Comscore Tracker

Curug Citambur Cianjur: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips Liburan!

Punya pesona alam yang memukau 

Kabupaten Cianjur jadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang punya banyak tempat menarik, lho. Banyak wisata alam yang bisa kamu kunjungi, salah satunya air terjun yang ada di daerah Cianjur Selatan bernama Curug Citambur,.

Curug Citambur, menjadi destinasi wisata alam andalan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Curug atau air terjun Citambur punya tinggi 130 meter dengan 2 tingkat yang dikelilingi tebing.

Alam di sekitar Curug Citambur pun masih asri, dipenuhi oleh pepohonan besar yang cukup rindang sehingga membuat suasana semakin sejuk. Ditambah suara air yang jatuh, bakal betah berlama-lama di sana.

Jika kamu ingin merasakan kedamaian dengan berkunjung ke sana, berikut informasi lengkap tentang Curug Citambur Cianjur yang bisa kamu baca. Lengkap dengan rute dan tips liburan, lho!

1. Lokasi Curug Citambur

Curug Citambur Cianjur: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips Liburan!Curug Citambur, Cianjur (instagram.com/rian_oktoriana)

Curug Citambur terletak di Karangjaya, Pasirkuda. Saat melintasi jalan desa, kamu akan melihat kegagahan Curug Citambur yang gagah dari atas. Pemandangan tersebut membuat banyak wisatawan terpesona.

Alamat: Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

2. Rute menuju Curug Citambur 

Curug Citambur Cianjur: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips Liburan!Curug Citambur, Cianjur (instagram.com/sintiaumrah)

Menariknya menuju ke lokasi wisata tersebut tidaklah susah. Kamu bisa memulai perjalanan dari Bandung dengan jarak tempuh sekitar 82 km atau 3 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

Untuk menuju Curug Citambur, arahkan kendaraan ke kawasan Kebuh Teh Rancabali. Jika kamu menemukan pertigaan, ambil kanan. Lurus saja ikuti jalan dengan jalur yang dipenuhi kelokan. 

Setelah itu, kamu akan bertemu lagi pertigaan. Beloklah ke kanan. Tenang saja, sudah ada rambu-rambunya, kok. Ikut jalan hingga sampai ke gerbang masuk ke kawasan wisata Curug Citambur.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Tauco, Pasta Fermentasi Kedelai dari Cianjur

3. Biaya masuk ke lokasi wisata 

Curug Citambur Cianjur: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips Liburan!Curug Citambur, Cianjur (instagram.com/ms.sarahvi)

Biaya masuk ke lokasi sangatlah murah. Kamu cukup membayar Rp10.000 untuk bisa masuk ke kawasan. Namun, biaya tersebut belum termasuk foto di beberapa spot atau tempat yang disediakan oleh pengelola.

Jam bukanya sendiri adalah 24 jam dari Senin hingga Minggu. Kamu bisa datang ke sana kapan saja untuk bersantai sembari menikmati keindahan tempatnya. Kamu juga bisa berkemah lho.

Fasilitas yang ada di sana juga terbilang sangat lengkap. Area parkir, mushola, toilet dan beberapa tempat makan sudah disediakan. Jadi, gak perlu risau lagi jika kamu merencanakan untuk ke Curug Citambur.

4. Daya tarik dari Curug Citambur 

Curug Citambur Cianjur: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips Liburan!Curug Citambur, Cianjur (instagram.com/tans_aprilian)

Curug Citambur memang punya alam yang memesona. Daerah perbukitan hijau dengan pepohonan rindang yang manjakan mata.

Curug Citambur punya dua undakan yang tingginya berbeda. Undakan pertama punya tinggi 130 meter sehingga tidak disarankan untuk bermain di area tersebut. Sedangkan undakan kedua punya tinggi 40 meter yang lebih aman untuk disinggahi. Di sini kamu bebas bermain air terjun yang menyejukkan. 

Di area Curug Citambur juga ada gardu pandang yang agak jauh di atas. Kamu bisa mengabadikan gambar dari gardu tersebut. Ada pula beberapa tempat yang cukup instagramable, namun dikenakan biaya untuk berfoto di tempat tersebut.

5. Tips berkunjung ke Curug Citambur 

Curug Citambur Cianjur: Informasi Lokasi, Rute, dan Tips Liburan!Curug Citambur, Cianjur (instagram.com/sintiaumrah)

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin ke Curug Citambur, antara lain:

  1. Cek kondisi kendaraan agar tidak ada masalah di perjalanan nanti. Lokasinya yang jauh dengan jalur berkelok tentu menantang. Gak mau kan tiba-tiba kendaraan mogok?
  2. Bawa baju ganti agar tetap kering. Meski tidak berenang dan hanya bermain air saja, sudah bisa dipastikan kalau nantinya baju kamu bakal basah. Entah oleh air yang dibawa oleh angin atau yang lainnya.
  3. Datang di musim hujan adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin melihat keindahan Curug Citambur. Saat hujan, pemandangan sekitar akan sangat memikat hati. Bakal membuatmu berdecak kagum, lho. Namun harap berhati-hati dengan arus airnya.
  4. Siapkan kamera untuk mengabadikan moment terbaik. Pemandangan di sana bakal bikin feed sosial media milikmu makin keren dan ciamik, lho. Ambil dengan resolusi terbaik, ya.

Curug Citambur memang punya daya tarik yang tak bisa dianggap remeh. Bahkan air terjun tersebut mendapat julukan sebagai surga tersembunyi, lho.

Nah jika berada di Bandung atau Cianjur, sempatkan untuk menuju ke lokasi wisata tersebut. Gak bakal kecewa, lho!

Baca Juga: 25 Tempat Wisata Cianjur, Ada Air Terjun hingga Kebun Raya

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya