Comscore Tracker

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022

Tak perlu ke luar negeri, Papua juga menyimpan alam yang indah!

Papua merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia dengan keindahan alam yang tak kalah menarik dari negara-negara lain. Deretan gunung, pulau, lembah, danau, dan air terjun dengan pemandangan yang menawan serta memesona menjadikan Papua dijuluki dengan 'Tanah Mutiara Hitam'. 

Dengan banyaknya keragaman alam yang melimpah, Papua gak kalah indahnya dengan alam di luar negeri. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, kamu bisa meluncur ke Papua untuk menikmati alam yang indah. Berikut destinasi wisata alam di Papua yang wajib kamu kunjungi pada tahun 2022. 

1. Air Terjun Karmon

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022air terjun karmon (instagram.com/carlla_lala)

Berlokasi di Karmon, Yawosi, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Air terjun ini terletak di antara lebatnya hutan Biak Utara. Harga tiket menuju tempat ini sungguh murah yakni hanya seribu rupiah.

Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 20 meter. Tebingnya yang tinggi dan lebar seolah-olah menjadikan air terjun memayungi pengunjung yang sedang berendam.

2. Danau Sentani

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022danau sentani (instagram.com/mawanddermawan_)

Danau Sentani berada di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Aktivitas yang bisa dilakukan seperti menjelajahi danau ini dengan menggunakan kapal motor. Harga tiket masuk seharga Rp10 ribu per orang.

Pengunjung dapat menikmati matahari sunrise dan sunset di Danau Sentani. Di sekitar danau ini terdapat 21 buah pulau kecil dengan perbukitan hijau yang memanjakan mata. 

3. Pantai Samber

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022pantai samber (instagram.com/beatifulbiak)

Berada di kampung Distrik, Aimando Padaido, Kabupaten Biak Numfor Papua. Pemandangan pantai yang indah dengan air laut jernih, pasir pantai yang putih dan deretan pepohonan hijau ini membuat suasana pikiran menjadi tenang.

Di pantai ini pengunjung bisa berenang bebas di laut lepas. Pantai ini cocok dikunjungi sambil menikmati hembusan angin laut saat sore hari. Untuk tiket masuk seharga Rp10 ribu.

4. Taman Nasional Lorentz

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022taman nasional lorentz (instagram.com/asrialdilaputri)

Taman nasional ini memiliki luas sebesar 2.505.600 hektare. Membuat taman ini menempati wilayah di berbagai kabupaten yakni Jayawijaya, Kabupaten Mimika, Kabupaten Asmat, Kabupaten Yahukimo dan Kabupaten Puncak Jaya di Provinsi Papua, Indonesia. Ciri khas fauna dari taman nasional ini adalah cenderawasih, babi duri, kuskus, kasuari dan puyuh salju.

Taman ini membentang dari puncak Pegunungan Cartenz di utara hingga ke batas tepi laut Arafura di selatan. Untuk menikmati wisata ini, harga tiket masuknya adalah Rp20 ribu per orang.

Baca Juga: 9 Potret Pantai Anggopi, Wisata Eksotis dan Menakjubkan di Biak Papua

5. Bukit Jokowi

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022bukit jokowi (instagram.com/fendyhalim2002)

Bukit ini terletak di Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. Dari bukit ini pengunjung dapat melihat pemandangan Jembatan Merah Kota Jayapura yang megah.

Keindahan alam teluk dan perbukitan di sekitarnya sungguh sangat memanjakan mata. Untuk harga tiket masuk tidak dikenai biaya alias gratis, lho! Wah, kapan lagi menikmati alam sembari berswafoto tanpa harus mengeluarkan rupiah? Yuk, langsung mampir!

6. Danau Habema

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022danau habema (instagram.com/adventureideas)

Terletak di kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit di antara dataran pegunungan yang indah. Untuk tiket masuk gratis.

Pemandangan pegunungan yang diselimuti salju dan kabut membuat danau ini memiliki suhu yang sangat dingin, sebaiknya pengunjung membawa jaket yang tebal.

7. Pantai Base G

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022pantai base G (instagram.com/ayodolan)

Berlokasi di Desa Tanjung Ria, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura Papua.  Tiket masuk untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp5 ribu dan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif Rp10 ribu.

Pantai ini memiliki ombak yang lebih besar dari pantai-pantai lain karena langsung berhadapan dengan Samudera Pasifik. Pemandangan alam dari pantai yang di kelilingi pepohonan hijau sangat mengagumkan dan memesona. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah berenang, menyewa perahu, memancing ataupun menyelam.

8. Telaga Emfote

8 Wisata Alam di Papua yang Wajib Dikunjungi Tahun 2022telaga emfote (iwanvanwilan/instagram.com)

Berada di wilayah Kampuang Puai, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Danau ini lokasinya tidak jauh dari Danau Sentani. Terkenal dengan sebutan 'Danau Love' karena berbentuk menyerupai hati. Untuk harga tiketnya, kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp20 ribu.

Perjalanan untuk menuju telaga ini membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang ekstra. Namun terbayar dengan pemandangan perbukitan dan ladang rumput yang hijau.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati pemandangan alam, kamu bisa menikmatinya di negeri sendiri salah satunya adalah Papua. Buruan, tunggu apalagi, segera jadwalkan liburanmu ke Papua, ya!

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Teratas di Port Moresby, Papua Nugini, Asyik Banget!

siti nurul luluul habibah Photo Verified Writer siti nurul luluul habibah

Fighting!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya