Comscore Tracker

7 Tempat Wisata di Lereng Gunung Lawu, Didominasi Air Terjun!

Lanskap alamnya bikin hati adem, lho

Gunung Lawu menjadi salah satu gunung yang ramai pendaki. Yang menarik dari Gunung Lawu adalah pesona mistisnya yang masih terasa. Tak hanya itu, ternyata keindahan alam dari gunung ini juga menjadi magnet yang mendatangkan para wisatawan, lho.

Tak harus mendaki, kamu juga bisa sekadar menikmati suasana di sana. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu datangi bersama keluarga tercinta.

Sebagai salah satu rekomendasi perjalananmu, berikut tujuh tempat wisata di sekitar Gunung Lawu. Keindahan alamnya bikin lupa daratan!

1. Telaga Sarangan, Magetan 

7 Tempat Wisata di Lereng Gunung Lawu, Didominasi Air Terjun!telaga sarangan (instagram.com/adhe_aditya)

Telaga Sarangan berada di wilayah Magetan, Jawa Timur, tepatnya di Kecamatan Plaosan. Telaga yang mendapat julukan sebagai Telaga Pasir ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas pemukaan laut (mdpl), lho.

Alamnya sangat indah dengan warna hijau yang menyegarkan mata. Udaranya sangat sejuk dengan suhu sekitar 15-20 derajat Celsius. Luas danau sendiri sekitar 30 hektare.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti menyewa boat untuk mengelilingi telaga, berfoto, dan juga berbelanja. Selain itu, banyak penginapan murah di sekitar Telaga Sarangan, lho.

Harga: Rp20 ribu

2. Air Terjun Jurangjero, Karanganyar 

7 Tempat Wisata di Lereng Gunung Lawu, Didominasi Air Terjun!air terjun jurangjero (instagram.com/aryajakasatria)

Air Terjun Jurangjero berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan. Tinggi dari air terjun ini sekitar 38 meter dengan vegetasi yang masih lebat dan asri.

Dari terminal Karangpandan, butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke tempat ini. Kamu bakal dibuat terpesona oleh keindahan Air Terjun Jurangjero, lho.

Harga: gratis

3. Telaga Madirda, Karanganyar 

7 Tempat Wisata di Lereng Gunung Lawu, Didominasi Air Terjun!telaga madirda (instagram.com/jihanjindul)

Telaga Madirda menjadi kebanggaan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berada di lereng kaki Gunung Lawu, Telaga Madirda menjadi tujuan wisata paling favorit.

Hawanya yang sejuk dengan keindahan alam di sekitar danau bakal bikin kamu betah berlama-lama di sana. Telaga yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, ini memang tak boleh kamu lewatkan.

Harga: Rp15 ribu

Baca Juga: 10 Pesona Alam Gunung Lawu, Keindahan Lanskapnya Bikin Terpana!

4. Air Terjun Jumog, Karanganyar 

7 Tempat Wisata di Lereng Gunung Lawu, Didominasi Air Terjun!air terjun jumog (instagram.com/toniktriananto)

Tak jauh dari Telaga Madirda, ada satu spot menarik yang bisa kamu kunjungi, lho. Air Terjun Jumog yang sangat terkenal ini juga memiliki keindahan alam yang masih asri dengan udara yang sejuk, lho.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Wisata ini memiliki 3 air terjun inti yang masing-masing bernama Klueng, Kusumajati, dan Jubleg.

Harga: Rp15 ribu

5. Taman Wisata Bedengan Genilangit, Magetan 

7 Tempat Wisata di Lereng Gunung Lawu, Didominasi Air Terjun!wisata genilangit (instagram.com/tamanwisatagenilangit)

Taman Wisata Genilangit berada di Desa Genilangit, tepatnya di Kecamatan Poncol, Magetan, Jawa Timur. Tempat ini berupa taman hutan pinus yang sangat sejuk.

Taman wisata yang bisa ditempuh dalam waktu sejam ini memiliki panorama pemandangan yang sangat indah. Berada di kaki Gunung Lawu membuatnya memiliki suhu udara yang sangat sejuk.

Banyak spot menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto. Selain itu, ada juga berbagai wahana, seperti taman bunga, rumah Hobbit, dan camping ground yang bisa kamu nikmati.

Harga: Rp5 ribu

6. Air Terjun Srambang, Ngawi 

7 Tempat Wisata di Lereng Gunung Lawu, Didominasi Air Terjun!air terjun srambang (instagram.com/frenchfries_mr)

Bergeser sedikit ke wilayah Ngawi, ada sebuah air terjun yang sangat terkenal, lho. Air terjun yang berada di kaki Gunung Lawu ini bernama Air Terju Srambang. Letaknya di Desa Girimulyo, Jogorogo.

Air terjun ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Tingginya sekitar 40 meter dengan berbagai wahana yang sudah dibangun bakal bikin liburanmu makin berkesan.

Pengelolaan kawasan ini terbilang cukup bagus. Banyak spot-spot menarik yang bisa kamu manfaatkan agar liburanmu makin terkesan. Nama lain dari tempat ini adalah Srambang Park.

Harga: Rp15 ribu

7. Wisata Watu Jonggol, Ngawi 

7 Tempat Wisata di Lereng Gunung Lawu, Didominasi Air Terjun!wisata watu jonggol (instagram.com/moyya_noviani)

Berada di Desa Pandansari, kurang lebih 7 km dari Kecamatan Sine, terdapat sebuah wisata lereng Gunung Lawu yang wajib kamu datangi. Sumber Air Kamulyan Watu Jonggol adalah wisata air terjun dengan ketinggian kurang lebih 45 meter.

Air terjun tersebut mengalir dari tumpukan batu yang tersusun unik. Udara sekitar tempat wisata juga sangat sejuk. Hutan pinus di sekitar lokasi juga menambah keindahan dari Watu Jonggol.

Harga: Rp5 ribu

Lokasi Gunung Lawu memang berada di tiga wilayah kabupaten. Setiap wilayah menawarkan keindahan panoramanya masing-masing. Dari semuanya, tempat tersebut sangat cocok kamu datangi bersama keluarga tercinta, lho!

Baca Juga: 10 Pesona Candi Cetho, Wisata Sejarah dan Seni di Kaki Gunung Lawu

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya