Comscore Tracker

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Ini

Inilah bukti kehebatan nenek moyang kita di masa lampau!

Di Indonesia banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata kuliner, hingga wisata budaya. Sebagai negara besar yang memiliki sejarah panjang, melakukan perjalanan wisata budaya di Indonesia bisa jadi salah satu pengalaman unik yang menarik.

Salah satu peninggalan budaya masa lampau yang banyak terdapat di Indonesia adalah candi. Bangunan ini merupakan bangunan keagamaan yang dibangun sekitar abad ke-7, oleh kerajaan Hindu-Buddha yang pernah berkuasa di Indonesia. Pada masa itu, candi dianggap sebagai bangunan replika tempat tinggal para dewa, yakni Gunung Semeru. 

Nah kalau kamu tertarik untuk menyaksikan sendiri kemegahan bangunan peninggalan sejarah masa lampau ini, kamu bisa mengunjungi 10 candi berikut ini.

1. Candi Borobudur

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Iniviator.com

Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Sekitar 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Buddha yang dibangun di masa pemerintahan Dinasti Syailendra, pada abad ke-9. Dan merupakan candi Buddha terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Kerennya lagi nih, Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Ada sekitar 2672 relief, 504 arca, dan 72 stupa yang terdapat di Borobudur.Hingga saat ini, candi Borobudur masih dipakai oleh umat Buddha di Indonesia untuk berkumpul dan merayakan hari Trisuci Waisak. 

2. Candi Prambanan

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Iniindoneo.com

Kalau berkunjung ke Candi Prambanan, kamu pasti akan teringat dengan kisah Roro Jonggrang. Karena memang candi ini erat berkaitan dengan legenda Roro Jonggrang. Candi Hindu ini dibangun pada abad ke-9, dan merupakan candi yang dipersembahkan untuk Dewa Brahma, Dewa Wishnu, dan Dewa Syiwa.

Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman, D.I. Yogyakarta. Sekitar 17 kilometer ke arah timur laut dari kota Yogyakarta. Candi ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Sama seperti candi Borobudur, candi Prambanan juga termasuk ke dalam UNESCO World Herritage Site.

3. Candi Ratu Boko

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Iniexoticjavatrails.com

Siapa sih yang tidak mengenal candi yang satu ini? Candi Ratu Boko sempat sangat populer di kalangan anak muda, karena menjadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta 2. Situs purbakala yang satu ini, terletak sekitar 3 kilometer dari Candi Prambanan. Dan biasanya dijadikan satu paket tour kalau kamu berkunjung ke Prambanan.

Candi Ratu Boko ini dibangun pada abad ke 8, di masa pemerintahan dinasti Syailendra. Dan diduga kuat kalau tempat ini dulunya adalah merupakan keraton atau istana raja, dan bukan merupakan bangunan keagamaan. Nama Ratu Boko sendiri berasal dari legenda setempat, yang artinya Raja Bangau. Konon katanya, Ratu Boko adalah ayah dari Roro Jonggrang.

4. Candi Ijo

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Iningulandaratour.com

Candi Ijo terletak tidak jauh dari Candi Ratu Boko, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan  Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini dinamakan candi Ijo, karena letaknya di atas bukit yang bernama Gumuk Ijo. Diduga candi ini sudah ada sejak tahun 906 Masehi. Kompleks candi ini terbagi atas 3 bagian, yakni candi induk, candi pengapit, dan candi perwara.

Di hadapannya berjajar tiga candi yang lebih yang lebih kecil ukurannya, yang digunakan untuk memuja Brahma, Wishnu, dan Syiwa. Karena terletak diatas bukit, maka pemandangan di sekeliling candi Ijo sangat indah sekali. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang mengunjungi candi ini untuk melihat matahari terbenam (sunset), dari halaman candi.

5. Candi Plaosan

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Inisteller.co/punky_k/

Masih di sekitar Prambanan ada lagi satu candi yang bisa kamu kunjungi, yakni candi Plaosan. Letaknya kira-kira 1 kilometer ke arah timur laut dari Candi Prambanan. Kompleks candi Plaosan ini dibangun pada abad ke 9 oleh Raja Rakai Pikatan, dari kerajaan Medang.

Penemuan arca-arca, dan stupa, serta candi perwara berbentuk stupa, menandakan kalau candi Plaosan ini merupakan candi agama Buddha. Kompleks candi Plaosan ini terbagi atas 2 bagian, yakni Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Setiap tahunnya di area candi ini selalu diadakan acara Festival Candi Kembar, yang merupakan satu-satunya festival budaya besar di Klaten.

Baca Juga: 5 Perbedaan Langgam Candi Jawa Tengah & Jawa Timur, Kenali Yuk!

6. Candi Dieng

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Initripadvisor.com.my

Kompleks candi Dieng merupakan candi agama Hindu yang dibangun pada abad ke 7. Terletak di dataran tinggi Dieng yang konon merupakan gunung tempat persemayaman para Dewa. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Kalingga. Sebuah prasasti yang ditemukan di dekat candi Arjuna, menuliskan kalau candi Dieng sudah mulai dipakai pada abad ke 7.

Kompleks candi Dieng dibagi menjadi tiga wilayah dan satu candi tunggal. Nama-nama  candi di kompleks ini berdasarkan pada nama tokoh di kisah Mahabharata, yakni kelompok Candi Arjuna, Gatotkaca, dan Dwarawati. Sedangkan satu candi tunggal diberi nama candi Bima. Secara keseluruhan luas area kompleks candi Dieng ini diperkirakan sekitar 152 hektar.

7. Candi Gedung Songo

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Iniindonesia-tourism.com

Candi ini merupakan candi peninggalan agama Hindu, terletak di lereng gunung Ungaran. Tepatnya di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Candi Gedung Songo merupakan candi yang dibangun di abad ke 9, oleh dinasti Syailendra. Dan memiliki persamaan dengan candi Dieng di Wonosobo.

Candi Gedung Songo terletak di ketinggian 1.200 meter diatas permukaan laut, oleh karena itu suhu udara di tempat ini sangat dingin dan pemandangan sekitarnya sangat indah. Di kompleks candi Gedung Songo ini terdapat 9 buah candi. Tempat ini dapat ditempuh hanya 10 menit dari objek wisata Bandungan.

8. Candi Sewu

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Inireddit.com

Candi Sewu letaknya tidak jauh dari candi Prambanan, hanya sekitar 800 meter di sebelah utara Prambanan. Candi ini merupakan candi Buddha yang di bangun pada abad ke 8. Konon kabarnya candi Sewu ini dinamakan berdasarkan kisah legenda Roro Jonggarang. Walaupun jumlah candinya hanya 249, namun tetap dinamakan "Sewu" atau seribu.

Keunikan lainnya, candi Sewu ini juga merupakan candi Buddha terbesar kedua setelah candi Borobudur. Namun usia candi Sewu lebih tua daripada candi Borobudur dan candi Prambanan. Kompleks Candi Sewu terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, kecamatan Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

9. Candi Mendut

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Inijogjatourdriver.com

Candi Mendut terletak hanya 3 kilometer dari candi Borobudur, dan merupakan candi agama Buddha. Didirikan pada tahun 824 Masehi, di masa pemerintahan raja Indra dari dinasti Syailendra. Walaupun letaknya dekat dengan candi Borobudur, namun candi Mendut tidaklah sebesar Borobudur.

Hiasan dalam candi Mendut penuh dengan ukiran-ukiran makhluk kayangan seperti Garuda, Dewata Gandarwa, dan Apsara atau bidadari. Di candi Mendut juga terdapat ukiran relief cerita Pancatantra dan jataka. Serta didalam candi induknya terdapat 3 buah arca Buddha yang berukuran besar.

10. Candi Pawon

Wisata Budaya di Pulau Jawa, Yuk Kunjungi 10 Candi Bersejarah Iniborobudur.indonesia-tourism.com

Candi Pawon terletak di antara candi Mendut dan candi Borobudur. Jadi kalau kamu mengunjungi candi Borobudur, kamu bisa sekaligus singgah ke candi Mendut dan candi Pawon karena letaknya berdekatan. Hingga saat ini tidak diketahui secara pasti mengapa candi ini dinamakan candi Pawon.

Di dalam candi Pawon sudah tidak ditemukan lagi relief-relief atau arca-arca, sehingga sangat sulit mengenali apakah candi ini peninggalan agama Buddha atau Hindu. Namun pada bagian dinding luar candi dihiasi dengan relief Kalpataru dan Kinara-Kinari (makhluk berbadan manusia dan berkepala burung).

Unik dan cantik-cantik banget ya candi-candi peninggalan masa lampau. Padahal di masa itu teknologi belum berkembang seperti sekarang ini, namun orang-orang di masa itu sudah mampu menciptakan bangunan dengan arsitektur rumit. Inilah bukti kehebatan nenek moyang bangsa Indonesia di masa lampau.

Kalau kamu berkunjung ke sana, jangan lupa ya untuk selalu menjaga kebersihan dan ketertiban. Karena bagaimanapun juga, bangunan candi tersebut adalah bukti sejarah yang harus kita jaga dan kita lestarikan!

Baca Juga: 5 Resort & Hotel Super Mewah di Sekitar Candi Borobudur, Nyaman Banget

Maria Verena Photo Verified Writer Maria Verena

Menulis adalah cara saya mengekspresikan pikiran saya. It's a really fun thing to do.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You