Comscore Tracker

Pesona yang Natural, 5 Destinasi Terbaik Saat Mengunjungi Polandia

Nikmati destinasi alam dan warisan budayanya yang mempesona

Polandia adalah sebuah negara republik sekaligus negara maju yang berada di Eropa Tengah. Polandia mempunyai tradisi kuat dan menjaga warisan budayanya yang utuh bahkan setelah pengaruh Perang Dunia ke II.

Negara yang memiliki bendera yang hampir mirip dengan Indonesia ini juga merupakan negara yang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan dari penjuru dunia.

Polandia memiliki destinasi wisata yang menarik dan asri dengan menawarkan kesan bangunan-bangunan abad pertengahan serta kastil dan istana yang terdapat pada setiap sudut negara.

Jika kamu berkunjung ke Polandia, berikut 5 destinasi wisata terbaik yang tetap menjaga pesonanya yang natural!

1. Wroclaw

Pesona yang Natural, 5 Destinasi Terbaik Saat Mengunjungi PolandiaWroclaw (instagram.com/asieka77)

Kota yang pernah menjadi bagian dari kerajaan di Polandia ini terletak di bagian barat Polandia.

Wroclaw merupakan kota terbesar Polandia dengan jumlah penduduk sekitar 638.000 jiwa. Di tempat ini, kamu dapat mengunjungi Main Market Square yang merupakan area tertua dari abad ke-13, ada Gereja St. Elizabeth, Balai Kota, dan Museum Pan Tadeusz yang didedikasikan untuk pameran multimedia adat istiadat Polandia.

Wroclaw memiliki beberapa museum seperti Museum Lubomirski dan Museum Nasional Wroclaw. Dengan berjalan kaki di sekitar kota, akan ada 350 patung mini elf yang terbuat dari perunggu terletak di sepanjang trotoar dan sudut-sudut kota.

2. Gdańsk

Pesona yang Natural, 5 Destinasi Terbaik Saat Mengunjungi PolandiaGdańsk (instagram.com/miecznik.foto)

Gdańsk adalah pelabuhan terbesar di Polandia yang terletak di Wilayah Utara Polandia, tepat di Teluk Gdansk yang menghadap Laut Baltik. Di kota ini, terdapat sslah satu gereja batu bara terbesar di dunia bernama St. Mary Church. Ada juga Benteng Wisloujscie dan Mercusuar pelabuhan Gdańsk Nowy yang membentang di laut yang indah.

Nikmati keindahan alam dari Kota Gdańsk yang dilestarikan dari abad ke-17 termasuk bangunan kota utama seperti gerbang, menara penjara, bahkan rumah-rumah pedagang pada masa itu.

Tambah pengetahuanmu di Museum II Wojny Swiatowej yang merupakan museum sejarah perang dunia ke II dengan menampilkan kendaraan, artefak, dokumen, dan foto yang terkait peristiwa perang dan Holocaust.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Warsawa-Polandia, Bikin Liburan Jadi Berwarna

3. Taman Nasional Ojcow

Pesona yang Natural, 5 Destinasi Terbaik Saat Mengunjungi PolandiaTaman Nasional Ojcow (instagram.com/_dziennik_pokladowy_)

Taman Nasional yang masih berada di kawasan County Krakow, Selatan Polandia ini diambil dari nama desa Ojcow yang merupakan pusat area dari taman ini. Berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat Krakow, taman ini bisa dikunjungi dengan menggunakan bus.

Taman Nasional Ojcow diresmikan pada 1956 dan termasuk taman nasional terkecil di Polandia dengan luas sekitar 21,5 kilometer persegi.

Dengan pemandangan hutan asri yang lebat, tersusun dengan batuan tebing kapur, lembah sungai dan lebih dari 400 gua. Uniknya, pada musim semi dan panas nikmatilah pemandangan jalan setapak dan lembah bunga yang dilewati lebih dari 500 spesies kupu-kupu.

Jika kamu menyukai hiking, tempat ini merupakan salah satu yang populer dan terdapat jejak sarang burung elang!

4. Krakow

Pesona yang Natural, 5 Destinasi Terbaik Saat Mengunjungi PolandiaKrakow (instagram.com/visitkrakow)

Krakow merupakan kota tertua dan terbesar di Polandia yang sudah dihuni sejak abad ke-7. Kota ini secara geografis terletak di sepanjang sungai Wisla, Selatan Polandia.

Berkunjung ke krakow dan nikmati pusat kota tuanya yang masih mempertahankan arsitektur abad pertengahannya yang indah. Krakow merupakan rumah bagi 40 taman kota. Salah satunya Planty Park dengan luas 21 hektar yang membentuk lingkaran hijau di pusat kota.

Ada juga hutan The Lasek Wolski yang menawarkan area bersepeda trail dan hiking. Di kota ini menawarkan 28 museum. Salah satu yang paling populer adalah Wawel Royal Castle National Art Collection yang menyajikan koleksi furnitur, permata, senjata sejarah Kastil Wawel pada abad ke-15.

Pergilah ke Kastil Wawel yang ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO.

5. Pegunungan Bieszczady

Pesona yang Natural, 5 Destinasi Terbaik Saat Mengunjungi PolandiaPegunungan Bieszczady (instagram.com/bieszczadymountains)

Pegunungan Bieszczady adalah serangkaian pegunungan di Polandia yang membentang dari Ujung Tenggara Polandia hingga Timur Laut Slawokia dan Ukraina. Di pegunungan ini terdapat beberapa polanina atau sebuah area padang rumput luas yang berada di kawasan pegunungan.

Polanina Wetlinska yang ada pada ketinggian 1.255 meter merupakan salah satu area padang rumput terkenal dengan pemandangannya yang hijau dan alami.

Di puncak, terdapat sebuah wisma kecil yang merupakan satu-satunya wisma yang ada pada wilayah ini bernama Chatka Puchatka. Di tempat tersebut menawarkan makanan dan minuman bahkan bermalam untuk para pengunjung.

Sebagian besar wilayah Bieszczady merupakan rumah bagi beruang cokelat, serigala, dan bison sehingga menjadikan pegunungan ini sebagai Cagar Biosfer Carpathian Timur UNESCO.

Jika kamu berkunjung ke Eropa dan memiliki kesempatan untuk ke Polandia, mampirlah kelima tempat di atas. Selain dapat menikmati peninggalan dari abad-abad terdahulu yang masih alami, kamu juga dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat!

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Khas Polandia yang Kaya Gizi dan Protein, Lezat!

May Paramita Photo Verified Writer May Paramita

Indeed, with hardship will be ease.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya