Comscore Tracker

7 Jalan Terindah di Indonesia Ini Sajikan Pemandangan Menakjubkan!

Menggodamu untuk berhenti dan ambil gambar!

Indonesia memiliki potensi alam dan keindahan alam yang sangat besar untuk dimanfaatkan sebagai sarana pariwisata. Hutan, gunung, pantai, dan tempat-tempat indah lainnya kerap didatangi baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak heran pembangunan akses jalan pun kerap kali dilakukan.

Hal inilah yang membuat jalan di Indonesia memiliki keindahan tersendiri tak kalah dengan keindahan alamnya. 

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai jalan indah di Indonesia yang bakal buat mata kamu terperangah. Penasaran? Yuk simak daftarnya!

1. Jalan Slamet Riyadi - Solo

7 Jalan Terindah di Indonesia Ini Sajikan Pemandangan Menakjubkan!instagram.com/mftdq

Tidak banyak yang tahu bahwa jalan utama kota Solo-Jawa Tengah ini dinobatkan sebagai jalan terpanjang se-Asia Tenggara. Jalan yang terletak di Slamet Riyadi-Solo ini memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, biasanya rel kereta api dan jalan raya memiliki batasan agar pengguna jalan tidak melewati rel saat kereta melintas. 

Berbeda dengan rel kereta api jurusan Solo-Wonogiri yang pembangunan jalannya berdekatan dengan jalan raya. Tidak ada pembatas antara rel dan jalan bahkan tidak ada pagar disepanjang jalan. Perbatasannya hanya disimbolkan dengan garis kuning di sepanjang rel kereta api. 

2. Jalan Kelok 9 - Sumatera Barat

7 Jalan Terindah di Indonesia Ini Sajikan Pemandangan Menakjubkan!instagram.com/indoflashlight

Menikmati objek wisata alam mungkin sudah biasa di berbagai tempat. Namun untuk menikmati keindahan arsitektur rumit di belantara hutan dengan keindahan panoramanya belum tentu mudah untuk ditemui. Butuh waktu dan keberanian yang cukup untuk bisa menemukannya.

Jika kamu melewati jembatan kelok 9 ini, kamu akan menyaksikan secara langsung bukit barisan yang terletak di Sumatera Barat. Banyak pula pengguna jalan yang berhenti sejenak hanya untuk sekadar berfoto ria, istirahat, atau sebatas menghirup udara sejuknya Bukit Barisan.

3. Jalan Heat Tembagapura - Papua

7 Jalan Terindah di Indonesia Ini Sajikan Pemandangan Menakjubkan!instagram.com/rezaadhaf

Pernahkah kamu membayangkan jalan pertambangan yang menakjubkan? Mungkin kamu akan mengira bahwa jalan yang dibangun akan biasa saja dan tidak memberikan keindahan apapun. Hal ini berbeda dengan jalan yang kira-kira memiliki panjang 8 km dan membelah perbukitan di Tembagapura Papua ini.

Jalan pertambangan tersebut memiliki berfungsi sebagai jalur utama pengiriman alat berat ke area tambang. Jalur ini terletak di area pertimbangan free port Indonesia dengan ketinggian 4250 km. Keindahan alam yang ditawarkan di jalan pertambangan ini yaitu pada keelokan lekuk-lekuk jalan dan perbukitan serta tebing dan jurang yang curam.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Kelok 9 Sumatera Barat, Bukan Sekedar Jalan Biasa

4. Jalan Situbondo - Banyuwangi, Jawa Timur

7 Jalan Terindah di Indonesia Ini Sajikan Pemandangan Menakjubkan!instagram.com/di4nh4rdi4nto

Jalan ini terletak di Banyuwangi yang memiliki pemandangan indah sekaligus jalan yang menghubungkan Situbondo dengan Banyuwangi. Kawasan Watu Dodol merupakan kawasan yang berbatasan langsung dengan Selat Bali. 

Buat kamu yang melintasi jalan dari arah Banyuwangi, tengoklah di sebelah kiri dan kananmu. Kamu dapat menyaksikan bukit Watu Dodol di sebelah kiri dan Selat Bali di sebelah kananmu. Selain itu terdapat pula batu besar setinggi 6 meter yang berada tepat di tengah jalan raya tersebut.

5. Jalan Kelok 44 - Sumatera Barat

7 Jalan Terindah di Indonesia Ini Sajikan Pemandangan Menakjubkan!instagram.com/barrykusuma

JIka kamu berkunjung ke Padang, jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung ke Kabupaten Agam. Di kabupaten ini kamu dapat melintasi jalan yang cantik bernama Kelok 44. Jalan ini memiliki kelok dan berliku namun sangat indah dan menakjubkan.

Di sini terdapat setidaknya 44 kelokan di jalanan. Jangan khawatir terjatuh karena aspalnya sudah dibangun dengan sangat baik. Hanya saja banyak tikungannya yang curam dan tajam sehingga membutuhkan konsentrasi saat melewati jalur ini.

6. Jalur Lingkar Nagreg - Jawa Barat

7 Jalan Terindah di Indonesia Ini Sajikan Pemandangan Menakjubkan!instagram.com/reza.nurzeha

Jawa Barat terkenal dengan area perbukitannya yang indah. Namun, jika kamu berkunjung ke Jawa Barat jangan lupa mampir ke jalur lingkaran Nagreg. Jalan ini bisa dikatakan menjadi primadona bagi banyak orang. Terutama jika di bagian trowongan yang dibangun dengan kontruksi bangunan yang unik.

7. Simpang Susun Semanggi - Jakarta

7 Jalan Terindah di Indonesia Ini Sajikan Pemandangan Menakjubkan!instagram.com/jakarta_skylines

Tidak bisa dipungkiri jika keindahan lampu-lampu LED dengan aneka pesona di Kota Jakarta akan menambah Simpang Susun Semanggi jika dinikmati pada malam hari. Bahkan keindahan Simpang Susun Semanggi dijadikan sebagai salah satu ikon baru kota Jakarta. 

Karena menjadi ikon baru Jakarta, Simpang Susun Semanggi telah diusulkan sebagai jalan yang masuk agenda hari bebas kendaraan setiap hari minggu.

Proyek yang nilainya mencapai 345 miliyar ini dirancang untuk mengurangi kemacetan di titik yang mempertemukan jalur antara jalan Sudirman, Thamrin, dan Gatot Subroto.

Keindahan alam di Indonesia memang tidak ada duanya di dunia. Termasuk jalanan yang ada. 

Kamu tertarik untuk mengunjungi yang mana nih?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Situbondo, Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Ismi Marfuah Photo Community Writer Ismi Marfuah

Mahasiswa Matematika Unnes 2016 || Jadilah seperti singa yang diamnya ditakuti, bicaranya disegani.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You