Comscore Tracker

5 Wisata Hutan di Jawa Timur, Ada yang Terkenal Angker!

Kamu berani liburan ke hutan-hutan ini?

Selama ini, hutan selalu identik sebagai sarang hewan buas atau tempat angker. Memang mayoritas hutan di dunia menjadi rumah bagi banyak hewan buas. Ditambah saat malam tiba, suasana hutan yang gelap dan sunyi bisa membuat siapa pun ketakutan.

Namun, gak semua hutan selalu seram, kok. Di Jawa Timur, misalnya, banyak hutan yang justru ramai dikunjungi wisatawan karena pemandangannya yang cantik.

1. Hutan Alas Purwo 

5 Wisata Hutan di Jawa Timur, Ada yang Terkenal Angker!gambar hutan Alas Purwo (instagram.com/krista_vidi)

Terletak di  Banyuwangi, Alas Purwo merupakan hutan di Pulau Jawa yang terkenal dengan kisah mistisnya. Terlepas dari kisah-kisah seram, Alas Purwo tetap layak untuk dikunjungi.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan di hutan bambu, menyaksikan kehidupan para hewan liar di Savana Sadengan dari menara pandang, menikmati indahnya sunset di Pantai Triangulasi, hingga mengeksplorasi beberapa gua.

Lokasi: Kalipait, Tegaldlimo, Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Harga: Rp10.000-225.000

2. Hutan De Djawatan 

5 Wisata Hutan di Jawa Timur, Ada yang Terkenal Angker!gambar hutan De Djawatan (instagram.com/albertuspamungkas)

Sempat viral beberapa waktu lalu, Hutan De Djawatan memiliki pemandangan yang gak biasa. Pasalnya, kalau pohon-pohon di hutan lain terkesan seram, pepohonan di Hutan De Djawatan justru sangat Instagramable.

Selain berburu foto bagus, pengunjung juga bisa berkeliling hutan menggunakan kuda, delman, atau berjalan kaki. Tenang, di hutan ini kamu gak akan tersesat, karena jalan setapaknya sangat jelas.

Lokasi: Purwosari, Benculuk, Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp7.500

3. Hutan Pinus Gemaharjo 

5 Wisata Hutan di Jawa Timur, Ada yang Terkenal Angker!gambar hutan pinus Gemaharjo (instagram.com/nanasgrafi)

Dari Banyuwangi, sekarang kita berkunjung ke Hutan Pinus Gemaharjo yang ada di Pacitan. Bisa dibilang, hutan ini adalah salah satu destinasi wisata favorit warga kota.

Bukan hanya bisa mendapatkan foto keren, kamu juga dapat menikmati indahnya hutan dengan pohon pinus yang tinggi menjulang dari gardu pandang. Lelah jalan-jalan, kamu bisa bersantai di hammock dengan suasana yang damai dan sejuk.

Lokasi: Kaligondang, Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp2.000

Baca Juga: 10 Fakta tentang Hutan Aokigahara, Hutan Paling Menyeramkan di Jepang

4. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong 

5 Wisata Hutan di Jawa Timur, Ada yang Terkenal Angker!gambar hutan mangrove Pancer Cengkrong (instagram.com/mazkebo_nagano)

Dari hutan pinus, sekarang kita beralih ke hutan mangrove. Tepatnya di Trenggalek, ada satu hutan mangrove yang hits banget di kalangan warga lokal. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong namanya.

Di hutan ini, kamu bisa belajar berbagai jenis tanaman mangrove sambil menikmati pemandangan. Biar gak tersesat, di hutan ini juga sudah dibangun jembatan untuk mengelilingi hutan. Kalau gak mau jalan kaki, kamu bisa menyewa perahu.

Lokasi: Jalan Pantai Cengkrong, Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB

Harga: Rp5.000

5. Goa Pinus Pujon 

5 Wisata Hutan di Jawa Timur, Ada yang Terkenal Angker!gambar goa pinus Pujon (instagram.com/anandaavinoo)

Kalau kebanyakan hutan digunakan untuk konservasi, hutan pinus di Pujon justru jadi destinasi wisata favorit warga Kota Malang dan sekitarnya. Keindahannya bikin wisatawan terpukau.

Di hutan ini, kamu bukan hanya bisa jalan-jalan di hutan pinus, tetapi juga mencoba berbagai aktivitas seru. Kamu dapat mengeksplorasi gua, menikmati pemandangan di ketinggian dari gardu pandang, mengunjungi rumah adat Papua, hingga berfoto di perahu tepi jurang. 

Lokasi: Gang Mbah Ba'i, Gunungsari, Bumiaji, Batu, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.30 WIB

Harga: Rp10.000

Banyak hutan memang terkesan menyeramkan, tetapi gak semuanya begitu. Kelima hutan di Jawa Timur ini contohnya. Selain dikunjungi, beberapa hutan, seperti Alas Purwo, memperbolehkan pengunjung untuk berkemah, lho.

Baca Juga: 10 Pesona De Djawatan Forest Banyuwangi bak Hutan Magis Fangorn!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya