Danau Laet Sanggau Kalbar: Lokasi, Harga, dan Daya Tarik

Hidden gem di Sanggau yang indah

Kalau sedang berkunjung ke Kalimantan Barat, destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi adalah Danau Laet di Kabupaten Sanggau. Meskipun belum banyak orang tahu, tetapi danau ini menjadi destinasi wisata unggulan di Kalimantan Barat.

Tak hanya airnya yang jernih, panorana alam Danau Laet begitu memukau. Di tenga danau akan terlihat Gunung Tiong Kandang yang indah. Di sini kamu juga bisa berkeliling di pulau-pulau kecil yang ada di sekitar danau.

Kalau tertarik berkunjung, informasi wisata Danau Laer di Kalimantan Barat ini bisa kamu jadikan panduan liburan. Jangan sampai kamu melewatkan wisata alam indah ini, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Bukit Batu Daya, Tebing Raksasa di Tengah Hutan Kalbar

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Danau Laet Sanggau Kalbar: Lokasi, Harga, dan Daya Tarikpotret Danau Laet (instagram.com/danaulaet)

Lokasi: Desa Subah, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00—17.00 WIB.

Harga: Rp20 ribu.

2. Rute menuju Danau Laet

Danau Laet Sanggau Kalbar: Lokasi, Harga, dan Daya Tarikpotret senja di Danau Laet (instagram.com/danaulaet)

Tak terlalu sulit untuk menuju ke Danau Laet. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Namun, sebaiknya datang ke danau ini saat cuaca bagus. Sebab, jalan menuju danau ini masih ada yang belum diaspal.

Jika dari Kota Pontianak, Danau Laet berjarak sekitar 80 km yang bisa kamu tempuh selama 1,5 jam. Kamu bisa mengambil rute ke arah Tayan. Kemudian, dari simpang Jalan Pontianak—Tayan atau simpang Rumah Makan Pak Kimleng, masuk ke dalam sekitar 4 km menuju ke Danau Laet.

3. Daya tarik Danau Laet

Danau Laet Sanggau Kalbar: Lokasi, Harga, dan Daya Tarikpotret Danau Laet (instagram.com/Henry Ansyah)

Danau Laet luasnya mencapai sekitar 700 hektare. Sedangkan kedalamannya diperkirakan mencapai 4,5 meter. Keindahan danau ini sangat memikat. Saking luasnya, bahkan danau ini dianggap sebagai miniaturnya Danau Sentarum, yakni danau terbesar di Kalimantan. 

Di Danau Laet, kamu akan melihat keindahan Gunung Tiong Kandang yang ada di tengah-tengah danau. Ada pula 12 pulau kecil di tengah danau yang memanjakan mata. Lima di antara pulau-pulau itu adalah Pulau Ambos, Songe, Penyaok, Nyetnyet, dan Lambung. Kamu bisa berkeliling ke pulau-pulau tersebut dengan menyewa perahu atau speedboat.

Tak hanya indah, air di Danau Laet juga jernih. Berbagai jenis ikan hidup dan berkeliaran di Danau Laet, mulai dari ikan tawar, ikan toman, ikan biawan, gabus, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang suka memancing, sangat cocok berburu ikan di Danau Laet. 

Kalau lebih suka suasana damai sambil menikmati keindahan Danau Laet dengan nyaman, di sini terdapat banyak penginapan yang bisa kamu singgahi. Selain menikmati pesona Danau Laet saat siang hari, kamu juga bisa melihat eksotisme danau saat malam hari. Liburan kamu ke danau ini pastinya akan semakin menyenangkan deh.

Baca Juga: 10 Danau Paling Indah di Indonesia dan Ada yang di Atas Gunung

4. Fasilitas di Danau Laet

Danau Laet Sanggau Kalbar: Lokasi, Harga, dan Daya Tarikpotret fasilitas di Danau Laet (instagram.com/danaulaet)

Danau Laet memiliki fasilitas lumayan lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Beberapa di antaranya berikut ini.

  1. Tempat parkir.
  2. Toilet.
  3. Warung makan.
  4. Gazebo.
  5. Tempat duduk.
  6. Fasilitas kolam renang.
  7. Berbagai wahana seperti ATV motor, flying fox, sepeda air, dan bebek engkol.
  8. Spot foto.
  9. Persewaan perahu dan speedboat.
  10. Berbagai jenis penginapan.

5. Aktivitas seru di Danau Laet

Danau Laet Sanggau Kalbar: Lokasi, Harga, dan Daya Tarikpemandangan estetik di Danau Laet (instagram.com/olizaasma)

Banyak aktivitas wisata seru yang bisa kamu lakukan di Danau Laet. Aktivitas tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Mengelilingi danau dengan perahu

Jika berkunjung ke wisata danau, akan terasa kurang jika belum mengelilingi danau dengan menggunakan perahu. Apalagi di Danau Laet banyak pulau cantik yang sangat menarik untuk dilihat dari dekat. Kamu bisa menyewa perahu dengan harga mulai dari Rp150 ribu untuk bisa berkeliling danau kurang lebih selama 1 jam.

  • Berburu foto estetik

Kamu tidak akan kehabisan ide untuk mendapat foto estetik. Di setiap sisi danau ini kamu bisa menemukan banyak spot foto menarik. Tak hanya foto dengan latar belakang Danau Laet yang indah, kamu juga bisa berfoto di jembatan atau berfoto di atas perahu.

  • Memancing

Bagi yang hobi memancing, kalau main ke Danau Laet, kegiatan ini tak mungkin dilewatkan. Di danau ini banyak spesies ikan yang bisa kamu dapatkan. Jika tak mau repot, kamu juga bisa membawa oleh-oleh ikan air tawar dengan membeli ikan di kolam budidaya yang ada di Danau Laet. Wah, mantap banget, kan?

  • Mencoba berbagai wahana

Nah, jika kamu membawa anak-anak, kamu bisa mengajak anak-anak main di berbagai wahana yang tersedia. Mulai dari wahana air, seperti bebek engkol dan sepeda air, hingga wahana lebih seru, seperti ATV motor dan flying fox.

  • Camping

Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan di Danau Laet adalah camping. Di sini banyak lokasi camping yang bisa kamu gunakan untuk menghabiskan waktu sendiri maupun bersama keluarga atau pasangan sambil menikmati pemandangan Danau Laet dari tenda. 

  • Bermalam di penginapan tepi danau

Di Danau Laet terdapat berbagai jenis penginapan yang bisa kamu singgahi. Bermalam di penginapan sambil menikmati pesona Danau Laet tentu sangat menyenangkan. Harga penginapan di Danau Laet mulai dari Rp175 ribu.

Informasi lengkap mengenai Danau Laet yang ada di Sanggau, Kalimantan Barat, ini kini sudah kamu ketahui. Wisata ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan bersama keluarga atau untuk kamu yang ingin menenangkan pikiran dari penatnya kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Danau Labuan Cermin, Perpaduan Sempurna Air Asin dan Tawar

Lya Munawaroh Photo Verified Writer Lya Munawaroh

Reading, writing, adventuring Instagram @lyamun16_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya