Comscore Tracker

6 Gili Paling Eksotis di Barat Daya Pulau Lombok, Wajib Dieksplor!

Oke banget nih buat destinasi honeymoon #LokalIDN

Kalau kamu punya impian ke pulau Lombok, agenda apa saja sih yang harus masuk bucket list-mu? Alih-alih ke tiga Gili paling populer, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, kenapa gak coba eksplor destinasi gili yang anti mainstream?

Kamu bisa tengok di aplikasi peta dan lihatlah bahwa ada deretan gili lainnya di sisi barat daya pulau Lombok yang layak kamu jelajahi. Gak perlu khawatir, karena keeksotisan gili-gili tersebut setara dengan keindahan Gili Trawangan dan kawan-kawannya.

Yuk, cek infonya di ulasan berikut.

1. Gili Kedis

6 Gili Paling Eksotis di Barat Daya Pulau Lombok, Wajib Dieksplor!instagram.com/cr_travelblog

Walau hanya berupa hamparan pasir putih yang gak begitu luas dan ditumbuhi beberapa pohon, Gili Kedis tetap worth it untuk disambangi. Jika dilihat dari atas, Gili Kedis sewaktu-waktu akan tampak seperti bentuk love. Saking kecilnya pulau ini, kamu bisa jalan kaki mengelilingi Gili Kedis selama kurang dari 10 menit.

2. Gili Sudak

6 Gili Paling Eksotis di Barat Daya Pulau Lombok, Wajib Dieksplor!instagram.com/gilisudak

Di sebelah utara Gili Kedis, ada Gili Sudak dengan area yang lebih luas dan tentunya fasilitas yang lebih lengkap. Di sini, selain bisa snorkeling, terdapat penginapan populer bernama Nirvana Gili Sudak buat kamu yang pengin menginap. Lokasi hotel bintang dua ini tepat di tepi pantai sehingga seru banget buat bermalam.

3. Gili Tangkong

6 Gili Paling Eksotis di Barat Daya Pulau Lombok, Wajib Dieksplor!instagram.com/jhovallery

Pengin merasakan kedamaian sambil menikmati deburan ombak? Maka, Gili Tangkong tempatnya. Pulau ini cenderung lebih sepi dibanding Gili Sudak karena kamu gak akan menjumpai hotel atau penginapan. Jadi, Gili Tangkong biasanya hanya dijadikan tujuan island hopping. Eits, tapi view bawah laut di sekitar Gili Tangkong tetap kece, lho.

Baca Juga: 5 Olahan Rumput Laut Khas Lombok, Unik dan Lezat Rasanya!

4. Gili Nanggu

6 Gili Paling Eksotis di Barat Daya Pulau Lombok, Wajib Dieksplor!instagram.com/rhmdevii

Lain halnya kalau kamu mencari pulau untuk destinasi bulan madu. Ada Gili Nanggu di sisi barat laut Gili Tangkong yang siap menyambut kedatanganmu. Pulau eksotis ini terbilang cukup populer karena adanya resor dengan panorama tepi pantainya yang bikin speechless. Beberapa resor menyediakan fasilitas seperti jogging trek dan penyewaan alat watersport.

5. Gili Layar

6 Gili Paling Eksotis di Barat Daya Pulau Lombok, Wajib Dieksplor!instagram.com/layarbeachbungalow

Beralih agak jauh dari Gili Nanggu, tepatnya ke arah barat, Gili Layar adalah pulau favorit lainnya yang wajib kamu eksplor. Bagaimana tidak? Selain punya penginapan unik bernama Layar Beach Bungalow, di pulau ini kamu gak perlu jauh-jauh naik perahu ke tengah laut untuk melihat kecantikan underwater-nya.

Cukup berenang sekitar 10-20 meter dari bibir pantai, keelokan terumbu karang sudah bisa kamu saksikan di bawah air laut yang begitu jernih.

6. Gili Gede

6 Gili Paling Eksotis di Barat Daya Pulau Lombok, Wajib Dieksplor!instagram.com/lynnhalianto

Terakhir, ada Gili Gede. Sesuai namanya, "gede" yang artinya besar, membuat Gili Gede menjadi gugusan gili yang paling luas di antara gili-gili di barat daya pulau Lombok. Membentang dari utara ke selatan, ada banyak banget penginapan di sisi barat maupun sisi timur pulau. Dari tarif ala backpacker hingga sekelas resor.

Menariknya, karena Gili Gede menjadi tempat bermukim masyarakat lokal, kamu bisa sekaligus berinteraksi dengan mereka sembari hunting kuliner yang mereka jual. Gili Gede bisa kamu jadikan home base saat ingin island hopping ke pulau-pulau kecil di sekitarnya.

So, gak perlu ragu menjadikan deretan gili di atas sebagai destinasi wisatamu saat ingin ke pulau Lombok. Terlebih buat kamu yang lebih nyaman traveling ke tempat yang bebas dari keriuhan wisatawan. Tertarik ke gili mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Lokasi Terbaik di Lombok untuk Melakukan Hiking, Rekomen Banget!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya