Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Kamu si Pencinta Alam

Selain menikmati alam, kamu juga dapat belajar sejarah, lho!

Popularitas Yogyakarta sebagai destinasi wisata memang tak perlu dimungkiri lagi. Beragam-ragam jenis wisata mulai dari kuliner, budaya, sejarah, hingga alam bertumpah ruah di kota ini. 

Destinasi wisata yang tak asing bagi wisatawan ketika ke Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis, Candi Prambanan, atau Malioboro. Namun selain itu, masih banyak spot wisata yang bisa kamu kunjungi, lho.

Jika kamu salah satu pencinta alam, tak ada salahnya untuk mampir ke destinasi wisata berikut ini yang ada di Yogyakarta. Selain menikmati alam, kalian juga dapat belajar sejarah sekaligus, lho. Yuk, simak rekomendasi lokasi wisata tersebut!

1. Goa Kiskendo Kulon Progo

5 Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Kamu si Pencinta AlamGoa Kiskendo Kulon Progo (instagram.com/explorekulonprogo)

Mengunjungi Kabupaten Kulon Progo, kamu harus mampir ke sebuah goa di Pegunungan Menoreh yang ada pada ketinggian 1200 mdpl yaitu Goa Kiskendo. Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan goa yang khas dengan suasana pertapaan. Tak hanya itu, kamu bisa susur goa dan nikmati indahnya stalagtit atau stalagmit yang ada di dalam. 

Menariknya, goa ini mempunyai sepenggal mitos Ramayana yakni terdapat peperangan antara Kerajaan Kiskendo yang dipimpin oleh dua saudara raksasa berkepala sapi, Mahesasura dan Lembu Sura dengan dua saudara manusia kera, Subali dan Sugriwa untuk memperebutkan Dewi Tara. 

Diakhir cerita, Sugriwa mengira kakaknya yang bertarung di dalam goa telah gugur dan menutup goanya. Namun, dengan kesaktian Subali, ia mampu membuka goa itu hingga menembus 800 meter. Dari legenda ini, masyarakat percaya bahwa panjang Goa Kiskendo merupakan jejak kesaktian Subali. Tak heran jika goa ini dianggap suci dan sakral.

Kamu bisa menikmati kisah ini dalam relief yang ada di luar goa dan menyaksikan teater seni di sekitar wisata ini.

Lokasi: Jl. Raya Kaligesing, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

Harga tiket: Rp5 ribu per orang

Jam operasional: Setiap Hari, 09.00-17.00 WIB 

2. Candi Ijo

5 Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Kamu si Pencinta AlamCandi Ijo (instagram.com/pesona_candiijo)

Jika kamu tertarik dengan candi, datanglah ke Dusun Groyokan dan mengunjungi Candi Ijo. Populer di kalangan wisatawan muda, Candi Ijo dinilai merupakan candi tertinggi di Yogyakarta dengan ketinggian 395,481 mdpl. Namanya pun diambil dari tempat ia dibangun yaitu di Bukit Hijau atau disebut Gumuk Ijo.  

Kamu bisa menikmati keindahan candi yang memiliki 17 struktur bangunan dan terbagi menjadi 11 teras berundak dengan balutan relief, arca dan prasasti bersejarah. Tak hanya itu, dari atas bukit kamu bisa menikmati pemandangan Pantai Parangtritis, area persawahan, bahkan pesawat yang sedang take-off dari Bandara Adisutjipto. Di sore hari, kamu akan dimanjakan dengan panorama senja atau sunset yang dibalut bangunan candi.

Lokasi: Jl. Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Harga tiket: Rp5 ribu per orang

Jam operasional: Selasa-Jum'at, 09.00-15.00 WIB dan Sabtu-Minggu, 07.00-17.00 WIB

3. Pantai Ngobaran

5 Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Kamu si Pencinta AlamPantai Ngobaran (instagram.com/explore.pantaingobaran)

Beralih ke Gunung Kidul  jangan lewatkan salah satu pantai kebanggaan Yogyakarta, Pantai Ngobaran. Pantai dengan panorama eksotis dan tebing yang mengelilingi. Kamu akan disuguhi ritual keagamaan dan budaya Hindu yang ada di pantai tersebut. Adapula Pura Hindu berarsitektur indah dilengkapi dengan arca-arca dewa. 

Ketika air laut surut, kamu akan dibuat terpukau dengan pemandangan karang, gangga, alga dan biota laut. Menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 jam dari pusat Yogyakarta, kamu sudah dapat berkunjung ke pantai yang disebut mirip dengan pantai-pantai di Bali. 

Lokasi: Jl. Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebong, Kec. Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871

Harga tiket: Rp5 ribu per orang

Jam operasional: 24 Jam

Baca Juga: Info Wisata Pantai Ngetun, Jogja: Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk

4. Hutan Pinus Pengger

5 Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Kamu si Pencinta AlamHutan Pinus Pengger (instagram.com/syafaafays)

Letaknya berada di pinggir Jalan Dlingo-Patuk, kurang lebih 25 km dari Kota Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger dahulunya adalah hutan produksi getah pinus biasa yang sempat vakum selama dua tahun, lalu pada tahun 2016 hutan tersebut dibuka sebagai spot wisata.

Kamu bisa mengitari dan melihat pohon-pohon pinus sembari merasakan suasana udara yang sejuk. Bagi yang gemar mengoleksi foto, di sini adalah tempat yang cocok karena terdapat spot foto antara lain rumah pohon, tangga cinta, atau sarang burung raksasa. Di malam hari, kamu bakal terpukau dengan panorama city light Kota Yogyakarta.

Lokasi: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul, Darrah Istimewa Yogyakarta 55783

Harga tiket: Rp3 ribu per orang

Jam operasional: Setiap Hari, 08.00-21.00 WIB 

5. Air Terjun Tlogo Muncar

5 Destinasi Wisata Yogyakarta untuk Kamu si Pencinta AlamAir Terjun Tlogo Muncar (instagram.com/landscapephotohub)

Berjarak 27 km dari pusat Yogyakarta, Air Terjun Tlogo Muncar berada di Desa Hargobinangun, tepatnya di kaki Gunung Merapi dengan ketinggian 878 mdpl. Air terjun setinggi 40 meter ini berair jernih dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Mata air terjun tersebut mengalir dari Bukit Plawangan. 

Pencinta ketenangan, kamu bisa menikmati udara pegunungan khas air terjun yang sejuk dan segar serta hijaunya pohon-pohon dihiasi keindahan tebing sekitar. Di sini, terdapat lahan untuk camping, gazebo, dan taman rekreasi bagi anak-anak. Jika beruntung, kamu dapat berjumpa dengan kera liar yang ada di kawasan ini.

Ada beberapa mitos dari Air Terjun Tlogo Muncar, salah satunya yang populer adalah jika mandi di sini kamu bakalan awet muda, lho! 

Lokasi: Jalan Tlogo Putri Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Harga tiket: Rp8 ribu per orang

Jam Operasional: Setiap Hari, 09.00 -15.00 WIB 

Selain murah meriah, kamu dapat membawa keluarga atau orang-orang tercinta untuk menikmati keindahan alam bersama! Jika berkunjung ke wisata alam di atas, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan sekitar, ya, agar tetap bisa dinikmati generasi berikutnya.

Baca Juga: Info Wisata Capolaga, Wisata Alam Menakjubkan di Kabupaten Subang

May Paramita Photo Verified Writer May Paramita

Indeed, with hardship will be ease.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya