Comscore Tracker

Selain Tokyo, Ini 6 Spot Favorit untuk Hanami di Jepang

Segera booking tiket ke Jepang!

Jepang selalu identik dengan yang namanya Sakura. Tidak dipungkiri, Sakura memang menjadi salah satu daya tarik utama bukan hanya bagi wisatawan tapi juga warga lokal. Di Jepang, ada tradisi yang disebut Hanami atau melihat bunga Sakura mekar di awal bulan april.

Saat itu orang Jepang akan berkumpul di sebuah taman yang memang memiliki banyak pohon Sakura dan menggelar tikar di sana bersama keluarga atau berjalan-jalan di sekitar taman. Biasanya, kota Tokyo menjadi pilihan utama para turis.

Selain karena ibukota, di Tokyo tepatnya di Shinjuku Gyeon terdapat 1.300 pohon Sakura. Tapi Sakura bukan hanya milik Tokyo, karena kamu bisa melihat mekarnya bunga cantik ini di seluruh negeri termasuk di enam tempat ini! 

1. Himeji Castle, Himeji

Selain Tokyo, Ini 6 Spot Favorit untuk Hanami di Jepanginstagram.com/gmama_momox

Himeji Castle atau Kastil Himeji adalah salah satu kasti tertua dan terbesar di Jepang. Kastil ini juga menjadi salah satu kastil paling indah di Jepang dan jadi destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke Jepang.

Kastil Himeji makin kelihatan cantik saat musim semi di bulan April dengan kehadiran 1.000 pohon sakura di area kastil. Apalagi warna kastil yang putih akan terlihat kontras dengan kelopak dari bunga-bunga sakura yang berwarna pink. 

2. Gunung Yoshino, Prefektur Nara

Selain Tokyo, Ini 6 Spot Favorit untuk Hanami di Jepanginstagram.com/japantravelphoto

Jika menurut kamu 1.000 pohon sakura di Himeji Castle sudah menakjubkan, maka kamu wajib datang ke gunung Yoshino di Prefektur Nara. Jalan-jalan ke gunung ini di bulan April, kamu akan melihat bunga sakura dimana-mana. Enggak tanggung-tanggung, di sini terdapat 30.000 pohon sakura yang akan menyambut kedatangan kamu.

Gunung Yoshino memang menjadi salah satu tempat favorit orang Jepang untuk Hanami. Selain jalan-jalan melihat sakura, kamu juga bisa melihat beberapa kuil tua yang masih tegak berdiri.

Sedikit tips untuk kamu yang ingin berkunjung ke sini, untuk menghindari suasana yang terlalu ramai, datanglah sepagi mungkin atau kalau perlu menginap di salah satu ryokan atau penginapan yang ada di sekitar gunung. Selain suasana yang lebih tenang, kamu juga bisa melihat indahnya sakura, saat matahari terbit.

Untuk makan siang, kamu bisa memilih salah satu dari tiga pilihan yang ada. Pertama, membawa bekal sendiri. Kedua, membeli makanan di yatai atau kedai makanan dan memakannya di tempat lain, atau makan di yatai lebih awal dari jam makan siang. Ini karena saat jam makan siang, yatai atau kedai akan penuh dan antriannya akan sangat panjang.

3. Gunung Fuji, Prefektur Shizuoka

Selain Tokyo, Ini 6 Spot Favorit untuk Hanami di Jepanginstagram.com/1min.traveler

Gunung Fuji dan sakura menjadi dua ikon Jepang. Dan di bulan April, tepatnya pertengahan sampai akhir April kamu bisa melihat keduanya bersama. Selain karena salju abadi di atas puncaknya, gunung Fuji juga menjadi rumah bagi ribuan sakura yang tumbuh di sini.

Ada beberapa spot sakura yang wajib kamu datangi yaitu wilayah The Fuji Five Lakes, jika kamu datang pagi hari, pemandangan di sekitar wilayah Pagoda Chureito adalah yang terbaik. Terakhir kamu juga bisa melihat indahnya bunga pink sakura di pantai Kawaguchiko yang ada di sebelah utara. Dari pantai ini kamu bisa melihat biru dan megahnya Fuji dibingkai dengan warna pink bunga sakura. 

Baca Juga: Wajid Dikunjungi, 5 Taman Jepang Tradisional Paling Indah di Kyoto

4. The Philosopher's Path, Kyoto

Selain Tokyo, Ini 6 Spot Favorit untuk Hanami di Jepangtravel.gaijinpot.com

The Philosopher's Path adalah salah satu jalan paling indah di Jepang. Di awal April, jalan-jalan ke sini kamu bukan hanya bisa menemukan kafe, butik, dan pertokoan tapi juga barisan pohon sakura yang sedang mekar. Nama The Philosopher's Path sendiri terinspirasi dari seorang filsuf bernama Nishida Kataro yang sering menggunakan jalan ini dalam perjalanannya menuju Universitas Kyoto.

Selain melihat sakura, kamu juga bisa mengambil jalan memutar dari jalan utama untuk mengunjungi kuil Nanzenji dan spot bunga sakura di Keage Ichilan sebelum melihat aneka karya manga yang dipamerkan di Manga Museum. 

5. Hirosaki Castle, Hirosaki

Selain Tokyo, Ini 6 Spot Favorit untuk Hanami di Jepanginstagram.com/voyapon

Sakura biasanya mekar di awal April, tapi jangan khawatir karena kamu tetap bisa melihat bunga cantik ini mekar di Hirosaki Castle atau kastil Hirosaki yang ada di sebelah utara pulau Honshu. Di sini bunga sakura tumbuh lebih lambat dan mekar lebih lambat dari lokasi lain di Jepang.

Namun jangan salah, pemandangan di Hirosaki Castle enggak akan pernah mengecewakan karena begitu datang kamu akan disambut oleh 2.500 pohon sakura yang membentuk terowongan berwarna pink dan membuat suasana terasa begitu romantis. Jangan lupa menyewa perahu kecil, dan piknik di area ini. Waktu terbaik untuk datang ke Hirosaki Castle adalah dari tanggal 23 April sampai 5 Mei karena selain melihat sakura, kamu juga bisa menyaksikan Festival Bunga Sakura Hirosaki.

6. Shinjuku Gyeon, Tokyo

Selain Tokyo, Ini 6 Spot Favorit untuk Hanami di Jepangtripjepang.co.id

Kalau kamu ke Jepang tapi enggak punya waktu untuk pergi terlalu jauh dari Tokyo, maka kamu bisa menikmati sakura di Shinjuku Gyeon yang ada di kota Tokyo. Shinjuku Gyeon adalah salah satu taman paling indah yang ada di Jepang.

Beda dengan taman lain yang "sangat Jepang", taman ini justru didesain seperti taman yang ada di Inggris. Tenang, di awal April kamu akan tetap bisa merasakan suasana yang "sangat Jepang" dengan kehadiran 1.300 pohon sakura yang sedang mekar. Enggak heran kalau akhirnya taman ini jadi spot favorit warga Tokyo untuk Hanami.

Kapan nih liburan ke Jepang, dijamin gak rugi deh!

Baca Juga: Hemat Budget, 10 Tempat Wisata Gratis di Jepang Ini Wajib Dikunjungi

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You