Comscore Tracker

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kali

Danau sejuta pesona

Bagi kamu yang hobi mendaki gunung, keberadaan Ranu Kumbolo pasti sudah gak asing di telinga. Disebut sebagai surganya gunung Semeru, danau di ketinggian 2.400 mdpl ini memang sungguh cantik dan menyimpan sejuta pesona.

Nah, buat kamu yang belum pernah atau bahkan baru mendengar Ranu Kumbolo, agaknya wajib banget menyempatkan waktu untuk berkunjung ke danau tersebut. Bagi yang sudah pernah, kumpulan foto berikut bisa buktikan kalau Ranu Kumbolo layak kamu datangi sekali lagi. Penasaran? Yuk, simak!

1. Ranu Kumbolo tampak dari ketinggian bikin kaki pengin segera sampai ke tepiannya

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kaliinstagram.com/jamilvablojr

Mencapai Ranu Kumbolo bukan tanpa perjuangan. Kamu harus merelakan waktu setidaknya 5-6 jam berjalan kaki dari Ranu Pane untuk sampai di tepian danau. Jalur yang harus kamu lewati bervariasi, mulai dari perkebunan penduduk, jalan setapak dengan jalur datar, hingga membelah hutan dengan trek tanjakan terjal.

2. Tiba di tepi Ranu Kumbolo, wajib banget berswafoto di spot mainstream ini

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kaliinstagram.com/lidiyahhh_

Rasa lelah dan pegal-pegal di sekujur kaki bakal terbayar lunas setelah kamu berhasil menjejakkan kaki di tepian danau Kumbolo berlatar dua bukit di sisi timur. Di pagi hari, spot ini menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunrise di Ranu Kumbolo.

3. Kabut di Ranu Kumbolo menjadi panorama paling magis dari danau ini

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kaliinstagram.com/florasaridewi

Memutuskan datang ke Ranu Kumbolo, artinya kamu gak boleh melewatkan fajar di lokasi ini. Pasalnya, hampir di setiap pagi, permukaan Ranu Kumbolo akan diselimuti kawanan kabut tipis yang bikin nuansa jadi terasa magis. Rasanya enggan beranjak pulang kalau sudah ditemani suasana seperti ini. Setuju?

Baca Juga: Bermalam di Ranu Kumbolo? 6 Aturan Ini Wajib Kamu Patuhi Lho!

4. Tanpa ada kabut pun, atmosfer Ranu Kumbolo tetap bikin kerasan

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kaliinstagram.com/novanfernando

Sebab danau ini memang menyimpan pesona yang gak ada habisnya untuk dinikmati. Banyaknya batang pohon pinus yang tumbang di tepian danau, menjadi titik yang kece untuk sejenak menyendiri sembari menghirup udara segar tanpa polusi. Bayangan bukit yang terpantul di permukaan danau menciptakan lanskap yang keren.

5. Ranu Kumbolo dari sisi yang lain. Dilihat dari sisi mana pun, gak ada bosannya kan?

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kaliinstagram.com/anak_bebek

Coba saja manfaatkan waktu yang kamu punya untuk mengelilingi sebagian tepian Ranu Kumbolo. Walaupun danau dan perbukitan yang kamu lihat sama, tapi dari sisi yang berbeda, panorama yang bakal kamu lihat bakal gak sama. Kamu bisa buktikan sendiri kalau dari sisi mana pun, Ranu Kumbolo tetap memesona.

6. Termasuk menikmati Ranu Kumbolo dari dalam tenda, gak berkurang deh kerennya

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kaliinstagram.com/anak_bebek

Hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak terlalu dekat mendirikan tenda dari tepian Ranu Kumbolo, ya. Jarak mendirikan tenda minimal 15 meter dari bibir danau untuk menghindari pencemaran di sekitar danau.

7. Yang gak boleh ketinggalan adalah mendaki Tanjakan Cinta untuk menikmati Ranu Kumbolo dari ketinggian

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kaliinstagram.com/omusa07

Meski hanya berniat mendaki hingga Ranu Kumbolo saja, gak ada ruginya jika kamu menyempatkan mendaki Tanjakan Cinta yang fenomenal itu. Selain bisa membuktikan mitos tentang gak boleh lihat ke bawah saat melewati tanjakan yang membelah dua bukit tersebut, kamu sekaligus bisa menikmati Ranu Kumbolo dari sisi ketinggian yang lain. Mau sekalian bikin hammock juga boleh. Dijamin, gak rela turun ke bawah deh.

8. Saking cantiknya, Ranu Kumbolo sudah sering dijadikan lokasi foto pre-wedding juga lho

8 Foto Ini Buktikan Ranu Kumbolo Layak Kamu Sambangi Berkali-kaliinstagram.com/iis_sedthya

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Pepatah tersebut mungkin tepat buat kamu yang memutuskan memilih Ranu Kumbolo jadi lokasi foto pre-wedding kamu dan pasangan. Mendaki-nya dapat, refreshing-nya dapat, foto pre-wedding-nya dapat, kenangan-nya dapat. Paket lengkap banget!

Hmm, terbukti sudah kalau Ranu Kumbolo memang gak cukup dikunjungi sekali seumur hidup. Kamu layak menyambanginya berkali-kali karena pesona dan keindahan yang disuguhkan gak ada habisnya untuk dinikmati. Yuk, ke sana lagi!

Baca Juga: 9 Potret Cantik Ranu Regulo, Gak Kalah Kece dari Ranu Kumbolo!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You