Comscore Tracker

6 Destinasi Wisata Murah di Malang Raya, Cocok Buat Ngabuburit!

Ada yang gratis juga lho!

Ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka memang sudah menjadi tradisi bulan Ramadan di Indonesia sejak dulu. Biasanya acara ngabuburit ini diisi dengan jalan-jalan di sekitar rumah atau olahraga ringan.

Tapi beda cerita kalau kamu tinggal di Malang. Sejak lama kota Malang dikenal sebagai gudangnya wisata. Bukan hanya wisata dengan harga tiket ratusan ribu, kota Malang juga memiliki banyak destinasi wisata murah meriah yang cocok untuk ngabuburit. Di mana aja sih?

1. Kampoeng Heritage Kajoetangan

6 Destinasi Wisata Murah di Malang Raya, Cocok Buat Ngabuburit!instagram.com/rizkigiria

Destinasi ngabuburit pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Kampoeng Heritage Kajoetangan. Dibanding dengan destinasi lain di kota Malang, Kampoeng Heritage Kajoetangan mungkin masih terdengar asing di telinga karena kampung ini baru diresmikan pada april 2018 lalu.

Dulunya Kampoeng Heritage Kajoetangan adalah pusat bisnis jaman kolonial Belanda pada tahun 1800-an. Dan meski saat ini sudah jadi perkampungan warga Malang tapi kamu masih bisa menemukan beberapa rumah peninggalan Belanda yang masih terawat dengan baik.

Selain belajar sejarah, kampung wisata ini juga memiliki banyak spot foto instagramable dan terdapat fasilitas masjid plus penjual takjil untuk berbuka puasa. Untuk bisa jalan-jalan di Kampoeng Heritage Malang, kamu hanya perlu membayar Rp. 5.000 per orang.

Harga itu sudah termasuk peta untuk keliling kampung dan postcard bernuansa vintage yang bisa jadi oleh-oleh.

Alamat: Jl. Jend. Basuki Rachmat Gg. VI, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Buka: setiap hari, 07.00 - 19.00

2. Alun-Alun Kota Batu

6 Destinasi Wisata Murah di Malang Raya, Cocok Buat Ngabuburit!instagram.com/malangchanel

Alun-alun kota biasanya memang jadi tempat favorit banyak orang untuk ngabuburit. Hal yang sama juga dilakukan oleh warga Malang yang tinggal di sekitar daerah Kota Batu. Di daerah ini terdapat sebuah alun-alun hits yang diberi nama Alun-Alun Kota Batu.

Terletak di sebuah taman tepat di pusat kota membuat alun-alun ini jadi favorit warga Malang untuk bersantai. Selain lokasi yang strategis, Alun-Alun Kota Batu juga memiliki fasilitas permainan anak termasuk bianglala yang bisa kamu coba hanya dengan membayar Rp. 3.000, sedangkan untuk b8sa masuk, Alun-Alun Kota Batu ini tidak memiliki tiket alias gratis. 

Alamat: Jl. Diponegoro, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Buka: setiap hari, 24 jam

3. Pasar Parkiran

6 Destinasi Wisata Murah di Malang Raya, Cocok Buat Ngabuburit!instagram.com/_ananda649

Mencari menu buka puasa menjadi salah satu kegiatan favorit banyak orang saat ngabuburit. Kalau kamu sedang berada di Malang, dan ingin berbuka puasa dengan aneka jajanan khas kota Malang, Pasar Parkiran bisa jadi pilihan yang tepat buat ngabuburit.

Disebut Pasar Parkiran karena dari pagi sampai siang, tempat ini merupakan tempat parkir Jatim Park. Sedangkan di malam hari, tempat ini berubah jadi pasar malam. Bukan hanya menyediakan aneka kuliner, tapi juga souvenir untuk oleh-oleh, bahkan penampilan dari musisi jalanan. Satu lagi, sama seperti pasar lainnya, Pasar Parkiran juga gratis.

Alamat: Jawa Timur Park, Jl. Sultan Agung No. 25, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Buka: setiap hari, 15.00 - 23.00

Baca Juga: 5 Restoran Jepang di Malang Ini Wajib Banget Kamu Coba

4. Alun-Alun Kota Malang

6 Destinasi Wisata Murah di Malang Raya, Cocok Buat Ngabuburit!instagram.com/yan_creator

Selain Alun-Alun Kota Batu, Malang juga memiliki satu alun-alun lain yang jadi favorit banyak orang, namanya Alun-Alun Kota Malang. Disini memang tidak memiliki bianglala, tapi bukan berarti ngabuburit di Alun-Alun Kota Malang enggak seru.

Ada banyak fasilitas disini mulai dari free wifi, jalur sepeda, dan gazebo disetiap sudut. Ditambah lagi lokasinya yang berdekatan dengan Masjid Jami' juga membuat Alun-Alun Kota Malang dilengkapi dengan shaf untuk sholat. 

Alamat: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Buka: setiap hari, 24 jam

5. Kampung Warna-Warni Jodipan

6 Destinasi Wisata Murah di Malang Raya, Cocok Buat Ngabuburit!instagram.com/hasib62

Kampung wisata lain yang bisa kamu temui di Malang adalah Kampung Warna-Warni Jodipan. Dulunya kampung yang berada di bawah rel kereta api ini hanyalah perkampungan biasa sebelum akhirnya berubah jadi kampung wisata. Sesuai dengan namanya, di Kampung Warna-Warni Jodipan setiap rumah di cat semarak dengan berbagai warna cerah.

Tidak cukup sampai di situ, dinding dan tangga di kampung juga dipenuhi dengan gambar 3D yang instagramable. Tiket masuknya murah yaitu hanya Rp. 3.000 per orang. Yang terpenting adalah, selama di sini kamu wajib menjaga kebersihan. Jadi pastikan kamu tidak membuang sampah sembarangan ya!

Alamat: Jodipan, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur

6. Masjid Tiban Turen

6 Destinasi Wisata Murah di Malang Raya, Cocok Buat Ngabuburit!instagram.com/andhy182

Kalau kamu mampir ke Malang, jangan lupa sempatkan untuk mampir dan beribadah di Masjid Tiban Turen. Selain untuk beribadah, datang ke sini kamu juga akan dibuat kagum dengan bangunannya yang megah. Yang menarik di sini ada sebuah mitos beredar jika masjid indah ini dibangun oleh pasukan jin dalam waktu semalam.

Tapi, tentu saja hal itu tidak benar karena masjid ini justru sudah dibangun sejak tahun 1978 oleh Romo Kiai Ahmad. Hanya saja pembangunannya dilakukan secara bertahap sebelum akhirnya jadi masjid yang sangat indah. Selain di bulan Ramadan, Masjid Tiban Turen ini juga ramai dikunjungi oleh turis dan jadi destinasi wisata religi.

Alamat: Jl. Anggur, Sananrejo, Kec. Turen, Malang, Jawa Timur 65175

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You