Comscore Tracker

7 Wisata Air Terjun Tuban yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!

Cocok dijadikan tempat untuk healing dan refreshing

Tuban, Jawa Timur memang terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Hal ini karena secara geografis Tuban berada di sepanjang pantai utara serta daerah pegunungan kapur.

Selain pantai, Tuban juga terkenal memiliki wisata air terjun yang masih asri. Wisata air terjun tersebut memiliki suasana yang sejuk serta kelestariannya yang masih terjaga.

Sebagai pedoman list perjalananmu, berikut 7 wisata air terjun yang ada di Tuban yang bisa kamu kunjungi. Semua tempat bakal menyenangkan!

1. Air Terjun Putri Ngelirip 

7 Wisata Air Terjun Tuban yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!Air Tejun Ngelirip (instagram.com/annyz_09)

Ngelirip sangat ramai dikunjungi, apalagi weekend. Berada di Kecamatan Singgahan, tempat ini sudah memiliki petunjuk jalan yang jelas agar kamu tidak kesasar.

Air terjun ini mengalir di atas batu berlumut dengan kolam berwarna hijau yang indah. Dengan Rp5.000 saja kamu sudah bisa masuk ke kawasan ini.

2. Air Terjun Bongok 

7 Wisata Air Terjun Tuban yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!Air Terjun Bongok (instagram.com/pujimawan)

Berada di daerah Montong, Tuban, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri. Tempatnya masih asri dengan suasana yang tenang sehingga cocok sebagai tempat untuk healing atau refreshing.

Tidak ada biaya masuk. Hanya saja kamu harus mengandalkan map untuk sampai di sini dikarenakan minim rambu penunjuk jalan.

3. Air Terjun Wukirharjo 

7 Wisata Air Terjun Tuban yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!Air Terjun Wukirharjo (instagram.com/ardiyanto_kecenk)

Air Terun Wukirharjo terletak di Kecamatan Parengan, Tuban. Suasananya masih sejuk dan asri. Tempatnya tersembunyi tanpa ada penunjuk jalan yang jelas. Tapi keindahan air terjun ini tak perlu kamu ragukan lagi.

Satu-satunya petunjuk jika kamu ingin ke sini adalah Pemandian Air Hangat Perataan. Air terjun ini terletak di sebelah utaranya alias tidak jauh dari pemandian tersebut.

Baca Juga: 7 Cafe Hits di Tuban yang Cocok untuk Nongkrong, Ada Nuansa Balinya!

4. Air Terjun Sanggrahan Kedungjambe 

7 Wisata Air Terjun Tuban yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!Air Terjun Kedungjambe (instagram.com/hellotommmm)

Air Terjun Kedungjambe memiliki tinggi 10 meter, terletak di Kecamatan Singgahan. Tempatnya bersih dengan suasana sejuk dan tenang. Akses ke lokasinya juga terbilang mudah. Cocok kamu gunakan untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

5. Air Terjun Banyulangse 

7 Wisata Air Terjun Tuban yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!Air Terjun Banyulangse (instagram.com/masmumu_go)

Air terjun ini sudah terkenal dengan penunjuk jalan yang jelas. Tempatnya berada di Kecamatan Semanding. Airnya sangat sejuk dengan batu-batu besar yang sangat indah. Letaknya yang berada di pedesaan menambah suasana yang damai.

Banyak fasilitas yang sudah tersedia d isini seperti toilet dan musala. Untuk mengisi perut, tenang saja. Tempat ini sudah memiliki banyak warung dan cafe yang bisa kamu gunakan untuk melepas lelah setelah bermain air.

6. Air Terjun Gajahan

7 Wisata Air Terjun Tuban yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!Air Terjun Gajahan (instagram.com/fatikhul_hadi)

Air terjun ini berada di Kecamatan Tambakboyo, Tuban. Air terjunnya masih alami. Suasana di sana juga sangat sejuk dan damai.

Ketika menuju ke tempat ini kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indahnya. Belum tersedia penunjuk jalan tapi kamu bisa mengandalkan map untuk sampai ke Air Terjun Gajahan.

7. Air terjun Kedung Bonjor 

7 Wisata Air Terjun Tuban yang Cocok untuk Liburan, Bikin Fresh!Air Terjun Kedung Bonjor (instagram.com/lutfi_anang)

Menginginkan suasana yang tenang sembari melepas lelah, Air Terjun Kedung Bonjor ini bisa dijadikan pilihan untuk dikunjungi. Terletak di Kecamatan Kenduruan, Tuban; air terjun ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan hutan yang masih asri.

Akses ke tempat ini tidaklah sulit, tapi disarankan untuk menggunakan roda dua saat menuju kawasan air terjun.

Tuban memang memiliki banyak pantai nan cantik dan eksotis. Tapi keberadaannya di sekitaran pegunungan kapur juga membuat Tuban memiliki wisata air terjun yang memikat. Kebanyakan air terjun di Tuban masih alami sehingga sangat penting untuk menjaga kelestariannya. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Tuban yang Layak untuk Dikunjungi

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya