Comscore Tracker

5 Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia, Suasananya Bikin Hati Adem

Gak cuma jalan-jalan atau foto doang, lho!

Mengunjungi kebun teh bisa jadi salah satu wisata terbaik buat kamu yang lagi pengin healing. Mengingat kebun teh biasanya berada di dataran tinggi, suhunya pun jadi lebih sejuk ketimbang wilayah perkotaan.

Belum lagi hamparan perkebunan hijau sejauh mata memandang yang membuat suasana di kebun teh selalu menyenangkan. Perkebunan teh sendiri sebenarnya banyak dijumpai di Indonesia, beberapa di antaranya bahkan dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

1. Kebun Teh Gunung Mas, Bogor

5 Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia, Suasananya Bikin Hati Ademgambar pemandangan di kebun teh Gunung Mas (instagram.com/bogoroffroadadventure)

Kalau warga Jabodetabek, kamu pasti sudah gak asing sama kebun teh satu ini. Terletak di daerah Puncak Cisarua, Kebun Teh Gunung Mas ini memang sering jadi tempat healing favorit warga Jakarta dan sekitarnya.

Di sini, pengunjung bisa jalan-jalan santai berkeliling kebun teh ditemani seorang pemandu. Selain berkeliling, ada sejumlah aktivitas lain yang siap menanti, mulai dari outbound, berenang, terbang layang, sampai berkunjung ke pabrik teh. Kamu bisa melihat langsung proses pengolahan teh.

Lokasi: Jalan Raya Puncak Gadog KM. 87, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Harga: Rp25-30 ribu

2. Kebun Teh Kayu Aro, Jambi

5 Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia, Suasananya Bikin Hati Ademgambar pemandangan di kebun teh Kayu Aro (instagram.com/ricoyuliyanto)

Dibandingkan Kebun Teh Gunung Mas, kebun teh Kayu Aro ini memang masih belum terlalu dikenal. Namun, kamu tahu gak kalau perkebunan ini merupakan kebun teh tertinggi kedua di dunia dan terluas di Indonesia dengan luas sebesar 2.500 hektare?

Sama seperti kebun teh lainnya, kamu bisa menikmati keindahan perkebunan teh yang memanjakan mata beelatar Gunung Kerinci. Kamu juga bisa melihat proses pengolahan teh. Gak tanggung-tanggung, kualitas teh di sini adalah salah satu yang terbaik di dunia, lho!

Lokasi: Giri Mulyo, Kec. Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB

Harga: Rp5 ribu

3. Kebun Teh Rancabali, Bandung

5 Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia, Suasananya Bikin Hati Ademgambar pemandangan di kebun teh Rancabali (instagram.com/pesona.indonesia)

Dari Jambi, kita main-main ke Kebun Teh Rancabali di Ciwidey, Bandung. Sudah ada sejak 1870, Kebun Teh Rancabali salah satu penghasil teh terbaik di Indonesia. Buat kamu yang mau berkunjung, disarankan untuk datang pagi-pagi.

Meski suhunya sangat dingin, tetapi kamu memiliki kesempatan untuk melihat para pekerja memetik teh. Puas menjelajah, kamu bisa menikmati aneka minuman hangat, seperti bandrek, di penjual pinggir jalan atau restoran.

Lokasi: Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Harga: gratis

Baca Juga: 9 Potret Kebun Teh Kertamanah, Kebun Teh Menakjubkan di Pangalengan

4. Kebun Teh Wonosari, Malang

5 Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia, Suasananya Bikin Hati Ademgambar pemandangan di kebun teh Wonosari (instagram.com/ainunnajib.mlg)

Kalau Bandung punya Ciwidey, di Jawa Timur ada Kebun Teh Wonosari yang berada di Lawang. Kebun teh satu ini istimewa banget, terutama dari segi fasilitasnya.

Pasalnya, kebun teh ini gak cuma menyediakan wisata perkebunan dan edukasi seputar proses pengolahan teh, tetapi juga dilengkapi aneka wahana permainan, seperti flyingfox, ATV,spot selfie, paint ball, cottage untuk pengunjung yang menginap, bahkan kolam air hangat untuk relaksasi.

Lokasi: Toyomarto Lawang, Singosari, Malang, Jawa Timur, Indonesia

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB

Harga: Rp15-60 ribu 

5. Kebun Teh Tambi, Wonosobo

5 Wisata Kebun Teh Terbaik di Indonesia, Suasananya Bikin Hati Ademgambar pemandangan di kebun teh Tambi (instagram.com/faridhoef_)

Selama ini, Dieng dikenal dengan momen golden sunrise yang luar biasa. Namun, kamu tahu gak kalau Dieng juga punya wisata kebun teh dengan suasana yang asri?

Dikelilingi oleh bukit dan pegunungan, di Kebun Teh Tambi ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru. Ada tea walk bersama guide berpengalaman, bersepeda mengelilingi perkebunan, mencoba wahana, hingga piknik bersama keluarga. 

Lokasi: Tegalrejo, Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 07.30-18.00 WIB

Harga: Rp10 ribu

Buat kamu yang terbiasa hidup di perkotaan, wisata kebun teh ini bisa jadi salah satu tempat mengasingkan diri yang baik. Selain suhunya yang sejuk dan pemandangannya yang indah, suasana di perkebunan teh sukses lunturkan rasa penat.

Baca Juga: 9 Potret Kebun Teh Sidamanik di Sumatera Utara, Bikin Terpana

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya