Comscore Tracker

Jelajah Pulau Semau di NTT, Catat Dulu 5 Info Penting Ini 

Destinasi wajib pencinta wisata pantai #LokalIDN

Jangan pernah mengaku pencinta wisata pantai kalau kamu belum pernah mendengar tentang keberadaan pulau Semau, satu pulau kecil di sebelah barat kota Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasinya yang terbilang sangat mudah dijangkau, membuat pulau Semau layak banget jadi tujuan ekplorasi kamu berikutnya.

Meski gampang dicapai, nyatanya pulau Semau masih relatif sepi wisatawan. Padahal keindahan pantainya dijamin bikin kamu gagal move on sepulangnya dari sana.

Bagi yang penasaran, simak dan catat dulu yuk 5 info berikut sebelum berangkat ke pulau Semau.

1. Perjalanan dari Kupang menuju pulau Semau 

Jelajah Pulau Semau di NTT, Catat Dulu 5 Info Penting Ini instagram.com/jong_sarwoguno

Untuk mencapai pulau Semau, satu-satunya transportasi yang tersedia saat ini adalah perahu tempel dari pelabuhan Tenau di kota Kupang. Perahu tersebut beroperasi setiap hari untuk membawa penduduk lokal maupun wisatawan, termasuk juga mengangkut sepeda motor.

Uniknya, perahu tempel akan berangkat hanya jika penumpang sudah penuh. Namun, kalau kamu gak pengin menunggu lama sampai perahu terisi penuh, kamu bisa nego dengan pemilik perahu untuk mencarternya.

Tarif reguler untuk menyeberang dari pelabuhan Tenau ke pelabuhan Hansisi di pulau Semau per orang adalah Rp20 ribu, atau jika membawa motor yaitu sekitar Rp50 ribu dengan durasi perjalanan kurang lebih selama 30 menit. Sedangkan tarif carter, umumnya bakal dikenai tarif Rp75 ribu per orang.

2. Kondisi jalan di pulau Semau 

Jelajah Pulau Semau di NTT, Catat Dulu 5 Info Penting Ini instagram.com/kataomed

Sesampainya di pulau Semau, jangan kaget dengan keadaan jalan yang menghubungkan antar lokasi di pulau tersebut. Jalannya memang beraspal, tapi tidaklah halus dan banyak sekali lubang di sepanjang ruas jalan. Di beberapa titik, kondisi jalan bahkan belum beraspal, melainkan masih berbatu.

Untuk bisa mengeksplorasi pulau, kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil pick up yang disewa dari penduduk lokal. Namun, karena akses jalannya masih belum memadai, bersiaplah dengan ketidaknyamanan selama melewati ruas jalan tersebut. Bisa bikin pantat kamu seketika tepos!

Baca Juga: 5 Pulau Paling Misterius di Dunia, Berani Berkunjung?

3. Spot pantai cantik yang akan membuatmu jatuh hati 

Jelajah Pulau Semau di NTT, Catat Dulu 5 Info Penting Ini instagram.com/lia.liung

Tapi, jangan dulu berkecil hati. Sebab serpihan surga yang terbentang di setiap sudut pulau Semau dipastikan sepadan dengan perjuanganmu melewati kondisi jalan rusak tersebut. Permata di timur Indonesia ini menawarkan banyak sekali pantai berpasir putih yang sepi sehingga terasa bak private beach.

Beberapa pantai di pulau Semau yang terbentang dari sisi utara ke selatan, yaitu pantai Letbaun, pantai Batuinan, pantai Otan, pantai Onanbalu, dan pantai Uitiuhtuan. Gak jauh dari pantai Uitiuhtuan terdapat sebuah bukit kecil yang cukup populer bernama Bukit Liman. Kamu bisa singgah di puncak bukit tersebut dengan mendaki atau mengendarai motor.

Saking sepinya pantai-pantai di pulau Semau, berada di sini bagai terdampar di pulau antah-berantah. Bila beruntung, kamu bisa berjumpa dengan anak-anak penghuni pulau Semau yang dikenal sangat ramah dan mau membantu wisatawan sebagai guide.

4. Menginap di pulau Semau 

Jelajah Pulau Semau di NTT, Catat Dulu 5 Info Penting Ini instagram.com/mo_liangliang

Sudah jauh-jauh datang ke pulau Semau, rasanya sangat rugi kalau gak menyempatkan menginap meski hanya semalam. Jika dulu wisatawan perlu menumpang menginap di rumah-rumah penduduk karena belum ada fasilitas penginapan, kini para pengunjung pulau Semau bisa lebih lega dan nyaman.

Pasalnya, telah tersedia resor di selatan Bukit Liman dengan fasilitas yang cukup memadai. Selain itu, pemerintah provinsi NTT juga resmi menyediakan lima penginapan untuk para wisatawan pada bulan Juli 2020 silam yang berlokasi di sekitar kawasan pantai Uitiuhtuan dan Bukit Liman.

Sementara di sekitar pantai Otan sudah ada hotel dengan nuansa kekayuan. Meski bukan resor mewah, tapi dengan adanya pilihan penginapan tersebut betul-betul menjadi kabar baik buat para turis lokal maupun asing yang ingin wisata ke pulau Semau.

5. Tips penting sebelum menjelajah pulau Semau 

Jelajah Pulau Semau di NTT, Catat Dulu 5 Info Penting Ini instagram.com/maklonhatti

Walaupun pulau Semau penuh dengan pantai-pantai yang cantik, tapi ketika cuaca sedang cerah, teriknya matahari sangatlah menyengat. Untuk itu, persiapkan dirimu dengan perbekalan seperti air mineral, camilan, dan tentu saja tabir surya agar kulitmu gak terbakar.

Kalau kamu berniat menyewa motor untuk mengeksplorasi pulau Semau, lebih direkomendasikan untuk menyewanya di Kupang karena konon tarif sewanya cenderung lebih terjangkau dibanding jika kamu mencarter di pulau Semau.

Petunjuk jalan di pulau Semau terbilang masih minim dan sinyal operator seluler sangat buruk sehingga mustahil menggunakan aplikasi peta. Jadi, pastikan kamu bertanya pada penduduk lokal bila gak yakin dengan rute yang ingin kamu lewati.

Selebihnya, fokus saja dengan keindahan yang pulau Semau tawarkan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati selama berkendara dan tetap santun selama menjadi tamu di wilayah orang lain.

Gimana, langsung penasaran pengin eksplorasi pulau Semau gak, nih?

Baca Juga: 10 Wisata di Pulau Buton, Surga Tak Terlupakan Pesonanya

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya