Comscore Tracker

Begini 5 Pesona Gunung Semeru, Kecantikannya Gak Lekang Dimakan Waktu

Adakah asa ingin mendakinya? #LokalIDN

Sejak dulu, pesona gunung Semeru yang terletak di dua kabupaten, Lumajang dan Malang, seolah gak pernah bosan menjerat setiap hati penikmat alam. Ada daya pikat yang dipunya sehingga pendaki dari seluruh penjuru Nusantara hingga dunia datang silih berganti membuktikan sendiri kebenaran tersebut.

Kini, setelah sempat erupsi beberapa waktu lalu, pendakian ke gunung Semeru yang semula ditutup sementara, kembali mempersilakan tamunya untuk mendaki lagi.

Kamu yang sudah rindu dengannya maupun yang baru berencana bersua, semoga sederet keindahan gunung Semeru berikut membuat perjalananmu ke sana semakin membekas dalam jiwa, ya.

1. Atap tertinggi pulau Jawa

Begini 5 Pesona Gunung Semeru, Kecantikannya Gak Lekang Dimakan Waktuinstagram.com/maksum.art

Ketinggian gunung Semeru yang mencapai 3.676 mdpl adalah titik tertinggi di sepanjang tanah Jawa, membuat gunung ini begitu gagah dan menjadi idaman pendaki mana pun untuk mencapainya. Puncaknya yang bernama Mahameru dikenal sebagai puncak abadi para dewa. Mahameru hanya boleh disinggahi hingga maksimal jam 10 pagi.

2. Jalur pendakian bervariasi

Begini 5 Pesona Gunung Semeru, Kecantikannya Gak Lekang Dimakan Waktuinstagram.com/rbihsan

Dimulai dari jalur sedikit menanjak membelah kebun warga, melewati hutan hujan tropis dengan beberapa tanah datar dan tanjakan gak habis-habis, dilanjutkan hutan pinus, hingga tiba di batas vegetasi, jalur pendakian di gunung Semeru memang sungguh bervariasi.

Medan paling berat siap menjamu kamu di jalur dari Arcopodo menuju puncak Mahameru, yaitu berupa pasir sedikit berbatu. Meski langkah kakimu bakal terseok-seok, jalur ini adalah inti pendakian gunung Semeru sesungguhnya.

Baca Juga: Info Wisata Gunung Semeru di Jawa Timur: Rute, Harga Tiket, dan Tips

3. Deretan bonus pendakian di sepanjang jalur

Begini 5 Pesona Gunung Semeru, Kecantikannya Gak Lekang Dimakan Waktuinstagram.com/_fachrza

Kurang direkomendasikan untuk pendaki pemula karena jalurnya memang gak newbie-friendly, bonus bertubi-tubi sejak dari base camp hingga titik tertinggi adalah pesona gunung Semeru yang gak akan pernah lekang di makan waktu.

Setelah setengah perjalanan pendakian, kamu bisa bermalam dulu di tepian Ranu Kumbolo yang dijuluki surga gunung Semeru. Ketika cuaca cerah, gemintang yang tampak dari danau ini seolah bisa kau rengkuh.

Memulai pendakian keesokan harinya, sunrise di Ranu Kumbolo, mitos Tanjakan Cinta, serta Oro-oro Ombo yang tampak ungu saat bunga liar bernama Verbena brasiliensis mekar, siap mengantar keberangkatanmu.

Sampai di Kalimati, suguhan view epik puncak Mahameru dengan jalur pasirnya yang spektakuler menjadi penyulut semangatmu agar bisa mendaki hingga titik tertingginya.

4. Samudra di atas awan

Begini 5 Pesona Gunung Semeru, Kecantikannya Gak Lekang Dimakan Waktuinstagram.com/dzuroyhan

Pendakian dari Arcopodo menuju puncak Mahameru umumnya akan dimulai pada dini hari, sekitar pukul 02.00-03.00. Medan yang berat dan diwajibkan turun sebelum jam 10.00 agar terhindar dari gas beracun dari kawahnya yang masih aktif adalah faktor yang membuat summit attack ke Mahameru sebaiknya dilakukan seawal mungkin.

Dengan kecepatan normal, kamu bisa sampai di puncak dalam kurun waktu 2-3 jam pendakian. Lelah itu pasti. Namun, cobalah membayangkan jika di perjalanan melewati jalur berpasir tersebut, kamu bakal menikmati matahari terbit di antara awan-awan yang bergerombol. Para pendaki menyebutnya samudera di atas awan. Cantik banget!

5. Kepulan Jonggring Saloka

Begini 5 Pesona Gunung Semeru, Kecantikannya Gak Lekang Dimakan Waktuinstagram.com/muhammadiqbalarifin08

Kawah di puncak Mahameru yang masih aktif mengeluarkan kepulan asap adalah sesuatu yang perlu kamu waspadai. Jonggring Saloko memang gak boleh didekati karena berbahaya. Namun, ketika ia menumpahkan asap berwarna putih atau abu kehitaman hingga membumbung sejauh 300-800 meter, niscaya bakal jadi latar fotomu yang magis.

Jadi, adakah asa untuk mendakinya setelah pintu menuju atap pulau Jawa sudah kembali dibuka? Pesona kecantikan gunung Semeru memang melenakan, tapi tetap utamakan keselamatan dan persiapkan pendakianmu sebaik mungkin, ya.

Baca Juga: 5 Gunung di Maluku Utara yang Layak Kamu Daki, Jalurnya Gak Main-main!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya