Comscore Tracker

Trekking ke Ranu Kumbolo, Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Tahu

Tempat yang bikin gak pengin pulang

Pendaki mana yang gak tahu Ranu Kombolo? Danau seluas 15 hektar di ketinggian 2.400 mdpl yang disebut-sebut sebagai surganya gunung Semeru. Julukan itu memang tepat, sebab pesona Ranu Kumbolo ampuh menyihir siapa saja yang mengunjunginya.

Bagi kamu yang merasa gak sanggup mendaki gunung Semeru hingga puncak, gak perlu berkecil hati. Sebab kamu masih bisa trekking sampai Ranu Kumbolo untuk camping atau sekadar menikmati keindahan kepingan surga di lokasi ini. Yang penting, simak dulu lima hal penting berikut sebelum kamu trekking ke Ranu Kumbolo, ya!

1. Peralatan pendakian yang lengkap

Trekking ke Ranu Kumbolo, Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/ledyliauw

Dari base camp Ranu Pane, lama perjalanan ke Ranu Kumbolo memang hanya memakan waktu 3-5 jam trekking, tergantung pada kemampuan fisik kamu dan kondisi cuaca. Namun, medan yang bakal kamu lalui gak bisa dianggap sepele meski jalur yang tersedia sudah sangat jelas, lengkap dengan petunjuk jalan.

Jadi, kamu harus tetap menggunakan peralatan pendakian yang lengkap, mulai dari pakaian, sepatu trekking, carrier atau tas gunung, trekking pole, dan jas hujan. Hindari memakai celana jeans dan sandal gunung karena keduanya sama sekali gak direkomendasikan buat kamu yang ingin melakukan trekking di jalur pendakian.

2. Menguasai ilmu dasar navigasi darat

Trekking ke Ranu Kumbolo, Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/gilang.j.reza

Sama halnya dengan persiapan peralatan pendakian, kamu juga harus memahami ilmu dasar navigasi darat walau hanya trekking ke Ranu Kumbolo. Jika belum begitu memahami ilmu tersebut, pastikan kamu mendaki bersama teman yang sudah lebih ahli tentang ilmu navigasi.

Tapi, kalau kamu memang memiliki passion dalam kegiatan outdoor dan bakal sering melakukan aktivitas di alam bebas, segera bekali dirimu dengan kemampuan navigasi darat tersebut untuk membantumu mengenali medan dan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Bermalam di Ranu Kumbolo? 6 Aturan Ini Wajib Kamu Patuhi Lho!

3. Jika berencana camping, taati peraturan yang berlaku di Ranu Kumbolo

Trekking ke Ranu Kumbolo, Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/harrissepet

Sudah sampai di Ranu Kumbolo tapi gak menyempatkan menginap semalam, rasanya bakal rugi. Lebih baik, rencanakan menginap semalam agar kamu bisa maksimal menikmati keindahan alam Ranu Kumbolo. Tentunya kamu sudah harus menyiapkan tenda, matras, sleeping bag, baju hangat, dan bekal makanan ketika berencana menginap di sini, ya.

Yang terpenting, kamu wajib mematuhi aturan-aturan yang berlaku di Ranu Kumbolo, seperti tidak membangun tenda di sembarang tempat, mendirikan tenda dengan jarak minimal 15 meter dari bibir danau, tidak mencuci peralatan makan di tepi danau, tidak berenang di danau, dan tidak membuang sisa makanan atau sampah ke danau.

Ingat, kamu adalah tamu saat berkunjung ke destinasi mana pun. Sehingga kamu wajib menjaga agar tempat yang kamu datangi tetap bersih dan terjaga kelestariannya. Alam bakal baik sama kamu kalau kamu bersikap baik pada alam.

4. Siapkan waktu dan tenaga untuk mendaki Bukit Cinta

Trekking ke Ranu Kumbolo, Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu Tahuinstagram.com/dewiich_27

Pesona Ranu Kumbolo gak bisa lepas dari keberadaan Bukit Cinta. Bukit yang dianggap bisa mendekatkan kamu dengan jodohmu saat menaikinya tanpa melihat ke bawah memang menjadi spot di Ranu Kumbolo yang gak boleh kamu lewatkan.

Saat dipandang dari bawah, bukit tersebut terlihat gak terlalu tinggi dan tampak mudah didaki. Tapi, ketika kamu benar-benar mencoba mendakinya, jangan kaget kalau baru berjalan beberapa meter, rasanya sudah mulai ngos-ngosan.

Ranu Kumbolo terlihat semakin menawan saat kamu berhasil sampai di puncak Bukit Cinta. Terlebih jika kamu kamu mendakinya tanpa sempat menoleh ke bawah. Pemandangan danau tersebut dari ketinggian sungguh setimpal dengan perjuanganmu naik ke atasnya, deh.

5. Padang Oro-oro Ombo menjadi bonus lainnya yang bisa kamu nikmati dari puncak Bukit Cinta

Trekking ke Ranu Kumbolo, Ini 5 Hal Penting yang Wajib Kamu TahuDok. Pribadi/Nanda Pangawitan

Yang menarik, gak hanya Ranu Kumbolo saja yang bisa kamu saksikan dari atas Bukit Cinta, melainkan ada pula savana bernama Oro-oro Ombo di sisi barat. Oro-oro Ombo gak kalah populer di kalangan pendaki karena adanya tumbuhan bernama Verbena Brasiliensis yang berwarna ungu sehingga tempat tersebut kerap dijuluki sebagai Padang Lavender.

Ketika musim kemarau tiba, rumput di sekitar Oro-oro Ombo akan berubah menjadi cokelat kekuningan, terlihat kontras dengan tanaman Verbena Brasiliensis yang tetap lebat berwarna ungu. Perpaduan warna itulah yang bikin Oro-oro Ombo tampak cantik jika dipandang dari atas Bukit Cinta.

Nah, itulah beberapa hal penting yang wajib kamu tahu sebelum trekking ke Ranu Kumbolo. Meski gak mendaki sampai puncak Mahameru, persiapan yang kamu lakukan harus tetap maksimal, ya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Potret Kawasan Gunung Semeru yang Akan Membuatmu Takjub

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya