Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Semarang yang Hits dan Ikonis, Komplet!

Mengenal Semarang lebih dekat, yuk! 

Semarang, barangkali sebuah nama kota yang sudah tidak asing di telingamu. Yup, salah satu kota terbesar di Indonesia ini menyimpan banyak destinasi indah, mulai dari wisata alam hingga sudut perkotaan yang mempertegas identitas Semarang.

Karena 'tak kenal maka tak sayang', maka dari itu, yuk, simak lima destinasi wisata Semarang berikut ini upaya tahu Semarang dengan ikon-ikonnya yang hits!

1. Simpang Lima

5 Destinasi Wisata Semarang yang Hits dan Ikonis, Komplet!Simpang Lima Semarang di malam hari. (instagram.com/meltoy.photo)

Berada di jantungnya Semarang, hampir banyak orang yang pernah ke Semarang akan melewati destinasi satu ini, baik itu sengaja atau tanpa disadari.

Kawasan Simpang Lima Semarang berdekatan dengan banyak lokasi-lokasi sentral, mulai dari mall atau pusat perbelanjaan yang cocok dijadikan tempat hangout setelah berwisata, masjid beserta area parkir yang luas, toko buku, hotel, dan masih banyak lokasi lain yang bisa terhubung lewat jalur persimpangan punyanya Semarang ini.

Namun jangan salah, Simpang Lima punya nilai lebih, di mana selain hamparan green area berupa taman kota yang tertata indah, ada banyak spot beserta hiburan yang jadi satu padu di area terbuka ini. Tentunya pas untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, pasangan, atau self-healing. Apalagi di malam hari, kerlap-kerlip 'kehidupan' Simpang Lima akan membawa keceriaan tersendiri di tengah hiruk-pikuk kota, lho.

2. Lawang Sewu  

5 Destinasi Wisata Semarang yang Hits dan Ikonis, Komplet!Lawang Sewu (unsplash.com/MUHAMMAD FAJRI YOANDHIKA)

Wisata bernuansa sejarah ini terletak di area strategis, tepatnya di Jalan Pemuda. Alih-alih pekat dengan unsur 'horor', Lawang Sewu Semarang justru akan memberimu nuansa kece dan kaya akan nilai sejarah, lho.

Di Lawang Sewu, kamu akan menemukan beragam sudut bangunan yang cocok untuk dijadikan spot foto, mulai dari struktur megah bangunan utama, deretan pintu-pintu yang sangat banyak jumlahnya, lorong-lorong cantik, dan ada pula area semacam mini museum yang akan memperkaya wawasanmu terkait sisi historis dari tempat hits di Semarang ini. Perpaduan yang menarik, deh!

Baca Juga: Cek Destinasi Wisata Semarang yang Cocok Kamu Kunjungi Nanti Yuk!

3. Tugu Muda  

5 Destinasi Wisata Semarang yang Hits dan Ikonis, Komplet!Tugu Muda Semarang (instagram.com/meltoy.photo)

Masih di sekitar Lawang Sewu, ada Tugu Muda Semarang. Untuk menempuhnya, hanya perlu berjalan kaki sekitar lima menit saja, lho!

Bangunan menjulang yang sangat menonjol jika dilihat dari jalan raya ini merupakan destinasi yang tidak hanya menjadi ikon Semarang, namun juga mengandung unsur sejarah, di mana Tugu Muda seakan menjadi wajah pengingat akan momentum Semarang sebagai salah satu kota penuh kenangan di masa perjuangan Indonesia, lho.

Selain bangunan tugu, di sekeliling Tugu Muda juga akan kamu temui air mancur, taman warna-warni estetik yang tertata rapi, serta ditemani bangku dan tempat duduk di sekitaran. Kamu bisa mencoba duduk barang sejenak dan mengenang jasa para pahlawan sambil menikmati suasana asri di antara deru kendaraan yang berlalu-lalang.

4. Kota Lama  

5 Destinasi Wisata Semarang yang Hits dan Ikonis, Komplet!Kota Lama Semarang (unsplash.com/Muhamad Guntur)

Beralih ke Kota Lama Semarang yang terletak di Jalan Letjen Suprapto Nomor 31, kamu dapat mencapai lokasinya kurang dari sepuluh menit dengan mobil atau sepeda motor dari kawasan Tugu Muda.

Di Kota Lama Semarang, tiap spot seakan surga bagi pencinta fotografi, karena memang sangat instagrammable!

Siluet bangunan dari yang sederhana ala street view klasik, arsitektur khas kolonial, bangunan megah warna-warni, hingga desain jalan antar satu kompleks ke kompleks lainnya pun seolah menjadi kombinasi yang memesona.

Itulah kenapa landmark sejarah yang satu ini selalu ramai dikunjungi, karena akan membuatmu rela berjalan berkilo-kilo lamanya untuk mengitari satu bangunan ke bangunan lain demi memanjakan mata dan juga kembali membawa ingatan pada Indonesia masa lampau.

5. Masjid Agung Jawa Tengah  

5 Destinasi Wisata Semarang yang Hits dan Ikonis, Komplet!Masjid Agung Jawa Tengah. (unsplash.com/Febrian Zakaria)

Seperti namanya, tempat ibadah umat muslim ini sangat agung dan besar areanya. Ikon bernuansa religi yang dimiliki Semarang ini akan membuatmu terpana akan kemegahan bangunan masjid yang elok.

Berlokasi di Jalan Gajah Raya, Masjid Agung Jawa Tengah mempunyai pelataran berlantai adem nan terbentang luas, seakan mengatakan 'welcome' secara implisit kepada para pengunjung. Uniknya, di Masjid Agung Jawa Tengah akan kamu temui payung-payung raksasa yang mirip dengan payung di Makkah yang bisa mengatup dan membuka untuk menjadi atap portable, lho.

Tak hanya itu, Masjid Agung Jawa Tengah juga punya area taman, gapura berlafazkan kaligrafi indah, dan pastinya perpaduan tata letak bangunan Masjid Agung Jawa Tengah akan membuatmu takjub dan kian melekat dengan ingatan akan Semarang.

Wisata Semarang sangat beragam, bukan? Kalau kamu ke sana, cobalah kunjungi kelima destinasi di atas yang sudah terkenal dan menempel kuat sebagai ikon Semarang. Tak hanya modal hits, kamu pun akan mendapatkan pengalaman komplet, mulai dari nilai historis, religi, hingga keasrian di tengah keramaian khas kota besar. Lengkap, deh, eksplor-eksplornya!

Baca Juga: Tempat Wisata Semarang yang Romantis. Rugi Kalau Nggak ke Sini!

Latifatul Zahiroh Photo Writer Latifatul Zahiroh

A dreamer, learner, and doer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya