Comscore Tracker

6 Hal yang Harus Disiapkan Solo Traveler untuk Trip Pertama 

Buat kamu yang masih pemula, dicatat, yuk!

Saat ini kegiatan solo traveling mulai banyak diminati oleh berbagai kalangan. Terkesan lebih menantang dan seru, perjalanan seorang diri dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, solo traveling juga membuat kamu lebih fleksibel untuk mengatur waktu dan agenda kegiatan.

Meski demikian, tantangan yang akan dihadapi ketika berlibur seorang diri cenderung lebih berat. Di samping tidak mempunyai teman untuk berdiskusi, kamu tentunya harus mengurus segala kelengkapan liburan. Untuk itu, enam hal berikut ini harus kamu persiapkan sebelum melakukan trip seorang diri.

1. Pesan tiket pesawat dan hotel jauh-jauh hari

6 Hal yang Harus Disiapkan Solo Traveler untuk Trip Pertama ilustrasi seorang perempuan sedang memegang handphone (freepik.com/tirachardz)

Hal pertama yang perlu disiapkan buat kamu yang ingin melakukan perjalanan seorang diri yaitu memesan tiket pesawat dan reservasi hotel tentunya. Memesannya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan akan membuatmu lebih tenang loh.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, sebaiknya rajin mengecek promo di website resmi pesawat. Sedangkan untuk akomodasi hotel, kamu bisa mengeceknya di aplikasi travel yang bisa kamu temukan di Playstore ataupun AppStore.

2. Cek kelengkapan identitas diri 

6 Hal yang Harus Disiapkan Solo Traveler untuk Trip Pertama ilustrasi paspor (onlinevisa.com)

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan identitas diri yang lengkap sebelum keberangkatan. Jika berencana berlibur di dalam negeri, tanda pengenal seperti KTP dan SIM dibutuhkan banget, lho.

Selain itu, untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan sendirian ke luar negeri, paspor menjadi hal pertama yang selalu ada di tas kecilmu. Jangan lupa untuk mengecek kembali sebelum keberangkatan, ya!

Baca Juga: 6 Fashion Item Pria yang Wajib Dibawa Saat Traveling, Perhatikan!

3. Packing secukupnya 

6 Hal yang Harus Disiapkan Solo Traveler untuk Trip Pertama ilustrasi packing (freepik.com/freepik)

Merencanakan liburan dengan solo traveling tentunya akan mengurus semua hal sendirian. Untuk itu, mengemas barang secara ringkas dan tepat akan berguna banget buat kamu nantinya.

Alangkah baiknya jika membawa barang seperlunya saja saat hendak melakukan solo traveling. Usahakan juga muat dalam satu tas ransel dan satu tas kecil yang berisi dompet, handphone dan barang berharga lainnya. Oh, ya, bawa juga obat-obatan untuk berjaga-jaga stamina kamu di perjalanan

4. Tentukan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi 

6 Hal yang Harus Disiapkan Solo Traveler untuk Trip Pertama ilustrasi mencatat (freepik.com/markproduction)

Sebelum berencana melakukan solo traveling ke tempat-tempat baru, akan lebih baik jika mengetahui kondisi dari tempat yang akan dituju. Melakukan riset di awal untuk mengetahui bagaimana kondisi sesungguhnya sangat direkomendasikan, lho.

Tentunya tujuan wisata setiap orang berbeda-beda. Makanya, riset mengenai destinasi wisata yang ditawarkan oleh tempat tujuanmu sangatlah penting. Misalnya nih, kamu ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah, tapi ternyata di tempat tujuanmu hanya ada sedikit, kan sayang banget.

5. Buat jadwal perjalanan 

6 Hal yang Harus Disiapkan Solo Traveler untuk Trip Pertama ilustrasi membuat catatan (freepik.com/drobotdean)

Setelah menentukan destinasi mana saja yang akan dikunjungi, kamu juga perlu menyiapkan jadwal dan rencana perjalanan. Kamu bisa membuat jadwal perjalanan mulai dari hari pertama keberangkatmu dan atur akan kemana saja setiap harinya. Jadwal ini bisa kamu buat untuk seluruh agenda mulai dari bangun tidur di pagi hari  hingga malam.

Rencanakan semuanya dengan pertimbangan yang matang. Mulai dari akomodasi, transportasi hingga konsumsi yang kamu butuhkan selama mengunjungi berbagai destinasi wisata tersebut. Masukkan juga biaya-biaya tak terduga sebagai cadangan jika ada hal yang tidak masuk ke dalam rencana kamu.

6. Perhatikan Kondisi Fisik dan Mental 

6 Hal yang Harus Disiapkan Solo Traveler untuk Trip Pertama ilustrasi membuat minuman sehat (freepik.com/gpointstudio)

Melakukan perjalanan seorang diri tentunya memerlukan kondisi fisik yang sehat dan segar. Mengurus semua seorang diri tanpa ada kenalan di tempat asing menjadikan kamu harus selalu memperhatikan kondisi fisik dan mentalmu. Perhatikan makananmu, kalau perlu konsumsi minuman sehat penambah energi, ya!

Pastikan juga kamu mengetahui batasan tubuhmu ketika mengatur jadwal perjalanan yang sesuai dengan tujuan berliburmu. Dengan kondisi fisik yang prima serta mood yang stabil tentunya akan menjadikan perjalananmu lebih seru kan.

Nah, buat kamu yang sudah ada rencana untuk melakukan solo traveling, pastikan untuk memperhatikan enam poin di atas, ya.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Hits di New Jersey, Cocok untuk Wisata Keluarga!

Marissa Zefanya Photo Verified Writer Marissa Zefanya

Muggle.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya