Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Alami yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke Solok

#ANGPOIN Stres hilang seketika!

Solok adalah salah satu Kabupaten yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat, jarak tempuh dari Kota Padang menuju Solok membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Solok adalah salah satu daerah yang memiliki potensi luar biasa dalam sektor pariwisata karena memiliki kekayaan alam berupa pemandangan alam yang indah dan asri.

Selain itu, Solok sejak dahulunya  juga mendapat sebutan lumbung beras provinsi Sumatera Barat karena merupakan penghasil beras terbaik yaitu “beras Solok”. Yuk, simak destinasi tempat wisata  memesona yang ada di Solok dan sekitarnya.

1. Danau Singkarak

5 Destinasi Wisata Alami yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke Solokhistori.id

Danau  ini merupakan danau terluas kedua di indonesia setelah Danau Toba. Danau ini terbentang luas sepanjang perjalanan. Tak hanya keindahan danau yang berwarna biru, kamu juga akan menikmati pemandangan bukit yang mengelilingi danau tersebut.

Tentu saja kuliner khas yang lezat dan gurih yang satu-satunya cuma ada di sini yang sering disebut “ikan bilih” juga wajib kamu cicipi saat ke sini!

2. Danau Kembar: Danau di Ateh dan Danau di Bawah

5 Destinasi Wisata Alami yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke Solokkamerabudaya.com

Danau di Ateh dan Danau di Bawah ini sering disebut sebagai danau kembar karena kemiripan kondisi alam. Danau di Ateh maksudnya adalah danau yang berada di atas sedangkan danau di bawah adalah danau yang berada di bawah.

Lokasi wisata ini memiliki jarak sekitar 65 km dari Kota Padang, tepatnya di Nagari Alahan Panjang. Kedua danau ini memiliki letak terpisah yang berjarak sekitar 300 meter. Dari kejauhan akan nampak lukisan alam terhampar indah dari dua danau jernih ini.

Baca Juga: Tak Biasa, 6 Desa Wisata Unik di Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Kunjung

3. Kebun teh

5 Destinasi Wisata Alami yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke SolokXplora.id/

Tidak jauh dari Danau Kembar, di daerah ini juga terdapat kebun teh yang memukau di sepanjang perjalanan. Di sini kita akan menyaksikan hamparan hijau luas terusun rapi dan menyejukkan mata dengan udaranya yang begitu sejuk.

Jika kamu ke sini dijamin kamu akan betah berlama-lama untuk menikmati indahnya kebun teh apalagi untuk ber-selfie ria. Suasana alaminya membuat pikiran lebih tenang dan rileks, lho!

4. Air Terjun Kembar

5 Destinasi Wisata Alami yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke Soloka-pradana.net

Meski sudah populer dan dikunjungi banyak orang, tapi Air Terjun Kembar tetap menampilkan sisi alami dengan pepohonan rindang dan rerumputan hijau. Belum lagi, udara sejuk berhembus memberikan kesegaran tersendiri.

Dari Kantor Bupati Solok Selatan, perjalanan ke sini cukup menempuh jarak 5 km. Setelah sampai di tempat parkir, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 5 menit. Kamu bisa mandi tepat di bawah air terjun atau bermain air di aliran sungainya. 

5. Nagari 1000 Rumah Gadang

5 Destinasi Wisata Alami yang Wajib Kamu Kunjungi Jika ke Soloksaribundo.biz

Sesuai namanya, di sini kita akan menemui sejumlah rumah gadang dengan seni arsitekturnya yang mengagumkan. Daerah ini tepat dikatakan sebagai pusat kebudayaan Minangkabau karena ratusan rumah gadang tradisional berdiri kokoh yang jika dihitung sekitar 174 rumah gadang dengan berbagai model.

Wisata budaya ini akan sangat mengasyikkan lho! Selain bisa melihat ratusan rumah gadang yang membuat kita serasa berada di perkampungan Minangkabau zaman dahulu, kita juga akan dimanjakan dengan kuliner khas ranah Minang. Ditambah lagi adanya atraksi tarian tradisional.

Jadi, jika kamu lagi liburan atau cuti, jangan lupa kunjungi daerah Sumatera Barat, ya! Khususnya Solok, karena kapan lagi kamu akan menikmati suasana ternyaman, natural dan asri kalau bukan di sini salah satunya.

Baca Juga: 8 Wisata Puncak di Sumatera Barat Ini Tawarkan Pemandangan Indah

Lathifah. B Photo Verified Writer Lathifah. B

Jika lisan tak cukup mewakilkan, biarkan pena yang bicara lewat tulisan. Menulislah demi menebar manfaat!☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya