Comscore Tracker

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib Dikunjungi

Pamerkan karya seni tradisional dan modern

Korea Selatan yang dikenal dengan julukan Negeri Gingseng ternyata memiliki museum-museum yang unik dan indah. Mereka memamerkan warisan budaya leluhur dari berbagai periode yang masih terpelihara hingga kini. Selain itu, beberapa museum juga berfokus menyuguhkan karya seni modern dan kontemporer dilengkapi dengan kecanggihan teknologi yang siap memukau setiap pengunjung.

Jika kamu seorang pecinta sejarah dan penikmat karya seni, kamu dapat berkunjung ke berbagai lokasi tersebut untuk menyaksikan beragam koleksi mereka. Berikut ini delapan rekomendasi museum terbaik yang harus kamu kunjungi saat berada di Seoul, Korea Selatan.

1.  The National Museum of Korea

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib DikunjungiNational Museum of Korea (instagram.com/gukppong)

Museum Nasional Korea yang terletak di kawasan Yongsan ini sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Terdiri dari tiga lantai, museum ini menampung lebih dari 200.000 koleksi. Di lantai pertama, kamu bisa melihat karya seni dan arkeologi yang berasal dari sejarah awal Korea.

Lalu di lantai kedua, dipamerkan lukisan dan kaligrafi yang disumbangkan oleh kolektor pribadi. Kemudian lantai tiga kamu dapat menyaksikan karya seni Asia lainnya seperti keramik dan patung Budha. Karena terdapat penawaran aktivitas gratis, museum ini ramai dikunjungi orang-orang saat akhir pekan. 

2. Leeum Samsung Museun of Art

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib Dikunjungipotret Leeum Museum of Art (instagram.com/leeummuseumofart)

Leeum Samsung Museun of Art Resmi dibuka pada tahun 2004. Museum tersebut dikelola oleh Samsung Foundation of Culture. Museum yang dirancang oleh para arsitek internasional itu memiliki jumlah karya seni sekitar 15.000 lebih.

Beragam karya seni tradisonal dan kontemporer yang dibuat baik oleh seniman Korea Selatan maupun internasional dipamerkan di musem ini. Desain bangunan musem terdiri dari dua bagian yakni musem satu yang didominasi oleh karya seni tradisional Korea seperti Kramik, lukisan, dan ornament sedangkan musem dua memiliki koleksi seni modern dan kontemporer. 

3. National Palace Museum of Korea

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib Dikunjungipotret National Palace Museum Korea (instagram.com/_eaaasytofind)

Museum Istana Nasional ini berlokasi di dalam Istana Gyeongbokgung yang dibangun oleh Dinasti Joseon. Di museum tersebut setidaknya ada lebih dari 40.000 artefak yang dipamerkan. Koleksi museum meliputi ilmu pengetahuan, arsitektur, budaya, seni, dan musik yang berasal dari periode Joseon.

Di tempat ini, pengunjung yang tertarik dengan tradisi Korea Selatan akan mendapatkan museum ini sangat informatif sekaligus menghibur. Sementara itu, bagi pengunjung asing dapat mengikuti pameran khusus untuk penutur bahasa Inggris. 

4. National Museum of Modern and Contemporary Art

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib Dikunjungipotret MMCA (instagram.com/mmcakorea)

Berdeda dengan museum lain yang berfokus pada gaya hidup dan budaya di masa lalu, museum ini justru memamerkan karya seni Korea modern dan kontemporer. Mereka mempunyai koleksi seni kontemporer dari bidang seni, sains, dan humaniora.

Setiap hari Rabu, museum tersebut menawarkan tiket masuk gratis kepada pengunjung sehingga mereka dapat menikmati keindahan museum tanpa mengkhawatirkan harga tiket. Sambil melihat karya seni, kamu juga bisa membeli souvenir di toko untuk mengakhiri kunjunganmu. 

5. Telecom Ubiquitous Museum

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib Dikunjungipotret Telecom Ubiquitous Museum (instagram.com/yeeeon_00)

Museum yang berfokus pada teknologi Korea dan perkembangannya ini terletak di menara T di Distrik Euljiro, Seoul. Telecom Ubiquitous ini menjadi salah satu museum luar biasa yang ramai disambangi pengunjung. Setiap orang yang berkunjung ke museum canggih ini akan diberikan smartphone yang akan memberikan akses ke setiap pameran. Kunjungan ke museum ini akan sangat menarik karena dipenuhi dengan teknologi. 

6. National Folk Museum of Korea

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib Dikunjungipotret National Folk Museum (instagram.com/tparktamara)

Terletak di halaman Istana Gyeongbokgung, National Folk Museum of Korea menyuguhkan pameran untuk para penggemar budaya dan sejarah Korea. Pameran museum berfokus pada gaya hidup orang Korea dari masa prasejarah yang tradisional hingga saat ini. Pengunjung akan terhanyut ke dalam sejarah dan masa lalu Korea sambil menyaksikan lebih dari 98.000 artefak yang dipamerkan. 

7. Trick Eye Museum Seoul

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib Dikunjungipotret Trick Eye Museum (instagram.com/trickeyemuseum)

Tempat menarik berikutnya yaitu Trick eye Museum yang memiliki konsep unik dengan memadukan budaya dan hiburan. Tempat ini sangat cocok dikunjungi oleh orang Baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Pengunjung akan diajak menjelajahi lukisan dan instalasi ilusi optik 3D. di musem ini, mereka mengubah lukisan dua dimensi menjadi gambar tiga dimensi menggunakan ilusi optik. Oleh karenanya, museum ini sangat cocok untuk kamu yang gemar berfoto. 

8. Pulmuone Kimchi Museum

8 Museum Teknologi dan Budaya Terbaik di Seoul yang Wajib Dikunjungiilustrasi kimchi (instagram.com/musuemkimchikan)

Bagi kamu pecinta makanan dan tertarik mempelajari masakan Korea termasuk Kimchi, museum ini wajib masuk daftar kunjungan. Terletak di Gangnamgu, museum ini didedikasikan sebagai platform untuk mempromosikan kimchi kepada penduduk lokal dan asing. Kimchi merupakan hidangan fermentasi yang terbuat dari kubis dan lobak yang ditambahkan dengan rempah-rempah seperti pasta cabai merah, bawang putih, dan sebagainya. 

Itulah deretan museum terbaik yang wajib kamu kunjungi saat mengunjungi Kota Seoul. Bagaimana, adakah salah satu museum yang paling membuatmu penasaran? 

Baca Juga: 7 Fakta Museum Louvre, Museum Terpopuler di Dunia yang Berhantu

Lusi Parhani Photo Verified Writer Lusi Parhani

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya