Comscore Tracker

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!

Tempat untuk melepas lelah dari beban pekerjaan #LokalIDN

Majalengka adalah sebuah daerah yang berada di Jawa Barat. Namanya kian ramai diperbincangkan dengan adanya Bandara International Kertajati yang secara resmi diperkenalkan menjadi bandara terbesar ke-2 di Indonesia.

Banyak para traveler yang tertarik untuk mengulik keindahan dari Kabupaten Majalengka. Kini, daerah tersebut tak hanya menjadi sebuah pusat lumbung padi wilayah Jawa Barat, namun juga menjadi pusat wisata yang harus kamu eksplor saat berada di sana.

Dapat kamu masukkan ke dalam list wisatamu saat berada di Majalengka, berikut sepuluh wisata yang sangat wajib kamu kujungi. Cocok untuk refreshing, lho!

1. Terasering Panyaweuyan 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Terasering Panyaweuyan (instagram.com/akang_endang)

Mengeksplorasi Majalengka memang sangat unik. Ada banyak tempat yang menyimpan keindahan alam, lho. Salah satu yang gak boleh kamu lewatkan adalah Terasering Panyaweuyan.

Terasering Panyaweuyan merupakan pos pengamatan yang berada di atas bukit dengan latar sawah terasering, bukit, hutan, dan Gunung Berapi Cereme. Udaranya yang sejuk cocok untuk healing, lho.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 23 km dari pusat Kota Majalengka atau butuh sekitar 50 menit perjalanan untuk sampai ke sini. Petunjuk jalannya sangat jelas, bahkan kamu bisa menggunakan gmaps.

Alamat : Sukasari Kidul, Argapura, Majalengka, Jawa Barat.

Harga tiket : Rp5.000.

Jam operasional : 08.00 – 17.00 WIB.

2. Wisata Situ Cipanten 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Wisata Situ Cipanten (instagram.com/firman037)

Mencari tempat yang adem selanjutnya adalah Wisata Situ Cipanten. Situ Cipanten merupakan sebuah danau yang memiliki air berwarna hijau nan indah. Alam di sekitarnya juga sangat sejuk.

Danau yang bisa kamu tempuh selama 15-20 menit dari pusat Kota Majalengka tersebut sangat luas. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari ayunan, bebek gowes, perahu, hingga sepeda gantung.

Jika kamu datang menggunakan mobil atau sepeda, jangan khawatir. Area parkir di kawasan wisata Situ Cipanten sudah tersedia. Selain itu fasilitas lain seperti musala, kamar mandi, dan warung juga sudah ada, lho.

Alamat : Jln. Gn. Kuning-Sindang, Gn. Kuning, Kec. Sindang, Majalengka.

Harga tiket : Rp10.000.

Jam operasional : 07.30 – 17.00 WIB.

3. Alun-alun Majalengka 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Alun-alun Majalengka (instagram.com/aziss_abdul)

Jika ingin mencari tempat yang nyaman dan instagramable yang gak jauh dari pusat Kota Majalengka, cobalah datang ke alun-alun kota. Di dalam alun-alun tersebut terdapat sebuah taman kota yang indah.

Selain taman, juga terdapat air mancur dan taman bermain serta area berumput yang luas. Cocok untuk berkumpul bareng keluarga. Banyak spot-spot menarik yang bisa kamu jadikan background foto, lho.

Salah satu yang menarik wisatawan adalah keindahan serta kemegahan dari Masjid Al Imam. Untuk fasilitas di Alun-alun Majalengka terbilang cukup lengkap. Area parkir, toilet, bangku-bangku taman, dan penjual makanan sudah tersedia lengkap.

Alamat : Majalengka Kulon, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

Harga tiket : -

Jam operasional : Buka 24 jam.

4. Kebun Teh Cipasung Lemahsugih 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Kebun Teh Cipasung Lemahsugih Majalengka (instagram.com/ryanriyanto26)

Ingin melihat bukit yang hijau dengan tanaman teh di sana? Datanglah ke Kebun Teh Cipasung Lemahsugih. Kebun teh ini kerap dijadikan tujuan wisata dengan udara yang sejuk, lho. Bakal bikin kamu betah berlama-lama di sana.

Jalur untuk menuju ke sana sedikit berbahaya. Kamu harus hati-hati, ya. Selain sempit, juga berbatu licin. Namun saat sampai di sana, kamu bakal disuguhi pemandangan yang luar biasa.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan termasuk berfoto. Selain itu kamu juga bisa menjelajah, mencari spot-spot menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk menghabiskan masa liburanmu.

Alamat : Cipasung, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

Harga tiket : Rp10.000.

Jam operasional : Buka 24 jam.

5. Bukit Mercury Sayang Kaak 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Bukit Mercury Sayang Kaak Majalengka (instagram.com/mmooeeeeee)

Masih dengan panorama hijau yang menyejukkan dengan latar pegunungan dan sawah terasering nan cantik, Bukit Mercury Sayang Kaak menawarkan keindahan alam yang menarik perhatian.

Di Bukit Mercury Sayang Kaak, dibangun beberapa gazebo di atas bukit yang bisa kamu manfaatkan untuk duduk santai. Bahkan di sana sudah tersedia spot untuk melihat keindahan alam di bawahnya. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen, ya.

Untuk menuju ke sana harus hati-hati. Jalurnya sangat sempit dengan kontur berbatu. Selain sempit, jalurnya juga menanjak dan melewati perkampungan. Namun saat sampai di atas, kamu bakal terhipnotis oleh keindahannya.

Alamat : Cibuluh Blok, Tejamulya, Argapura, Majalengka.

Harga tiket : -

Jam operasional : 07.00 – 17.00 WIB.

Baca Juga: 7 Tempat Angker di Majalengka, Ada Ular Jelmaan Berkepala Manusia

6. Objek Wisata Telaga Herang

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Obyek Wisata Telaga Herang Majalengka (instagram.com/ghanyabdul91 | instagram.com/jhafar_jheff)

Jika kebetulan berada di daerah Sidangwangi, coba datanglah ke salah satu objek wisata yang terkenal di sana. Telaga Herang, menjadi salah satu destinasi wisata yang digarap dengan baik oleh warga Sidangwangi, Majalengka.

Udara di sana sangat sejuk. Pemandangan alam di sekitar telaga juga masih asri dengan warna hijau yang memanjakan mata. Cocok untuk kamu gunakan sebagai tempat menghabiskan masa liburan bersama keluarga tercinta.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan termasuk berperahu, berenang, memberi makan ikan, dan lain sebagainya. Sekadar menikmati suasanaya juga bisa kamu lakukan, lho.

Alamat : Lekong Kulon, Kec. Sidangwangi, Kab. Majalengka.

Harga tiket : Rp5000.

Jam operasional : 06.00 – 17.00 WIB.

7. Curug Cipeuteuy 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Curug Cipeuteuy Majalengka (instagram.com/kurdykurniawan11)

Gunung Cereme menyimpan banyak keindahan termasuk salah satu air terjun yang ada di sana. Curug Cipeuteuy adalah sebuah air terjun yang berada tepat berada di kaki Gunung Cereme.

Aliran airnya mengaliri kolam yang ada di tengah hutan pinus. Udara di tempat ini sangat sejuk. Kamu bisa memanfaatkan beberapa spot menarik untuk mengambil gambar.

Ada jalur hiking menuju Bukit Sinyal yang bisa kamu eksplorasi, lho. Untuk fasilitas umum di sana juga terbilang sangat lengkap. Kamu juga bisa berenang saat berada di sana. Keren, kan!

Alamat : Jln. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sidangwangi, Kab. Majalengka.

Harga tiket : Rp20.000.

Jam operasional : Buka 24 jam.

8. Jembar Waterpark Majalengka 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Jembar Waterpark Majalengka (instagram.com/ulul15hidayah)

Salah satu taman rekreasi air yang ada di Majalengka adalah Jembar Waterpark Majalengka. Taman wisata air ini bertema dinosaurus yang akan membuat si kecil bahagia, lho.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti berenang bareng anak, bermain seluncuran, dan memanfaatkan area bermain yang sudah tersedia di sana.

Untuk fasilitas bisa dikatakan cukup lengkap. Mulai dari toilet, musala, tempat istirahat dan lain sebagainya. Harga tiketnya juga sangat terjangkau, lho.

Jika ada waktu, coba ajak si kecil main ke sini, ya!

Alamat : Ranji Wetan, Kec. Kasokandel, Kab. Majalengka.

Harga tiket : Rp30.000.

Jam operasional : 08.00 – 16.00 WIB.

9. Gunung Ciwaru 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Gunung Ciwaru Majalengka (instagram.com/heru_montana)

Cari wisata alam yang instagramable? Datanglah ke lokasi wisata Gunung Ciwaru. Sebuah objek wisata di atas ketinggian yang sangat menarik, udaranya sangat adem, dan sejuk.

Yang gak kalah indah adalah gagahnya Gunung Ciremai. Dengan hijaunya hutan yang ada di sekitarnya, tentu saja suasana tersebut dapat memanjakan mata lho.

Selain itu, di lokasi wisata Gunung Ciwaru terdapat banyak spot-spot menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk mengisi feed postingan IG kamu. Bakalan betah berlama-lama di sana.

Alamat : Jln. Desa Payung, Pajajar, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.

Harga tiket : Rp15.000.

Jam operasional : 08.00 – 16.00 WIB.

10. Puncak Sawiyah 

10 Wisata Majalengka yang Cocok untuk Refreshing, Curug hingga Bukit!Puncak Sawiyah Majalengka (instagram.com/_alvioniitaaa)

Puncak Sawiyah yang ada di Majalengka ini sangat cocok kamu gunakan untuk melakukan kegiatan outdoor, khususnya camping. Berada di atas ketinggian, Puncak Sawiyah memiliki banyak spot menarik untuk melihat keindahan alam.

Tempatnya lumayan instagramable dengan disediakannya beberapa spot foto yang menarik. Spot-spot tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengabadikan gambar.

Jalur untuk menuju ke sana sangat berbahaya dan melelahkan. Kamu harus hati-hati saat berkendara karena jalurnya masih sempit. Namun sesampainya di Puncak Sawiyah, rasa lelahmu bakal terbayar.

Alamat : Sangiang, Kec. Banjaran, Kab. Majalengka.

Harga tiket : Rp10.000.

Jam operasional : 07.00 – 17.00 WIB.

Majalengka menjelma menjadi sebuah tempat tujuan pariwisata seiring dengan diresmikannya Bandara Internasional Kertajati beberapa tahun belakangan ini. Namanya kerap kali jadi bahan perbincangan yang hangat, baik dari segi ekonomi hingga pariwisata.

Bagi para traveler, tentu saja dengan adanya Kertajati mereka akan tertarik dan penasaran dengan pariwisata yang ada di Majalengka.

Berharap pengolahan tempat-tempat wisata yang ada di sana makin membaik sehingga antusiasme wisatawan akan bertambah.

Baca Juga: 5 Jajanan Khas Majalengka yang Ampuh Naikin Mood, Cobain!

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya