Comscore Tracker

Akhir Pekan di Jakarta Aja? Yuk, Kunjungi 3 Spot Wisata di PIK Ini!

Punya pilihan rekreasi kekinian lho!

Bingung menikmati akhir pekan bersama keluarga mau ke mana? Kamu bisa mengunjungi kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) yang berada di wilayah Jakarta Utara. Salah satu tempat wisata yang sedang populer ini menyediakan berbagai pilihan rekreasi kekinian yang dijamin bisa memuaskan kamu sekeluarga.

Kepopuleran kawasan PIK meningkat karena kamu bisa menemukan hal-hal yang seru, unik, dan keren di sana lho, seperti kuliner legendaris, kafe, salon, tempat wisata ikonik, pantai pasir putih, bersepeda, jogging, dan lain sebagainya. Semua tempat ini bisa banget dijadikan spot foto yang instagrammable. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi PIK karena memiliki banyak destinasi wisata. “Ini adalah bagian dari upaya dalam kebangkitan ekonomi. Saya mengapresiasi karena banyak destinasi dan sentra ekonomi kreatif yang bisa dikunjungi,” ujarnya.

Bagaimana, sudah siap berkunjung ke PIK? Sebelum itu, jangan lupa ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis setiap hari Selasa yang diadakan dua minggu sekali. Caranya? Follow akun Instagram @pesona.indonesia lalu like posting-an terbaru PUKIS pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention 3 temanmu untuk ikutan kuis ini, ya! Raih ragam hadiah menarik dari Pesona Indonesia. 

Nah, inilah 3 spot seru di PIK yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga! Check it out!

1. Pantjoran Chinatown seru banget!

Akhir Pekan di Jakarta Aja? Yuk, Kunjungi 3 Spot Wisata di PIK Ini!Pantjoran Chinatown yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. (Dok. Kemenparekraf)

Suasana Negeri Tirai Bambu langsung terasa saat memasuki area seluas kurang lebih 5.300 hektare ini. Pintu masuknya berupa gapura raksasa berwarna merah, putih, dan emas bertuliskan huruf Mandarin yang menghiasi bagian atas dan kanan kirinya. Pantjoran PIK berada di Golf Island, Pantai Indah Kapuk. Kawasan wisata kuliner ini sudah ada sejak tahun 2020.

Aneka menu mulai dari jajanan kaki lima yang legendaris, hidangan Tionghoa, hingga kuliner tradisional bisa kamu temui di sini, salah satunya bihun bebek yang dibanderol seharga Rp60.000 per porsi dan es kopi Tak Kie yang melegenda seharga Rp25.000 per cup. Pantjoran Chinatown PIK menyediakan lebih dari 80 tenant kuliner dengan aneka pilihan menu. Selain itu, di sini juga tersedia spot foto estetik dengan vibes yang dijamin membuat pengunjung seperti sedang berlibur di Tiongkok.

Meski secara khusus menghadirkan wisata kuliner, sayang rasanya jika kamu melewatkan aktivitas berfoto di berbagai spot estetik dengan sentuhan ornamen khas Tiongkok. Berbagai pernak-pernik seperti lampion dan mural berwarna-warni dengan gambar-gambar yang menarik dijamin akan menambah tampilan foto-foto di media sosial kamu terlihat lebih keren dan kekinian.

Salah satu bangunan khas Tiongkok yang sayang untuk dilewatkan adalah pagoda dengan patung Dewi Kwan Im berdiri di atas lotus yang terlihat megah di bagian depannya dan kolam permohonan yang berada persis di tengah-tengah area Pantjoran Chinatown. Konon dengan menyebutkan permohonan dan melemparkan koin ke kolam tersebut, maka permohonan kita akan terwujud. Kamu bisa langsung memasuki area wisata ini secara gratis. Pantjoran Chinatown beroperasi dari pukul 07.00 sampai 23.00 WIB.

Baca Juga: Old Shanghai Kelapa Gading, Destinasi Wisata Ikonik Baru di Jakarta 

2. Nikmati berbagai streetfood di Cove at Batavia

Akhir Pekan di Jakarta Aja? Yuk, Kunjungi 3 Spot Wisata di PIK Ini!Cove at Batavia yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. (Dok. Cove at Batavia)

Hampir mirip dengan Pantjoran Chinatown, Cove at Batavia juga merupakan area yang dipenuhi dengan aneka gerai streetfood kekinian favorit para millennial. Bukan hanya itu, tampilan dan vibes-nya pun dijamin akan membuat kamu betah menghabiskan sore bersama keluarga. Di sini kamu juga bisa mengajak hewan peliharaan bermain, berburu spot foto untuk mempercantik tampilan medsosmu, duduk bersantai di tepi pantai menunggu sunset tiba sambil menyantap lezatnya gelato.

Ada beberapa gerai yang menjual gelato dengan berbagai pilihan rasa, di antaranya cokelat, greentea, vanilla, dan mangga yang dijual seharga Rp35.000 per scoop. Ada juga kedai minuman boba dengan aneka varian, camilan western seperti waffel dan burger, tak ketinggalan ada pula durian. Tempat ini beroperasi dari pukul 08.00 sampai 23.00 WIB dan dilengkapi dengan fasilitas wastafel serta sabun cuci tangan di berbagai sudut.

3. Pantai Maju, spot yang gak bikin bosen!

Akhir Pekan di Jakarta Aja? Yuk, Kunjungi 3 Spot Wisata di PIK Ini!Pantai Maju yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara. (Dok. Kemenparekraf)

Jika kamu berkunjung ke PIK dengan menggunakan TransJakarta (rute: naik TransJakarta jurusan Pluit, lalu transit di shelter Penjaringan, kemudian naik ke arah PIK, dan turun di shelter Fresh Market), Pantai Maju ini berada persis di pemberhentian paling akhir dari rute PIK. 

Meski tidak bisa menikmati sunset yang sempurna dari sini, pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi untuk menutup sore harimu bersama keluarga atau gebetan lho.

Selain piknik di gazebo atau rerumputan, di sini kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga, seperti jogging, jalan santai, dan bersepeda. Tak perlu khawatir, bagi yang tidak memiliki sepeda, kamu bisa menyewa dari persewaan sepeda yang tersedia di sini. Kamu bisa memilih berbagai jenis sepeda, mulai dari sepeda manual hingga sepeda bonceng satu ataupun tiga. Harga sewanya pun bervariasi mulai dari Rp25.000 sampai Rp125.000, tergantung durasi penggunaannya.

Bagi yang ingin mencari camilan, di dekat area ini tersedia swalayan yang sangat lengkap menyediakan berbagai camilan, seperti roti, dim sum, dan banyak pilihan minuman panas atau dingin. Ketiga spot di PIK ini juga dilengkapi fasilitas umum seperti musala dan toilet yang bersih serta nyaman untuk teman difabel.

Oh iya, harga-harga yang tertera bisa saja berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak setempat. Harga di atas merupakan gambaran awal, sebagai panduan apabila kamu ingin berakhir pekan di PIK.

Sudah tak sabar ingin segera menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dengan berkunjung ke PIK? Pastikan sudah vaksin dosis lengkap dan usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan ya, mulai dari menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak agar aktivitas wisata tetap aman dan nyaman. 

Kalau kamu mau tahu Informasi lainnya seputar destinasi wisata yang ada di Jakarta atau daerah lainnya, serta inspirasi ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja, kamu bisa follow akun Instagram @pesona.indonesia, Facebook @pesona.indonesia, Twitter @pesonaindonesia, TikTok: @pesonaindonesia, YouTube Pesona Indonesia, dan mengunjungi website www.indonesia.travel ya guys. Yuk, saatnya eksplor Indonesia! (WEB)

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya