Comscore Tracker

7 Hal yang Kamu Dapatkan jika Menjadi Solo Traveler

Menjadi solo traveler adalah pengalaman yang patut dicoba

Bisa traveling ke tempat-tempat yang bagus adalah impian sebagian orang. Meskipun begitu, masih banyak yang menjadikan impian untuk traveling ini sebagai niatan saja tanpa adanya eksekusi. Mereka beralasan karena sedikitnya waktu libur, finansial yang belum mencukupi, dan tidak memiliki teman untuk diajak traveling bersama.

Alasan yang ketiga seharusnya bukan menjadi penghalang untuk melakukan traveling, karena kamu bisa traveling sendirian alias menjadi solo traveler. Apa serunya? Ini, lho, tujuh hal yang bisa kamu dapatkan jika menjadi solo traveler.

1. Bisa keluar dari zona nyaman

7 Hal yang Kamu Dapatkan jika Menjadi Solo Travelerilustrasi comfort zone (pexels.com/Samson Katt)

Satu hal yang hebat mengenai keberanian untuk memulai perjalanan seorang diri adalah berani untuk keluar dari zona nyaman. Ketika kita berada di tempat yang jauh dari lingkungan yang biasa kita tempati, maka secara alamiah kita akan melakukan hal-hal yang di luar kebiasaan. Hal ini biasanya akan menimbulkan rasa excited di dalam diri.

Tidak apa-apa jika terkadang kita melakukan hal di luar kebiasaan. Pada dasarnya, kita harus berani keluar dari zona nyaman untuk mengetahui banyak hal yang tidak bisa kita dapatkan di lingkungan sehari-hari kita.

2. Bisa mengenal dan belajar memahami diri sendiri

7 Hal yang Kamu Dapatkan jika Menjadi Solo Travelerilustrasi knowing her self (pexels.com/Okja Ronan)

Jika kamu tipe orang yang introvert, maka solo traveling akan memberikan kamu lebih banyak waktu untuk tidak berinteraksi dengan banyak orang. PSY Line menyarankan seorang introvert untuk melakukan kegiatan yang berguna sebagai upaya untuk menyegarkan diri dari kepenatan dan lebih mengenal diri sendiri.

Jika kamu orang yang extrovert, melakukan solo traveling memberikan kesempatan untuk kamu keluar dari lingkungan sosialmu buat lebih mengenal diri sendiri. Terkadang kamu membutuhkan waktu untuk sekadar memisahkan diri sebentar dari 'kebisingan' di sekitarmu. Gunakan waktu ini untuk menjadikanmu pribadi yang lebih baik.

3. Kamu bisa menjadi lebih pandai dan bisa mengandalkan diri sendiri

7 Hal yang Kamu Dapatkan jika Menjadi Solo Travelerilustrasi self confidence (pexels.com/Brandin)

Melakukan solo traveling berarti melakukan semuanya serba sendiri. Mulai dari memesan tiket, naik kendaraan, packing barang-barang yang dibutuhkan, sampai berjalan-jalan.

Kadang juga ada hal-hal yang tidak terduga terjadi selama kita melakukan solo traveling. Dengan begini, kamu bisa belajar menjadi orang yang lebih pandai dan belajar mengandalkan diri sendiri.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Bule Gak Begitu Suka Solo Traveling ke Bali

4. Kesempatan untuk tidak berkompromi dengan orang lain

7 Hal yang Kamu Dapatkan jika Menjadi Solo TravelerIlustrasi adu argument (pexels.com/Vera Arsic)

Traveling beramai-ramai membutuhkan kesepakatan dan kerjasama dengan orang lain. Kadang timbul perselisihan apabila keinginan tidak sejalan.

Dengan traveling sendirian, kamu tidak perlu berkompromi dengan orang lain. Gunakan kesempatan ini untuk belajar berkompromi dengan diri sendiri dan mengambil keputusan yang tepat.

5. Kamu bisa mendapatkan banyak teman baru

7 Hal yang Kamu Dapatkan jika Menjadi Solo Travelerilustrasi menghabiskan waktu bersama teman (pexels.com/Min An)

Jika kita traveling bersama teman atau keluarga, terkadang kita sulit untuk bertemu dengan orang baru. Tetapi jika kamu traveling sendirian, kesempatan untuk bertemu dan memulai percakapan dengan orang lain menjadi besar.

Ajak mereka ngobrol hal seru atau melakukan suatu hal yang baru. Namun, tetap waspada, ya. Jangan sembarangan mengajak orang asing untuk berteman. Pastikan dia orang yang baik dan tidak membahayakanmu.

6. Poin terpenting, kamu bisa menghargai diri sendiri

7 Hal yang Kamu Dapatkan jika Menjadi Solo Travelerilustrasi orang memotivasi diri (freepik.com/Syarifahbrit)

Meluangkan waktu untuk menyendiri dan keluar dari kepenatan sehari-hari adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri. Kamu bisa melakukan banyak hal untuk dirimu sendiri selama solo traveling.

Lakukan hal-hal yang membuatmu nyaman dan bahagia. Jangan lupa untuk bersyukur atas segala yang telah kamu lalui.

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Diperhatikan para Cewek Sebelum Mulai Solo Traveling

7. Mendapatkan banyak pengalaman baru

7 Hal yang Kamu Dapatkan jika Menjadi Solo Travelerilustrasi mendapatkan pengalaman baru (pexels.com/Ten Lenvix)

Pengalaman adalah pelajaran hidup yang sesungguhnya. Begitu juga dengan pengalaman yang didapat saat traveling.

Kita bisa mendapatkan banyak hal yang berharga selama perjalanan. Bahkan menurut penelitian Nature Neuroscience, merasakan pengalaman baru cenderung membuat kita merasa lebih bahagia.

Tidak ada salahnya mencoba hal baru. Melakukan solo traveling salah satunya. Jadi, sudah siap mencoba pengalaman baru ini?

Kais Shi Photo Writer Kais Shi

Go Follow akunku, yah. Ada banyak informasi dan inspiratif yang siap menghampiri berandamu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya