Comscore Tracker

Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain di Jogja dengan Bianglala Raksasa 

Salah satu tempat favorit wisata di Kabupaten Sleman 

Sleman di Yogyakarta, selain memiliki banyak tempat yang indah, wilayah tersebut juga punya taman bermain yang cukup terkenal, lho. Sindu Kusuma Edupark adalah sebuah tempat dengan bianglalanya yang ikonik.

Sindu Kusuma Edupark tersebut menjadi tujuan wisata favorit yang tempatnya sangat bagus. Banyak wahana yang bisa dicoba di sini mulai dari yang biasa hingga yang ekstrem. Semua wahana tersebut dapat kamu nikmati saat berada di sana. Tak hanya itu, wahana khusus anak-anak juga tersedia.

Untuk tambahan informasi jika kamu ingin pergi ke Sindu Kusuma Edupark, berikut ulasan yang bisa kamu baca. Bianglalanya keren, lho!

1. Sekilas tentang Sindu Kusuma Edupark 

Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain di Jogja dengan Bianglala Raksasa Sindu Kusuma Edupark (instagram.com/aninovita_ans)

Sindu Kusuma Edupark atau biasa disebut SKE merupakan sebuah taman bermain yang dibangun tahun 2014. Taman bermain ini berada di atas tanah seluas 7 hektar.

SKE memiliki sekitar 23 wahana menarik yang bisa kamu nikmati, mulai dari yang biasa hingga ekstrem. Untuk si kecil juga ada wisata edukasi yang disediakan oleh pihak pengelola, lho.

Nah, yang menarik perhatian adalah adanya bianglala dengan tinggi 48 meter. Bianglala dengan nama Cakra Manggilingan tersebut merupakan bianglala tertinggi di Indonesia dan keenam di Asia Tenggara.

2. Lokasi lengkap Sindu Kusuma Edupark 

Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain di Jogja dengan Bianglala Raksasa Sindu Kusuma Edupark (instagram.com/rahayulisnawati)

Taman bermain yang cukup besar ini memang menjadi salah satu kebanggaan dari Provinsi Yogyakarta, khususnya Masyarakat Sleman. Berada di Jalan Jambon-Kragilan, Sindu Kusuma Edupark tersebut memang memiliki keunikan, lho.

Letak Sindu Kusuma Edupark tepatnya berada di Kragilan, Sinduadi. Masuk sebagai kawasan daerah Kecamatan Mlati yang berada di Kabupaten Sleman, lokasinya cukup gampang untuk dikunjungi.

3. Rute untuk menuju ke Sindu Kusuma Edupark 

Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain di Jogja dengan Bianglala Raksasa Sindu Kusuma Edupark (instagram.com/ifit17)

Karena lokasinya yang cukup strategis, kamu bisa memanfaatkan aplikasi maps yang ada di gadget milikmu. Atau, kamu bisa memulai perjalananmu dari Tugu Jogja.

Masuk ke Jalan Pangeran Diponegoro, ikuti jalan tersebut hingga sampai ke perempatan Pingit, lalu belok ke kanan masuk ke Jalan Magelang. Terus saja sampai ketemu gedung Sarinah, selanjutnya belok kiri. Jalan saja hingga sampai gerbang SKE.

Baca Juga: 10 Objek Wisata Yogyakarta Paling Hits Tahun 2022, Wajib Mampir! 

4. Harga tiket masuk dan jam operasional Sindu Kusuma Edupark 

Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain di Jogja dengan Bianglala Raksasa Sindu Kusuma Edupark (instagram.com/dhian_hardjodisastro)

Untuk entrance waterpark dengan bonus omah batik, omah musik, spot foto, dan soft drink, kamu cukup membayar Rp20 ribu. Tiket tersebut terbilang cukup murah, lho. Bahkan kamu bisa berwisata edukasi di omah batik dan musik.

Untuk entrance waterpark plus dengan tambahan disaster room, kamu harus menambah Rp35 ribu. Namun jika ingin menikmati wahana yang lain belilah sekaligus tiket terusannya dengan menambah biaya Rp50 ribu.

Untuk jam operasional dari SKE sendiri Rabu hingga Jumat dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Khusus untuk sabtu dan minggu, kamu bisa menikmati waterpark dari pukul 8 pagi hingga 5 sore. Untuk wahana, kamu bisa memulainya dari pukul 10 pagi hingga 6 sore.

5. Keunikan dari Sindu Kusuma Edupark 

Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain di Jogja dengan Bianglala Raksasa Sindu Kusuma Edupark (instagram.com/skedupark)

Keunikan dari Sindu Kususma Edupark adalah adanya bianglala yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bianglala tertinggi di Indonesia tersebut tentu sangat menarik untuk dijajal rasanya.

Selain itu, ada banyak spot instagramable yang bisa kamu manfaatkan dalam pengambilan gambar. Tentu saja, feed sosial mediamu bakal makin keren, lho.

Wahana lain yang disediakan juga cukup banyak. Kamu bisa menghabiskan waktu seharian untuk menikmati semua wahana tersebut. Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang musik dan batik di SKE.

6. Beberapa wahana menarik di Sindu Kusuma Edupark 

Sindu Kusuma Edupark, Taman Bermain di Jogja dengan Bianglala Raksasa Sindu Kusuma Edupark (instagram.com/anisadheaa)

Beberapa wahana menarik yang bisa kamu jajal, antara lain;

  1. Bianglala Cakra Manggilingan yang memiliki tinggi sekitar 48 meter. Sebuah bianglala tertinggi di Indonesia dengan 28 kapsul yang bisa di isimaksimal 4 orang. Kamu bakal bisa menikmati keindahan Jogja dari atas bianglala tersebut.
  2. Waterpark SKE terbilang cukup luas dengan berbagai jenis permainan seperti perosotan dan lain sebagainya. Setidaknya ada tiga kolam yang bisa kamu manfaatkan antara lain Giant Slider, kolam arus, family pool.
  3. Pit egrang juga menjadi andalan untuk kamu coba. Bermain pit butuh keseimbangan seperti halnya bermain egrang. Sambil menyewa pit di sana, kamu bisa mengelilingi sekitar area taman bermain yang ada di SKE.
  4. Cinema 8D dan 4D jadi salah satu wahana yang bisa kamu nikmati. Menonton film sambil menikmati efeknya bakal bikin kamu seperti masuk ke dunia film tersebut, lho.
  5. Omah batik dan omah musik menjadi pusat edukasi yang ada di SKE. Setidaknya kamu bisa belajar berbagai macam batik yang ada di Nusantara dengan berbagai keunikannya. Dan untuk omah musik, tentu saja kamu bakal diajak untuk mempelajari sejarah musik di Indonesia.

Sindu Kusuma Edupark bukan hanya menjadi tempat untuk bermain dan bersenang-senang, namun juga belajar tentang beberapa kekayaan dan sejarah. Taman bermain tersebut memang layak untuk dikunjungi.

Jika kamu mampir ke Jogja, cobalah untuk mengeksplorasi Sindu Kusuma Edupark. Dijamin gak bakal kecewa, deh!

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Tugu Yogyakarta

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya