Comscore Tracker

Seganing Waterfall, Surga Kecil di Balik Tebing Nusa Penida Bali

Destinasi wisata di Nusa Penida selain pantai dan bukit 

Berbicara tentang Bali, yang terkenal memang pantainya. Bali punya puluhan pantai dengan lanskap alam yang indah. Tak terkecuali saat kamu mengunjungi salah satu kawasan, yaitu Nusa Penida.

Nusa Penida sendiri punya banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Tak hanya pantai dan bukitnya saja, salah satu rekomendasi tempat yang tak boleh kamu lewatkan adalah Seganing Waterfall.

Seganing Waterfall merupakan sumber mata air yang berada di sebuah tebing yang curam. Tebing tersebut berbatasan langsung dengan laut lepas. Dan untuk sampai ke lokasi, kamu harus menuruni tebing itu.

Penasaran bagaimana keindahannya? Berikut adalah informasi lengkap tentang Seganing Waterfall yang bisa kamu ulik sebelum ke sana. Dijamin seru, menantang, dan asyik deh!

1. Harga tiket dan lokasi dari Seganing Waterfall 

Seganing Waterfall, Surga Kecil di Balik Tebing Nusa Penida BaliSeganing Waterfall, Nusa Penida, Bali (instagram.com/drilon_az)

Seganing Waterfall biasa disebut dengan Air Terjun Sebuluh. Warga setempat menamakan demikian karena letaknya yang berada di Dusun Sebuluh di Nusa Penida.

Seganing Waterfall berada di tebing yang cukup curam sehingga ibutuhkan keberanian yang kuat untuk sampai ke sana agar bisa menikmati keindahan alamnya.

Alamat : Dusun Sebuluh, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Harga tiket : Rp10.000.

2. Rute menuju ke Seganing Waterfall 

Seganing Waterfall, Surga Kecil di Balik Tebing Nusa Penida BaliSeganing Waterfall, Nusa Penida, Bali (instagram.com/lisasnel)

Karena berada di Nusa Penida, Klungkung, tentu saja akses pertama yang harus kamu lalui adalah menggunakan kendaraan air. Dari Dermaga Pantai Sanur, butuh waktu sekitar 40 menit perjalanan hingga ke Nusa Penida.

Sampai di Nusa Penida, kamu harus menyewa kendaraan lagi seperti mobil ataupun motor untuk sampai ke lokasi, yaitu Dusun Sebuluh. Setidaknya butuh waktu sekitar satu jam untuk menempuhnya dengan kondisi jalan yang lumayan menantang.

Sesampai di lokasi, kamu harus melakukan trekking selama 15 menit untuk sampai di bibir tebing. Kemudian mulai menuruni anak tangga yang jaraknya 300 meter ke bawah dengan tingkat kemiringan bervariasi antara 60-80 derajat.

Baca Juga: 5 Pantai Menawan di Nusa Penida, Rekomendasi Habiskan Happy Holiday 

3. Fasilitas di kawasan Seganing Waterfall 

Seganing Waterfall, Surga Kecil di Balik Tebing Nusa Penida BaliSeganing Waterfall, Nusa Penida, Bali (instagram.com/gui_mmoraes)

Seganing Waterfall ataupun Air Terjun Sebuluh masih sangat tersembunyi. Masih belum banyak yang datang ke kawasan ini. Selain itu, tempatnya yang belum ramah bagi wisatawan juga jadi alasan.

Meski begitu karena keindahan alam di sana memang sangat memukau, membuat empat satu ini memang tak boleh kamu lewatkan jika kamu mengunjungi Nusa Penida. Lokasinya juga tidak terlalu jauh, kan?

Karena tidak banyaknya wisatawan yang datang, fasilitasnya memang tidak begitu lengkap. Jika ingin ke sana, buatlah persiapan yang matang apalagi soal logistik yang ingin kamu bawa.

4. Hal menarik di Seganing Waterfall

Seganing Waterfall, Surga Kecil di Balik Tebing Nusa Penida BaliSeganing Waterfall, Nusa Penida, Bali (instagram.com/adit_aw)

Seganing Waterfall merupakan sebuah sumber mata air yang terbilang cukup jernih. Sumber mata air ini berada hampir di dasar jurang yang curam namun keindahan alamnya sungguh memesona. Kamu bisa bermain air sepuasnya di sumber mata air tersebut.

Sambil menikmati laut lepas yang disajikan, ada beberapa kolam juga yang bisa kamu gunakan untuk berendam. Namun begitu, kamu perlu berhati-hati. Ombaknya yang tinggi membuatmu dilarang untuk mendekati bibir laut. Ketika di sana, cukup bersantai saja menikmati suasana yang ada.

5. Hal-hal yang harus kamu perhatikan di Seganing Waterfall

Seganing Waterfall, Surga Kecil di Balik Tebing Nusa Penida BaliSeganing Waterfall, Nusa Penida, Bali (instagram.com/kayyywild)

Seganing Waterfall memang sangat menarik untuk dikunjungi. Meski begitu ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengingat tempatnya yang cukup berbahaya. Hal-hal tersebut antara lain:

  1. Siapkan mental sebelum ke sana. Jalurnya yang curam tentu dapat menantang andrenalin. Patikan bahwa kamu tidak takut ketinggian. Jika takut, jangan memaksa untuk ke sana.
  2. Gunakan outfit yang sesuai. Jangan bandel dengan menggunakan outfit yang bisa membahayakan diri kamu sendiri. Ingat, tangga di sana sangat sempit dengan satu sisinya adalah jurang. Kamu hanya diberi sekat kayu yang belum tentu kuat.
  3. Jangan datang di musim penghujan. Musim penghujan akan membuat tangganya terlalu licin untuk dituruni. Hal tersebut juga sangat berbahaya untuk keselamatan kamu, lho.
  4. Gunakan sepatu yang pas. Sama halnya dengan outfit, soal sepatu juga harus dipikirkan. Jangan menggunakan sepatu yang tidak cocok kamu gunakan untuk menuruni tangga yang curam dan sempit.

Meski menantang, Seganing Watefall ini memang layak untuk dikunjungi. Keindahan alamnya gak kalah eksotis dibandingkan dengan tempat wisata yang lainnya. Nah jika kamu ada rencana ke Nusa Penida, jangan lupa untuk mampir ya!

Baca Juga: 9 Potret Keindahan Nusa Lembongan, Serpihan Surga di Nusa Penida

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya