Comscore Tracker

5 Museum Iklim dan Lingkungan Ini Seru Banget Buat Belajar Geografi

Gak cuma jalan-jalan, tapi juga buat kamu semakin mencintai lingkungan

Permasalahan lingkungan hidup memang menjadi pembahasan yang banyak dikaji oleh para ilmuan abad ini. Adanya peningkatan suhu udara yang mengakibatkan melelehnya lapisan es di kutub hingga pada semakin tingginya permukaan air laut dapat menjadi bencana bagi manusia.

Perubahan iklim juga menyebabkan semakin banyaknya badai tropis dan mengakibatkan kemarau panjang di berbagai tempat di dunia. Tentunya hal ini sangat mengerikan dan harus kita antisipasi sejak awal sebelum terlambat.

Dalam rangka mendapatkan informasi mengenai lingkungan hidup dan perubahan iklim, maka berkunjung ke museum iklim dan lingkungan sangat penting untuk menambah ilmu pengetahuan. Di museum tersebut pengunjung dapat mempelajari banyak hal tentang iklim dunia termasuk bagaimana cara kita bertindak untuk menciptakan bumi yang lebih baik bagi generasi-generasi sesudahnya.

Di bawah ini beberapa pengunjung yang dapat dijadikan tempat berlibur sambil belajar oleh wisatawan seluruh dunia, apa aja ya?

1. The Klimahaus, Jerman

5 Museum Iklim dan Lingkungan Ini Seru Banget Buat Belajar Geografibremerhaven.de

Jerman memang dikenal dengan negara yang memiliki teknologi maju. Selain itu tempat ini juga dikenal memiliki penduduk yang ramah lingkungan sehingga sangat memperdulikan permasalahan perubahan iklim. The Klimahaus atau biasa juga dikenal dengan nama Climate House Bremerhaven merupakan salah satu museum iklim terkeren yang ada di dunia. Museum iklim ini berada di Bremerhaven, sebuah kota yang terletak di Jerman bagian Utara.

Dari bentuknya, The Klimahaus menyerupai bangunan sebuah kapal yang modern. Di dalam museum tersebut berbentuk sangat atraktif. Para pengunjung akan dibawa untuk menjelajahi berbagai jenis iklim yang ada di dunia mulai dari kawasan kutub es yang dingin, hutan hujan tropis, hingga padang pasir Afrika yang gersang.

Tidak hanya berkeliling museum, di Klimahaus ini pengunjung juga bisa mendapatkan banyak informasi tentang iklim dan perubahanya. Tentunya informasi tersebut sangat bermanfaat dalam menambah wawasan pengunjung tentang iklim di dunia.

2. The Atmosphere Galerry, London

5 Museum Iklim dan Lingkungan Ini Seru Banget Buat Belajar Geografilambethchildrenuniversity.co.uk

Apabila kamu mengunjungi The Atmosphere Galerry museum, banyak hal unik dan menarik yang dapat kamu lihat. Kelebihan dari The Atmosphere Galerry yang merupakan bagian dari Science Museum Group London ini adalah gratisnya tiket masuk. Meskipun begitu galeri ini memiliki teknologi-teknologi yang super canggih dalam menjelaskan fenomena-fenomena perubahan iklim yang ada di dunia.

Beberapa tempat menarik yang dapat dilihat seperti iklim kutub es yang sangat dingin, menjelajahi perubahan iklim dari masa kemasa, hingga pada perubahan iklim yang telah diprediksikan oleh ilmuan di masa depan. Jam buka untuk museum adalah mulai pukul 10.00-18.00 Waktu London setiap harinya. Sedangkan untuk hari libur biasanya dibuka lebih lama.

3. The Jokey Club of Climate Change, Hongkong

5 Museum Iklim dan Lingkungan Ini Seru Banget Buat Belajar Geograficuhk.edu.hk

Apabila kamu ingin berkunjung ke negeri Tirai Bambu ini maka tidak ada salahnya berwisata sambil belajar. The Jokey Club of Climate Change merupakan salah satu museum perubahan iklim yang populer tidak hanya di Republik Cina, tetapi juga di seluruh dunia.

Museum ini menggunakan teknologi multimedia yang canggih sehingga dapat memudahkan pengunjung dalam memahami perubahan iklim di seluruh dunia. Selain itu pengunjung juga akan diajak untuk melihat pemandangan hijau Universitas Cina Hongkong, tempat di mana museum ini berada.

Banyak sekali kegiatan-kegiatan penghijauan yang bermanfaat dapat diambil dari Jokey Club of Climate Change ini. Bagi yang tertarik ke museum ini dapat berkunjung di hari kerja pada jam 09.30-17.00, kecuali hari Rabu dan hari libur mereka tutup.

4. Biosphere, Environtment Museum Amerika Serikat

5 Museum Iklim dan Lingkungan Ini Seru Banget Buat Belajar Geografitrover.com

Museum Biosphere ini memiliki bentuk bangunan yang sangat indah dan berada di pusat kota Montreal. Dalam museum yang dirancang oleh Eric Gauthier ini pengunjung dapat mempelajari banyak hal tentang lingkungan alam dan kehidupan makhluk hidup. Di sana pengunjung akan diberi informasi tentang kebersihan air, udara, tanah hingga pada perubahan iklim yang terjadi di seluruh dunia.

Museum Biosphere dibuka untuk pengunjung dari pukul 09.00-17.00 waktu setempat. Untuk tiket masuk para wisatawan yang ingin mendalami permasalahan biosphere ini berkisaran $15 untuk satu orang dewasanya.

5. The Kitakyushu Environment Museum, Jepang

5 Museum Iklim dan Lingkungan Ini Seru Banget Buat Belajar Geografigururich-kitaq.com

The Kitakyushu Environment Museum adalah musem yang terletak di tengah kawasan Higashida yang merupakan daerah lingkungan terbaik di Jepang. Kawasan yang berada di Kota Kitakyushu ini mengeluarkan gas karbondioksida (CO2) sekitar 30 % jauh lebih sedikit dibandingkan kota-kota lainya. Selian itu lingkungan yang asri dan bersih menambah kunggulan kota tersebut.

Untuk akses tempat pun, museum ini terbilang mudah dikunjungi. Wisatawan cukup berjalan kaki sekitar lima menit dari JR Stasiun World Space yang dapat ditembuh dengan kerata api. Museum lingkungan ini buka setiap hari kecuali hari Minggu dan liburan tahun baru. Hal paling menarik adalah pengunjung dapat memasuki museum ini tanpa membayar tiket masuk alias gratis, sangat cocok bagi wisatawan ber-budget rendah.

Siapa bilang jalna-jalan ke museum itu membosankan? Cobain aja yuk ke museum-museum di atas. Selain menambah wawasan kamu juga pasti akan mendapatkan kesan tersendiri setelah mengunjunginya.

Jailani Photo Verified Writer Jailani

Belajar untuk berbagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya