Comscore Tracker

Bak Negeri Dongeng, Ini 7 Potret Desa Menawan yang Ada di Jerman

Negeri dongeng di dunia nyata

Kisah negeri dongeng menjadi salah satu memori yang dimiliki oleh hampir semua orang. Terutama, mereka yang lahir di tahun 90-an, kisah seperti Cinderella atau Beauty and The Beast pasti menjadi salah satu tontonan favorit. Biasanya selain cerita romantis, kisah seperti ini hampir selalu berlatar belakang di sebuah pedesaan dengan pemandangan yang khas.

Tapi tahukah kamu, jika desa ala negeri dongeng ternyata juga ada di dunia nyata? Seperti yang dilansir dari theculturetrip.com dan travelalpas.com, terletak di Jerman siapa sangka jika dibalik kota-kota yang maju, negara ini ternyata memiliki banyak desa yang mirip dengan kisah negeri dongeng, termasuk 7 desa cantik dibawah ini!

1. Rothenburg ob der Tauber

Bak Negeri Dongeng, Ini 7 Potret Desa Menawan yang Ada di Jermaninstagram.com/travel_drops

Terletak di Bavaria, Rothenburg ob der Tauber merupakan desa paling indah yang ada di seluruh daratan Jerman. Dengan jalanan batu berliku ala abad pertengahan, rumah-rumah dan benteng tua yang penuh warna membuat desa ini terlihat seperti desa negeri dongeng di dunia nyata.

Selain dikenal dengan suasana desa, Rothenburg ob der Tauber juga dikenal sebagai tempat berbelanja perlengkapan natal. Kamu bisa menemukan banyak ornament natal cantik yang bisa dibeli di kota ini.

2. Quedlinburg

Bak Negeri Dongeng, Ini 7 Potret Desa Menawan yang Ada di Jermaninstagram.com/pilo_qlb

Masih dengan suasana abad pertengahan, Quedlinburg merupakan salah satu desa tua yang layak masuk dalam list perjalananmu. Begitu masuk ke Quedlinburg, kamu seperti tersedot ke lorong waktu kembali ke masa lalu. Bagaimana tidak, Quedlinburg memiliki banyak bangunan tua seperti St. Servatius, gereja tua yang berusia seribu tahun dan berhasil selamat dari Perang Dunia II.

Belum lagi rumah-rumah kayu penduduk setempat yang membuat suasana di Quedlinburg jadi begitu magis.

3. Dinkelsbühl

Bak Negeri Dongeng, Ini 7 Potret Desa Menawan yang Ada di Jermaninstagram.com/perfect_countries

Dibandingkan dengan desa kecil lainnya, Dinkelsbühl memang lebih sepi dari serbuan turis asing. Tapi tidak berarti desa ini tidak layak untuk dikunjungi. Entah bagaimana caranya, Dinkelsbühl yang terletak berdekatan dengan Nuremberg dan Stuttgart ini berhasil selamat dari Perang Dunia II yang juga melanda Jerman.

Tidak heran jika berkunjung ke desa ini kamu masih bisa menemukan sebuah benteng yang dibangun pada abad ke 10, juga bangunan dengan arsitektur Jerman seperti Balai Kota Tua, Menara Bauerlin, Kastil Ordo Teutonik, dan tentu saja Deutsches Haus yang dibangun pada abad ke 16. Oh, jangan lupa untuk mampir ke pasar anggur juga ya!

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Jogja Ini Cocok Buat Berlibur Bareng Keluarga

4. Meißen

Bak Negeri Dongeng, Ini 7 Potret Desa Menawan yang Ada di Jermaninstagram.com/journey.tom

Sama seperti desa lainnya, Meißen disebelah utara Dresden dipenuhi dengan bangunan berusia lebih dari seribu tahun, termasuk rumah penduduknya. Bukan hanya rumah penduduk, di Meißen kamu juga akan menemukan kastil persis seperti dalam kisah dongeng yaitu kastil Albrechtsburg dan katedral Meißen yang berada diatas bukit perkebunan anggur. Selain kastil, kamu juga bisa mampir ke pabrik porselen kuno yang terkenal.

5. Miltenberg

Bak Negeri Dongeng, Ini 7 Potret Desa Menawan yang Ada di Jermaninstagram.com/m.wald.1224

Dulunya, desa ini mendapatkan julukan sebagai desa seribu violin karena memang di desa inilah banyak tempat pembuat biola. Berkunjung ke kota ini, kamu akan menemukan banyak sekali reruntuhan bangunan yang berasal dari pemukiman warga Romawi ketika mereka datang ke Jerman.

Belum lagi rumah-rumah warga yang terbuat dari kayu, alun-alun kota, pasar, dan sungai yang membuat desa kecil ini jadi begitu mempesona.

6. Rüdesheim am Rhein

Bak Negeri Dongeng, Ini 7 Potret Desa Menawan yang Ada di Jermaninstagram.com/travelddestinations

Jika Miltenberg dikenal sebagai desa pembuat violin, maka Rüdesheim am Rhein yang berada di jalur sungai Rhine merupakan desa anggur. Sama seperti kebanyakan desa lain, Rüdesheim am Rhein memiliki banyak sekali perkebunan anggur berkualitas tinggi.

Tidak heran jika akhirnya Rüdesheim am Rhein memiliki banyak bar. Kalau kamu tidak bisa minum anggur, kamu mungkin bisa mengisi perut dengan aneka makanan Jerman di restoran tradisional. Setelah perut kenyang, jangan langsung pulang ke penginapan ya!

Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba menjelajahi kastil dan reruntuhan bangunan kuno yang ada di Rüdesheim am Rhein.

7. Bamberg

Bak Negeri Dongeng, Ini 7 Potret Desa Menawan yang Ada di Jermaninstagram.com/schnittfabrik

Last, ada desa Bamberg yang menjadi desa ala negeri dongeng yang wajib kamu datangi. Salah satu yang menarik dari desa ini adalah arsitekturnya. Saking istimewanya, Bamberg bahkan disebut-sebut sebagai pemukiman paling menarik di seantero Jerman.

Berbeda dengan desa lain, hampir semua bangunan di Bamberg adalah bangunan tua termasuk rumah penduduk yang berasal dari abad ke 11 hingga 19. Kamu bisa mencoba jalan-jalan keliling kota atau menumpang perahu menyusuri sungai yang tenang sambil melihat pemandangan kota.

Jadi, apakah kamu tertarik jalan-jalan ke desa dongeng yang ada di Jerman?

Baca Juga: 5 Desa Wisata di Jawa Tengah yang Menarik untuk Dikunjungi

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You