Comscore Tracker

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!

Dari makanan sampai wisata lautnya, semua recommended

Sudah memasuki Desember, itu tandanya hari-hari libur panjang segera datang. Buat kamu yang mau menghabiskan akhir tahunmu dan keluarga dengan berwisata, nggak ada salahnya lho mengunjungi Belitung. Pulau Belitung menyimpan keindahan alam yang nggak bisa diremehkan, guys. Akan ada banyak hal yang harus kamu rasakan kalau liburan ke Belitung. Penasaran nggak destinasi apa aja yang wajib kamu kunjungi kalau ke Belitung? Nah, IDN Times bersama dengan Kementrian Pariwisata telah membedah negeri Laskar Peling ini. Yuk simak!

1. Danau Kaolin yang pernah dijadikan syuting film Ahok

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!IDN Times/Vika Widya Alfianti

Danau kawah putih yang berasal dari tambang aktif ini bersih banget lho guys. Walau bukan dijadikan sebagai destinasi wisata, namun, Danau Kaolin ini nggak kalah menarik untuk diabadikan. Letaknya nggak jauh dari Bandara Belitung, jadi saat kamu mau ke hotel atau ke kota, kamu akan melewati danau ini. Warna airnya yang jernih, pasti bikin kamu ingin berendam kan? Tapi sayang guys, menurut penduduk lokal di sana, danau ini nggak bisa untuk berendam karena masih aktif. Omong-omong nih, kalau kamu mau melihat Danau ini lebih bagus lagi, kamu bisa datang jam 6 sampai 9 pagi atau saat sunset. Eits, nggak perlu khawatir dengan harganya ya, karena Danau ini nggak dipungut biaya apa pun alias gratis!

2. Kopi Kong Djie pertama

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!IDN Times/Vika Widya Alfianti

Pas banget nih kalau kamu sampai di Belitung sore hari. Sesampainya kamu di Belitung, dan telah mengunjungi Danau Kaolin, kamu harus melipir ke kedai kopi Kong Djie. Pasti kamu sudah sering dengar atau sering mengunjungi kedai ini kan? Yups! Kedai ini sudah ada di mana-mana guys. Tapi, kalau kamu mau merasakan sensasi tradisionalnya, kamu harus datang ke sini! Walau sudah berdiri dari 1943, pemiliki kedai ini nggak mau merenovasi tempat ini menjadi lebih modern. Letaknya berada di Jalan Siburik Timur Gegedek, Belitung. Yah, kopi ini sering disebut sebagai starbucksnya Belitung lho.

3. Pulau Batu Garuda

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!IDN Times/Vika Widya Alfanti

Nggak lengkap rasanya kalau ke Belitung tapi nggak mengunjungi pulau-pulau kecilnya ya. Pulau yang pertama dikunjungi selama IDN Times di Belitung adalah Pulau Batu Garuda. Untuk dapat ke sana, kamu harus memulai perjalanan dari Pulau Kelayang guys. Nah, dari sini, kamu dapat menyewa perahu untuk berlayar ke beberapa pulau kecil. Letaknya nggak jauh-jauh kok, guys.

 

Nah, pulau ini tidak dapat dijangkau karena banyak bebatuan dan terumbu karang yang besar-besar guys. Khawatir kalau perahu menabrak karang, jadi tim IDN Times dan Kementrian Pariwisata hanya menikmatinya dari jauh. Tapi, kamu nggak perlu sedih, di pulau ini kamu tetap bisa melihat keindahannya lho.

4. Pulau Batu Berlayar

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!IDN Times/Vika Widya Alfanti

Pulau kedua yang dikunjungi adalah Pulau Batu Berlayar. Tahu nggak guys kenapa dinamakan Batu Berlayar? Karena bentuk kedua sisi batu tersebut seperti layar pada perharu. Kalau di pulau Batu Garuda kamu nggak bisa singgah, nah di pulau ini kamu bisa singgah dan berenang lho. Berhubung daratannya tidak terlalu tinggi, jadi nggak setiap saat pulau ini bisa dikunjungi. Hanya bulan-bulan tertentu aja yang memungkinkan untuk kamu kunjungi, seperti Maret dan April. Pulau ini hanya berjarak sekitar 15 mnit dari Pulau Batu Garuda guys. Jadi, dekat banget kan?

5. Pulau Burung dan Malang Arak

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!IDN Times/Vika Widya Alfanti

Bentuk pulau Burung tersebut menyerupai paruh burung guys. Itu sebabnya dinamakan Pulau Burung. Pulau ini lebih besar dibandingkan pulau sebelumnya. Airnya yang tenang dan tidak terlalu dalam juga pas banget nih buat kamu yang mau snorkeling di sini. Nggak jauh dari pulau Burung ada juga pulau Malang Arak. Nah, di pulau ini sangat terkenal dengan bentuknya yang agak aneh. Tapi, ada 1 batu yang tinggi banget dan bagus buat background fotomu guys.

6. Snorkeling asyik di Pulau Lengkuas

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!Belitung Travello/Rio

Pulau Lengkuas menjadi ikon utama nih di Pulau Belitung. Di pulau ini terdapat bangunan mercusuar yang sudah dibangun sejak zaman Belanda. Dari atas mercusuar, kamu bisa dapat melihat seluruh pulau-pulau kecil di pulau Belitung. Tahu kan apa fungsi dari mercusuar itu sendiri? Yups, fungsinya untuk memberi sinyal kepada para semua kapal bahwa mereka telah memasuki pulau-pulau kecil yang memiliki banyak bebatuan.

 

Nah, di pulau ini punya kekayaan bawah laut yang nggak boleh kamu lewatin. Saat tim IDN Times dan Kementerian Pariwisata snorkeling di sini, banyak ikan-ikan kecil yang bermunculan. Hmm, mungkin mengira kami membawa makanan kali ya? Pokoknya, pulau Lengkuas recommended banget buat snorkeling!

7. Replika Sekolah Laskah Pelangi

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!IDN Times/Vika Widya Alfianti

Tempat 10 member laskar pelangi menimba ilmu bersama bu Mus ini wajib banget nih buat kamu datangi. Letaknya di Desa Gantong, Belitung. Nah, ini sudah menjadi tempat wisata yang mewajibkanmu bayar guys. Cukup bayar Rp 3 ribu saja, kamu bisa puas berfoto-foto di sana. Nah, menurut Dewi, tourguide dari Replika Sekolah Laskar Pelangi ini, ternyata ini adalah replika yang ketiga lho. Replika sekolah yang pertama terletak di belakang SDN 13 Gantong. Nah, setelah itu dipindahkan dengan alasan banyak wisatawan yang berkunjung sehingga mengganggu aktivitas para siswa.

8. Gua Kelayang

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!Belitung Travello/Rio

Di Gua ini, kamu akan menemukan bebatuan besar yang dialiri air sungai guys. Nah di dalam Gua ini ada 3 warna batu yang berbeda. Bebatuan ini berasal dari batu granit. Kalau kamu ke sini, kamu akan merasa sedang berada di sebuah kolam renang milik pribadi yang dihiasi dengan bebatuan besar! Dijamin indah dan tenang banget lho guys.

9. Museum Kata dari Andrea Hirata

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!IDN Times/Vika Widya Alfianti

Museum yang dibangun oleh Managemen Andrea Hirata ini memiliki warna bangunan yang warna-warni lho. Letaknya nggak jauh dari sekolah Laskar Pelangi. Nah, di museum kata ini terdapat berbagai karya dari Andrea Hirata dari mulai puisi, buku, hingga barang-barangnya. Nah, ternyata Andrea Hirata adalah pecinta musik lho. Sebelum menjadi novelis, dia adalah seorang anak band! Wah, keren banget ya! Makanya, nggak heran kalau di museum ini, kamu bakalan menemukan banyak ornamen musik.

 

Harga tiket masuknya adalah Rp 50 ribu perorang dan sudah mendapatkan sebuah buku yang berisi soal perjalanan Ikal, Lintang dan kawan-kawan laskar Pelangi lainnya.

10. Tempat wisata baru, Kampung Ahok

10 Destinasi Belitung yang “Memaksamu”  ke Sini, Super Bagus!IDN Times/Vika Widya Alfianti

Yups, di Belitung ada tempat wisata baru yang dinamakan Kampung Ahok. Ahok adalah salah satu tokoh yang fenomenal di Indonesia. Nah, ternyata dia berasal dari Belitung guys. Tahu nggak sih, ternyata bapaknya Ahok yang bernama Kim Nam adalah tokoh yang sangat dihormati oleh penduduk di sana lho. Karena kebaikannya tersebut, keluarga Ahok sangat dipandang. Untuk itu, dibuatlah Kampung Ahok oleh masyarakat di sana. Di sini, ada berbagai souvenir yang dijual dari mulai kain batik khas Belitung, kaos dan barang-barang bergambar Ahok, dan masih banyak lagi. Eits, ada makanannya juga lho. Untuk masuk ke sini, nggak dipungut biaya apa pun kok guys!

 

Nah, itulah 10 destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi kalau main ke Belitung. Sebenarnya masih banyak lagi destinasi-destinasi yang nggak IDN Times sebutkan. Sudah siapkah kamu untuk liburan ke sini guys? Jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman ya! Karena sayang banget kalau kamu hanya menikmati Pesonanya Indonesia hanya seorang diri!

Topic:

  • Vika Widya Alfianti

Just For You