Comscore Tracker

Berwisata Ke Toraja, Tidak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 7 Destinasi Ini

Ada 'Negeri diatas awan' juga loh di sana!

Selain Bali, Tana Toraja juga menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang namanya sudah populer di mancanegara. Hal ini karena daerah ini memiliki budaya yang unik, dan juga pemandangan alam yang cantik menawan. Sekedar informasi nih, Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Selatan.

Perjalanan menuju Tana Toraja, bisa ditempuh melalui jalur darat ataupun udara. Kalau kamu memilih menempuh perjalanan udara dari Makassar, perjalanan membutuhkan waktu hanya sekitar 45 menit. Sedangkan untuk perjalanan darat memerlukan waktu yang sedikit lebih lama, yakni sekitar 8 hingga 9 jam.

Tapi kelelahan selama menempuh perjalanan akan langsung terbayarkan ketika kamu tiba di Tana Toraja. Pemandangan alam yang indah dan deretan destinasi wisata yang menarik, menanti untuk kamu jelajahi. Karena itu kalau berwisata ke Tana Toraja, kurang lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi tujuh destinasi wisata hits ini.

1. Londa Tana Toraja

Berwisata Ke Toraja, Tidak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 7 Destinasi Iniinstagram.com/ngucay

Londa merupakan salah satu destinasi wisata yang gak boleh kamu lewatkan. Terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sangggalangi Tana Toraja. Jaraknya sekitar 7km dari kota Rantepao. Untuk menuju ke tempat ini kamu bisa menempuh perjalanan darat dengan menggunakan mobil atau motor.

Di tempat ini terdapat tebing batu yang di dalamnya terdapat goa yang digunakan sebagai tempat pemakaman. Karena itu jangan heran kalau di dalam goa itu banyak terdapat peti jenazah, tengkorak, dan tulang belulang manusia yang sudah berusia ratusan tahun. Di sini kamu juga bisa melihat deretan patung kayu di pinggir tebing batu, yang dinamakan Tau Tau. Patung ini merupakan patung dari setiap jenazah yang dimakamkan di Londa.

2. Lolai Tana Toraja

Berwisata Ke Toraja, Tidak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 7 Destinasi Iniinstagram.com/deny_ch_

Kampung Lolai terletak di Kecamatan Kapapitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Lolai mendapat julukan sebagai 'Negeri Di Atas Awan', karena terletak sekitar 1.300km di atas permukaan laut. Di tempat ini kamu bisa menikmati pemandangan yang begitu indah ditutupi dengan hamparan awan.

Lokasi Kabupaten Tana Toraja memang berada di dataran tinggi dengan dikelilingi gunung, jadi tidak heran kalau banyak memiliki desa dengan pemandangan indah seperti Lolai. Bahkan banyak pengunjung yang rela datang pagi-pagi ke Lolai, hanya untuk menikmati indahnya matahari terbit (sunrise). 

3. Kete Kesu Tana Toraja

Berwisata Ke Toraja, Tidak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 7 Destinasi Iniinstagram.com/liliyanabun

Desa Kete Kesu terletak sekitar 4km dari kota Rantepao. Desa ini terletak di wilayah perbukitan, dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Sepanjang perjalanan kesini kamu bisa menikmati hamparan sawah, dan juga hutan-hutan yang hijau. Di desa ini kamu bisa melihat deretan rumah adat Toraja, atau biasa disebut Tongkonan. 

Tongkonan biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan jenazah sementara, sebelum jenazah tersebut dimakamkan. Di Kete Kesu terdapat kompleks Tongkonan Toraja, yaitu tebing batu yang digunakan sebagai tempat pemakaman di masa lampau.

Baca Juga: 7 Fakta Kete Kesu, Tempat Sakral di Tana Toraja

4. Totombi Tana Toraja

Berwisata Ke Toraja, Tidak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 7 Destinasi Iniinstagram.com/toraya_maballoo

Satu lagi negeri di atas awan yang ada di Tana Toraja adalah Totombi. Lokasinya dekat dengan Lolai, yang berada di dusun Lembang Desa Benteng Mullu, Kecamatan Kapalapitu, Kabupaten Toraja Utara.

Kalau berkunjung ke negeri di atas awan baik Lolai maupun Totombi, kamu wajib membawa jaket yang tebal karena udara di tempat ini sangat dingin. Untuk masuk ke Totombi, kamu harus membayar Rp15 ribu per orang.

5. Buntu Burake

Berwisata Ke Toraja, Tidak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 7 Destinasi Iniinstagram.com/8elapantrip

Destinasi wisata yang satu ini bisa dibilang merupakan destinasi wisata religi yang ada di Tana Toraja. Karena di atas bukit Buntu Burake ini, terdapat patung Yesus setinggi 40 meter. Mirip dengan patung yang ada di kota Rio De Janeiro, Brasil.

Kerennya lagi nih, patung Yesus yang ada di tempat ini merupakan patung tertinggi kedua di dunia. Setelah patung Kristus Raja yang ada di Polandia. Selain bisa melihat patung Yesus di bukit Buntu Burake, kamu juga bisa menikmati pemandangan alamnya yang indah loh. Karena tempat ini memang terletak di ketinggian.

6. Kalimbuang Bori

Berwisata Ke Toraja, Tidak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 7 Destinasi Iniinstagram.com/karunia_paranna77

Tempat ini merupakan situs pemakaman, di sini banyak terdapat batu menhir warisan jaman megalitikum di masa lalu. Sekilas memang tempat ini mirip dengan Stonehenge yang ada di Inggris. Di Kalimbuang Bori sendiri terdapat sekitar 102 menhir yang berjajar rapi di kawasan Rante.

Rante merupakan tempat diadakannya upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja. Konon katanya, Kalimbuang Bori ini sudah ada sejak tahun 1617. Batu-batu menhir yang ada di sana dibawa dari gunung oleh para penduduk setempat, sebelum upacara pemakaman. 

7. Kawasan Wisata Ollon

Berwisata Ke Toraja, Tidak Lengkap Tanpa Berkunjung ke 7 Destinasi Iniinstagram.com/tajrim_rocker

Tempat wisata ini biasa dikenal dengan sebutan bukit Teletubbies, karena deretan gunung disini mirip dengan bukit-bukit yang ada di Teletubbies. Kawasan wisata ini termasuk kawasan wisata baru, terletak di desa Buakayu, Bonggakaradeng, Toraja.

Kawasan wisata Ollon tidak kalah populer dengan daerah lainnya di Tana Toraja. Tempatnya yang sunyi, memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Cocok banget untuk kamu yang ingin refreshing, melepaskan lelah dan stress akibat rutinitas sehari-hari. Kamu juga bisa kemping loh disini.

Itulah tujuh destinasi wisata di Tana Toraja yang bisa kamu kunjungi ketika berwisata di sana. Walaupun Tana Toraja terkenal seram banyak terdapat destinasi wisata yang berkaitan dengan kematian, namun tempat ini tetap layak untuk kamu singgahi.

Baca Juga: 7 Seserahan "Tak Biasa" Demi Melamar Gadis Toraja

Ayana Story Photo Verified Writer Ayana Story

Mulai menulis di IDN Times sejak 2017 (kalo gak salah ingat hehehe...)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You