Comscore Tracker

Bosan ke Mall dan Kafe? Cek 6 Tempat Keren yang Ada di Jakarta Ini

Coba bandingkan pengeluaranmu kalau ke mall dan kalau kamu ke tempat-tempat ini

Rekreasi, hangout dan menghabiskan weekend di Jakarta memang identik dengan mall dan kafe. Belum lagi bazaar yang lagi hits di pusat perbelanjaan. Memang gak salah mengunjungi tempat-tempat tersebut ketika weekend, tapi pada suatu titik, kamu bisa mencapai rasa jenuh kan? Nah, daripada bosan dan weekend-mu malah jadi nyebelin, coba refreshing di enam tempat keren yang ada di Jakarta ini deh.

1. Belajar membatik di Museum Tekstil.

Bosan ke Mall dan Kafe? Cek 6 Tempat Keren yang Ada di Jakarta IniSumber Gambar: ytimg.com

Di tempat ini, kamu bisa melihat dan belajar soal kain yang menjadi salah satu ciri khas negara kita dengan harga tiket masuk 5.000 rupiah saja untuk orang dewasa. Di bagian belakang, kamu akan menemukan sebuah pondok kayu dimana kamu bisa belajar dan nyoba langsung membatik. Gak tanggung-tanggung, kamu bakal belajar mulai dari milih, menentukan motif yang kamu suka, menggambar motifnya di atas kain kecil, melukis kainnya dengan lilin malam, sampai mewarnai kainnya.

Gak perlu takut kalau gak biasa karena ada orang yang akan mendampingimu. Eh, kain batik yang kamu buat juga bisa dibawa pulang lho! Cuma dua sampai tiga jam dan modal sekitar 40.000 rupiah, kamu sudah bisa belajar ngebatik dan pamerin kain batik buatanmu sendiri. Belum lagi tempatnya sejuk, enak buat ngadem. Tempat ini beroperasi mulai hari Selasa sampai Minggu pukul 09.00-15.00.

2. Bersantai di Taman Suropati.

Bosan ke Mall dan Kafe? Cek 6 Tempat Keren yang Ada di Jakarta IniSumber Gambar: risianalimuria.wordpress.com

Jakarta memang identik dengan gedung pencakar langit dan minimnya ruang terbuka hijau. Tapi, kamu masih bisa menemukan pepohonan rindang di tengah kota kok! Di daerah Menteng, kamu akan menemukan Taman Suropati. Namanya juga taman, di sini kamu bisa mendinginkan diri sambil menikmati udara segar setelah seharian sibuk beraktivitas. Kamu bisa lari pagi, lari sore atau lari dari kenyataan (sejenak) di wilayah taman ini.

Di Taman Suropati, kamu juga bisa bermain dengan mainan yang dijual sama mas-mas di sana. Buat pecinta hewan, banyak orang yang senang membawa hewan peliharaannya ke taman ini, apalagi waktu weekend. Terus, buat kamu yang suka musik, banyak musisi lokal yang latihan saat sore hari. Alat musik yang mereka bawa gak cuma gitar lho, ada biola, saksofon, sampai cello! Kalau malam, mereka akan tampil ramai-ramai seperti pertunjukan orkestra. Hal paling menyenangkan: semuanya bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan sepeser uang pun!

3. Mengembangkan jiwa seni dan sastramu di Taman Ismail Marzuki.

Bosan ke Mall dan Kafe? Cek 6 Tempat Keren yang Ada di Jakarta IniSumber Gambar: ngadem.com

Buat kamu yang 11-12 sama Rangga di film Ada Apa Dengan Cinta, kamu pasti suka sama tempat yang satu ini. Di sini, kamu bisa nikmatin pameran lukisan dan patung-patung yang kebanyakan hasil karya seniman muda dan kontemporer dari berbagai daerah di Indonesia. Kalau kamu pengen cari karya-karya sastra, kamu tinggal mampir di Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin dan kamu akan menemukan lebih dari 50.000 karya sastra Indonesia, termasuk dari penulis Sutan Takdir Alisjahbana yang terkenal.

Kamu juga bisa mampir terus nonton pertunjukan seni di tiga teater yang tersedia. Ada baiknya kamu cek jadwal penampilan mereka dulu di halaman Facebook sebelum nonton. Kalau ternyata gak ada jadwal pertunjukan, kamu juga bisa main ke Kineforum, bioskop yang memutar film Indonesia, klasik hingga internasional. Dan yang paling terkenal dan jelas gak boleh kamu lewatin, tentunya planetarium yang menampilkan planet dan bintang-bintang dengan proyektor khusus.

Galeri seni dan sastra serta planetarium di Taman Ismail Marzuki bisa kamu kunjungin di hari kerja dari mulai pukul 08.30-15.30. Dua-duanya gratis!

4. Nostalgia Jakarta tempo dulu di kawasan Kota Tua.

Bosan ke Mall dan Kafe? Cek 6 Tempat Keren yang Ada di Jakarta IniSumber Gambar: wikimedia.org

Buat yang suka kembali ke masa lalu (#baper), coba deh main ke Kota Tua. Di wilayah ini, kamu bakal disuguhi sama gedung-gedung arsitektur kuno. Kalau belum puas keliling dan foto-foto sama gedung tua, kamu tinggal jalan ke bagian tengahnya, tepat di depan Museum Fatahillah. Di area ini, kamu bisa berkeliling dengan jalan kaki atau naik sepeda sewaan. Kamu akan menemukan banyak hal di sini, mulai dari grup pengamen angklung, manusia patung, dan masih banyak atraksi lainnya. Ketika malam tiba, Kota Tua juga tetep ramai, apalagi dengan keindahan lampu-lampunya itu. Pasti keren banget deh.

5. Belum puas main di Kota Tua, cek museumnya deh!

Bosan ke Mall dan Kafe? Cek 6 Tempat Keren yang Ada di Jakarta IniSumber Gambar: jktgo.com/Courtesy of Annisa Apriliani

Kalau kamu belum puas main di area outdoor Kota Tua, coba deh berkunjung ke museumnya. Di wilayah ini ada banyak banget museum yang bisa kamu kunjungi. Di Museum Fatahillah, kamu bisa mempelajari sejarah perkembangan kota Jakarta dari zaman kemerdekaan hingga sekarang secara gratis. Di Museum Wayang, kamu bisa melihat koleksi lebih dari 4.000 wayang. Di Museum Bank Mandiri, kamu bisa melihat semua bentuk aktivitas dan peralatan perbankan tempo dulu, dari mesin hitung sampai brankas bawah tanah.

Di Museum Seni Rupa dan Keramik, kamu bisa melihat berbagai keramik lokal dari seluruh daerah di Indonesia sejak abad ke-14. Terakhir, kalau kamu suka sejarah dan ingin belajar sejarah Indonesia, Museum Bank Indonesia bisa menyajikannya dengan teknologi modern yang pasti bikin kamu betah. Tiket masuk tiap museum ini jelas murah meriah, gak lebih dari 5.000 rupiah. Mau mengunjungi salah satu, dua, atau semuanya, pastikan kamu datang antara hari Selasa sampai Minggu mulai pagi sampai sore.

6. Mengintip serba-serbi kebudayaan Betawi di Setu Babakan.

Bosan ke Mall dan Kafe? Cek 6 Tempat Keren yang Ada di Jakarta IniSumber Gambar: bebasopan.blogspot.com

Jakarta juga punya cagar budaya sendiri lho! Di Setu Babakan, kamu bisa menemukan segala sesuatu yang berbau Betawi. Berlokasi di Jakarta Selatan, kamu bisa memancing, main sepeda air, atau sekadar sepedaan di tepi danau di cagar budaya ini. Selain danau dan pepohonan yang rindang, kamu bisa belajar semua budaya khas Betawi, mulai dari arsitektur rumah, busana, sampai rutinitas keagamaan.

Setelah jalan-jalan dan belajar, kamu bisa singgah di warung-warung yang tersedia. Makanannya sudah pasti khas Betawi, mulai dari kerak telor, ketoprak, soto mie, toge goreng dan masih banyak yang lainnya. Sambil menikmati lezatnya makanan Betawi, kamu bisa menikmati pertunjukan dan pergelaran seni khas Betawi. Tanjidor, tari topeng, gambang kromong, sampai ondel-ondel bisa kamu temukan di sini.

Selain menyediakan fasilitas di area seluas 289 hektar yang lengkap banget, kabar baiknya kamu bisa menikmati semuanya dengan gratis! Tempat ini dibuka dari pagi dan tutup pukul 18.00.

Well, kalau ada enam tempat ini, apa kamu masih bingung weekend mau kemana?

Artikel ini dibuat oleh tim Qlapa, situs marketplace khusus produk handmade Indonesia. Kalo kamu mau dapat lebih banyak info dan wawasan mengenai dunia handmade unik dan etnik Indonesia, main aja ke blog Qlapa!

Topic:

Berita Terkini Lainnya