Comscore Tracker

Selain Everest, 6 Wisata Keren di Nepal yang Wajib Dikunjungi 

Jadi kapan kamu mau ke Nepal?

Nepal menjadi negara yang wajib dikunjungi oleh para pencinta gunung. Bukan rahasia lagi, Nepal menjadi rumah bagi salah satu gunung tertinggi dunia yaitu gunung Everest. Bagi para pencinta gunung, naik hingga ke puncak gunung tertinggi dunia adalah tantangan yang harus ditaklukkan.

Tapi Nepal bukan hanya ada Everest. Negara tetangga India ini juga dikenal karena keindahan alamnya. Ada banyak destinasi wisata di Nepal yang bisa kamu kunjungi, termasuk enam tempat di bawah ini!

1. Lumbini

Selain Everest, 6 Wisata Keren di Nepal yang Wajib Dikunjungi instagram.com/style__nepal

Lumbini sebenarnya merupakan sebuah kota di barat kota Nepal dan berbatasan dengan India. Di kota inilah menurut para arkeolog, Siddhartha Gautama lahir pada tahun 623 SM di sebuah taman yang kini sudah berubah menjadi kuil Maya Devi.

Kebanyakan turis yang datang adalah para peziarah agama buddha dari seluruh dunia yang ingin menelusuri jejak kaki Sang Budha dengan melihat proses kelahirannya melalui relief batu yang ada di dinding kuil Maya Devi. Selain kuil tempat kelahiran Budha, Lumbini juga dipenuhi oleh biara, kolam keramat, pusat meditasi, dan fasilitas budaya agama budha.

2. Chitwan Nasional Park

Selain Everest, 6 Wisata Keren di Nepal yang Wajib Dikunjungi instagram.com/derrickrobinson_

Didirikan pada tahun 1973, Chitwan Nasional Park adalah taman nasional paling populer di Nepal sekaligus menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Alasannya, karena tempat ini mudah diakses dan lokasinya dekat dengan kota Kathmandu.

Alasan lain kenapa tempat ini begitu populer karena taman nasional ini adalah rumah bagi burung, buaya, rusa, gajah, dan beberapa hewan langka seperti harimau bengala dan badak bercula satu yang jumlahnya hanya 600 ekor. 

Selain mengunjungi satwa liar di habitat aslinya, Chitwan Nasional Park juga memiliki kegiatan yang menyenangkan untuk dicoba seperti arung jeram, atau safari jib mengelilingi taman nasional.

3. Janakpur

Selain Everest, 6 Wisata Keren di Nepal yang Wajib Dikunjungi instagram.com/missitusha

Ribuan tahun yang lalu, Janakpur dulunya adalah ibukota bagi kerajaan India kuno dan dikenal dengan nama Mithila. Kini, kota Janakpur dikenal dengan kolam-kolam keramatnya. Di kota Janakpur juga terdapat Janakpur Mandir, kuil suci bagi agama hindu.

Penganut hindu percaya, di kuil inilah Rama menikahi Sinta. Selain menjadi pusat ziarah keagamaan, Janakpur adalah kota budaya. Kamu bisa menemukan lukisan warna-warni di kertas, tekstil, dan tembikar yang dibuat langsung oleh perempuan pengrajin dari komunitas Maithila.

Baca Juga: Ingin Liburan ke Nepal? Ini 9 Fakta Menarik yang Wajib Kamu Pahami

4. Kathmandu

Selain Everest, 6 Wisata Keren di Nepal yang Wajib Dikunjungi instagram.com/luzala_

Ibukota Nepal, Kathmandu juga punya pesona yang tidak kalah dari kota lain disekitarnya. Kota ini penuh dengan situs warisan budaya UNESCO berupa kuil tertua dan terpenting bagi mereka yang menyembah Dewa Siwa.

Terdapat juga lembah-lembah dan pameran karya seni berupa ukiran kayu, batu dan logam kuno. Yang menarik, kota ini juga adalah tempat tinggal bagi 1 juta lebih penduduk Nepal. Berkunjung kesini, kamu akan disambut keramaian layaknya kota besar dengan latar belakang kuil suci dan aroma dupa dimana-mana.

5. Pokhara

Selain Everest, 6 Wisata Keren di Nepal yang Wajib Dikunjungi onthegotours.com

Pokhara adalah kota kedua terbesar di Nepal. Beda dengan Kathmandu yang sarat akan keramaian, Pokhara justru  merupakan kota dengan pemandangan indah. Perbukitan memenuhi hampir seluruh wilayahnya lengkap dengan danau-danau yang tenang.

Udaranya pun jauh lebih bersih dibandingkan dengan Kathmandu. Kota ini biasanya jadi tempat istirahat dan menginap para pendaki. Ada banyak hotel mewah, restoran, bar, bahkan toko souvenir.

6. Annapurna Base Camp Trek

Selain Everest, 6 Wisata Keren di Nepal yang Wajib Dikunjungi instagram.com/himalayan_gateway_trek

Annapurna Base Camp Trek adalah salah satu rek legendaris terbaik di dunia. Kamu punya kesempatan untuk menjelajahi desa khas Nepal dan mempelajari bagaimana kehidupan mereka sehari-hari.

Memandangi hutan Rhododendron yang rimbun, dan hutan-hutan lain sebelum akhirnya mencapai Annapurna Base Camp Trek di ketinggian 4130 meter. Selain itu, kamu juga bisa menikmati sepotong pie apel dan secangkir teh di beberapa kedai teh yang ada di Annapurna.

Cantik-cantik ya wisata di Nepal ini!

Baca Juga: Inilah 5 Hal yang Bikin Nepal Jadi Destinasi Tepat untuk Traveler

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You