam manis, kerapu goreng tepung, kerang saus tiram, dan udang goreng, kamu bisa sekaligus menikmati view hamparan laut lepas berwarna biru, lengkap dengan pulau-pulau kecil, puluhan kapal pinisi, dan perahu nelayan.

Buka dari jam 07.00 WITA hingga 23.00 WITA, letak Treetop sangat strategis karena hanya berjarak 600 meter dari Pelabuhan Labuan Bajo. Restoran ini juga dekat dengan beberapa hostel murah yang jadi favorit kalangan backpacker.

2. Gua Batu Cermin

One Day City Tour Labuan Bajo, Wajib Mampir ke 5 Destinasi Keren Iniinstagram.com/adi_gun91

Selepas sarapan dengan menu seafood lezat di Treetop, arahkan tujuanmu ke wisata alam bernama Gua Batu Cermin. Jarak tempuhnya hanya sekitar 7 kilometer sehingga dapat dicapai kurang dari 20 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Dinamakan Gua Batu Cermin karena di dalam gua yang konon pernah berada di bawah laut tersebut terdapat ceruk kecil sebagai pintu masuk sinar matahari. Di jam-jam tertentu, sinar matahari yang memantul ke dinding di dalam gua terlihat bak sinar yang memantul ke cermin.

Layaknya gua pada umumnya, kamu bakal menjumpai banyak stalaktit dan stalagmit di Gua Batu Cermin. Selain itu, kamu bisa menemukan beberapa fosil biota laut seperti kerang dan penyu yang menempel di dinding bagian atas gua. Wah, keren banget, ya?

Baca Juga: 5 Pantai Eksotis yang Terdapat di Labuan Bajo, Memesona Semua! 

3. Gua Rangko

One Day City Tour Labuan Bajo, Wajib Mampir ke 5 Destinasi Keren Iniinstagram.com/ed.venturous

Selain Gua Batu Cermin, masih ada satu destinasi gua cantik lainnya di Labuan Bajo yang wajib kamu kunjungi, bernama Gua Rangko. Untuk mencapainya, setelah perjalanan darat dari Gua Batu Cermin, kamu perlu menyeberang menggunakan perahu dari pelabuhan desa Rangko menuju pulau Gusung, pulau di mana gua ini berada.

Durasi penyeberangan yang terbilang agak lama, yaitu sekitar 30 menit, akan terbayar tunai dengan pesona kolam air asin di dalam gua. Ya, berbeda dengan Gua Batu Cermin, di Gua Rangko kamu bisa berenang di private pool alami yang airnya sangat jernih. Keberadaan stalaktit di bagian atas kolam bikin tempat tersebut eksotis banget.

Buat kamu yang pengin berenang di kolam Gua Rangko, harap tetap berhati-hati karena kedalaman kolam tersebut sekitar 3-4 meter. Gunakan safety jacket seandainya kamu gak mahir berenang.

4. Pantai Waecicu

One Day City Tour Labuan Bajo, Wajib Mampir ke 5 Destinasi Keren Iniinstagram.com/dinnylimbong

Jelang sore, kamu bisa langsung melipir ke arah barat Labuan Bajo untuk menuju hidden gem lainnya, yaitu pantai Waecicu. Pantai berpasir putih dengan kepingan koral dan bebatuan di sepanjang bibir pantainya, membuat Waecicu layak banget didatangi.

Selain bermain ombak, kamu bisa menyempatkan diri untuk menyewa perahu dayung di sini. Tapi, jika waktumu terbatas, cukup leyeh-leyeh sejenak di bawah pohon rindang sambil berswafoto dengan background yang lautan yang cantik.

5. Bukit Sylvia

One Day City Tour Labuan Bajo, Wajib Mampir ke 5 Destinasi Keren Iniinstagram.com/dian_rosalia

Sebagai penutup one day city tour Labuan Bajo, kamu bisa langsung mengarahkan tujuan menuju Bukit Sylvia. Lokasinya cukup dekat dari Pantai Waecicu dan menjadi spot favorit untuk menikmati sunset dari ketinggian. Meskipun sebuah perbukitan, namun akses jalan aspal menuju spot ini terbilang mulus.

Dari atas, kamu bisa menyaksikan padang savana berbukit-bukit yang gak kalah epik dari savana di pulau Padar. Terlebih ketika momen sunset telah tiba. Panorama laut lepas di kejauhan bakal bikin kamu speechless.

Duh, makin mupeng liburan ke Labuan Bajo gak sih setelah tahu bisa city tour juga? Yuk, kumpulkan tabungan dan bikin itinerary sedetail mungkin biar wisata island hopping dan city tour Labuan Bajo bisa terjelajah semua.

Baca Juga: 5 Wisata Alam Labuan Bajo yang Rasanya Sayang untuk Dilewatkan

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya