Comscore Tracker

Bagai Bertualang di Afrika, Ini 7 Pesona Baluran yang Wajib Kamu Tahu

Datang sepagi mungkin biar puas bertualang

Menjadi salah satu taman nasional yang ada di provinsi Jawa Timur, Taman Nasional Baluran menjadi tersohor karena pesona yang disuguhkan disebut-sebut mirip dengan suasana padang savana di benua Afrika. Julukan itu memang gak mengada-ada, karena saat sudah tiba di savana yang dimiliki obyek wisata yang berlokasi di kabupaten Situbondo ini, kamu seakan-akan dibawa bertualang ke luar Indonesia.

1. Saking luasnya area Taman Nasional Baluran, kamu harus menggunakan kendaraan saat hendak menelusurinya

Bagai Bertualang di Afrika, Ini 7 Pesona Baluran yang Wajib Kamu TahuDok. Pribadi/Intan Deviana

Untuk mencapai Baluran tidaklah sulit. Pintu gerbang utama kawasan taman nasional ini berada persis di tepi jalan raya Situbondo-Banyuwangi. Dari arah Surabaya, pintu masuk kawasan ada di sisi kiri jalan. Agar tidak kebablasan, kamu bisa menggunakan teknologi GPS yang ada di smartphone kamu.

Karena area Taman Nasional ini sangat luas, kurang lebih 20.000 hektar, artinya kamu gak bisa menelusuri setiap spot yang ada di kawasan ini dengan berjalan kaki. Kamu perlu menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan bila memang gak membawa kendaraan sendiri.

2. Setelah membayar tiket masuk, kawasan bernama hutan musim siap menyambutmu

Bagai Bertualang di Afrika, Ini 7 Pesona Baluran yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/ogie_ys

Harga tiket masuk Taman Nasional Baluran untuk pengunjung lokal cukup terjangkau, hanya Rp15 ribu saat weekday dan Rp17,5 ribu saat weekend. Dari loket tiket masuk ini, petualangan menyusuri Africa van Java akan segera dimulai.

Gak jauh dari pintu gerbang utama, kamu seketika akan disambut oleh kawasan bernama hutan musim yang harus disusuri sepanjang 5km. Dijuluki hutan musim lantaran kondisi hutan ini sangat dipengaruhi oleh musim yang sedang berlangsung. Jika sedang musim penghujan, kumpulan pepohonan di area hutan akan menghijau. Sebaliknya, ketika datang musim kemarau, dedaunan akan berubah kecokelatan dan hutan seakan menjadi sangat gersang.

3. Usai menjajaki hutan musim, pesona berikutnya yang akan menyapamu adalah hutan Evergreen

Bagai Bertualang di Afrika, Ini 7 Pesona Baluran yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/vannyocta

Berbeda dengan hutan musim, sesuai namanya, hutan Evergreen akan tetap hijau sepanjang tahun meski sedang musim kemarau sekalipun. Kondisi ini disebabkan oleh adanya aliran sungai yang diperuntukkan sebagai cadangan air untuk tumbuhan di kawasan hutan ini.

Baca Juga: Harga Tiket Pesawat Turun, Yuk Main ke 9 Pantai Menawan di Banyuwangi!

4. Setelah puas menikmati kesejukan hutan Evergreen sepanjang 3km, sampailah kamu pada pesona Afrika yang sesungguhnya, yakni savana Bekol

Bagai Bertualang di Afrika, Ini 7 Pesona Baluran yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/rengsitubondo

Layaknya hutan musim tadi, kondisi savana Bekol juga sangat dipengaruhi oleh musim yang sedang berlangsung. Bila ingin benar-benar merasakan nuansa padang rumput di Afrika, artinya kamu harus menelusurinya saat musim kemarau, ketika savana dalam keadaan gersang kecokelatan. Di musim kemarau jugalah, kawanan fauna penghuni kawasan ini seperti kerbau, rusa, banteng, monyet, dan burung merak, akan serentak keluar mencari air dan makanan. Dengan begitu, miniatur Afrika di savana Bekol betul-betul akan terasa.

5. Selain pesona savana, pemandangan gunung Baluran di sisi selatan savana akan terlihat pula dari padang rumput seluas 10.000 hektar ini

Bagai Bertualang di Afrika, Ini 7 Pesona Baluran yang Wajib Kamu TahuDok. Pribadi/Intan Deviana

Asal cuaca bersahabat, gunung Baluran akan tampak gagah dan bisa menjadi background berswafoto yang cantik. Bila kamu ingin menikmati padang savana dengan jarak dan sudut pandang yang lebih luas, kamu bisa menaiki menara pandang setinggi 30 meter yang berada di belakang pos Bekol.

6. Pemberhentian berikutnya yang harus kamu singgahi di Taman Nasional Baluran adalah Pantai Bama

Bagai Bertualang di Afrika, Ini 7 Pesona Baluran yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/eastjavatourism

Pantai berpasir putih yang terletak di ujung pulau Jawa ini berjarak kurang lebih 3,5 kilometer dari savana Bekol. Di pantai Bama, selain bermain pasir dan merasakan deburan ombaknya, kamu juga bisa snorkeling dan menelusuri laut sekitar pantai dengan perahu kayu.

7. Terakhir, ada hutan mangrove yang gak boleh pula kamu lewatkan

Bagai Bertualang di Afrika, Ini 7 Pesona Baluran yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/zidan_fad

Berada di sisi selatan pantai Bama, kawasan pohon bakau ini seketika akan menyihirmu karena ukuran batang pohonnya yang terbilang besar-besar. Saat menelusuri hutan bakau ini, perjalananmu akan berujung pada sebuah dermaga kecil yang mengarah ke laut lepas. Jika beruntung, kamu bisa berjumpa dengan kawanan monyet, biawak, burung, bahkan rusa yang sedang berjemur di tepi pantai.

Tips untuk kamu yang ingin menelusuri setiap pesona Taman Nasional Baluran tadi adalah datang sepagi mungkin. Loket masuk sudah dibuka sejak pukul 07.30 WIB. Dengan begitu, kamu akan punya waktu sangat banyak untuk puas bertualang di versi mini-nya Afrika ini. Penasaran kemari?

Baca Juga: 11 Keindahan Taman Nasional Baluran, Africa Van Java yang Mempesona

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You