Comscore Tracker

5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Favorit Pendaki di Pulau Jawa!

Dari Gunung Slamet hingga Sindoro #IDNTimesTravel

Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang memiliki deretan gunung di wilayahnya. Deretan gunung di sana pun rata-rata menjulang tinggi hingga ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bagi kamu yang suka mendaki gunung, kamu wajib tahu lima gunung tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Masing-masing gunung memiliki keindahan dan keunikan masing-masing, lho. Berikut ulasannya.

1. Gunung Slamet

5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Favorit Pendaki di Pulau Jawa!potret pendaki di puncak Gunung Slamet (commons.wikimedia.org)

Gunung Slamet  terletak di perbatasan kabupaten Brebes, Tegal, Banyumas, Pemalang, dan Purbalingga. Dengan ketinggian 3.428 mdpl, menjadikan Gunung Slamet ini sebagai gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Untuk mendaki Gunung Slamet, diperlukan waktu pendakian sekitar 9 jam dengan jalur yang menanjak dan semakin berbatu saat mendekati puncak. Jika kamu masih pendaki pemula, pertimbangkan kembali rencanamu untuk mendaki Gunung Slamet. Sebab, mendaki gunung ini perlu persiapan yang matang.

2. Gunung Sumbing

5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Favorit Pendaki di Pulau Jawa!potret pendaki Gunung Sumbing (unsplash.com/Bayu Syaits)

Gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah adalah Gunung Sumbing. Gunung Sumbing ini terletak di perbatasan kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Magelang.

Gunung Sumbing yang merupakan gunung berapi tidak aktif ini memiliki ketinggian 3.371 mdpl. Ada banyak jalur yang bisa dilalui untuk mendaki Gunung Sumbing. Mendaki gunung ini membutuhkan waktu sekitar 8 jam.

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Bromo, Gunung Berapi Menawan di Jawa Timur

3. Gunung Lawu

5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Favorit Pendaki di Pulau Jawa!sabana di Gunung Lawu (commons.wikimedia.org)

Gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah adalah Gunung Lawu yang lokasinya terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Lebih tepatnya terletak di kabupaten Karanganyar, Ngawi, dan Magetan.

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang disukai oleh banyak pendaki karena terdapat banyak spot menarik saat kamu mendakinya. Salah satu spot-nya yang terkenal adalah pemandangan padang rumput yang menawan. Gunung Lawu ini memiliki ketinggian 3.265 mdpl dan untuk mendakinya dibutuhkan waktu sekitar 6 jam.

4. Gunung Merbabu

5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Favorit Pendaki di Pulau Jawa!sabana di Gunung Merbabu (unsplash.com/Philip Lindberg)

Lalu keempat ada Gunung Merbabu yang terletak di perbatasan kabupaten Magelang, Semarang, dan Boyolali. Berketinggian 3.145 mdpl, Gunung Merbabu ini cukup digemari oleh banyak pendaki gunung karena Gunung Merbabu ini dilapisi oleh sabana yang terhampar luas.

Untuk sampai ke puncak Merbabu, terdapat 5 jalur resmi yang bisa dilalui dan diperlukan waktu pendakian sekitar 6 jam. Sepanjang jalur pendakian, kamu bakal ditemani oleh sabana Merbabu yang indah.

5. Gunung Sindoro

5 Gunung Tertinggi di Jawa Tengah, Favorit Pendaki di Pulau Jawa!pendaki di puncak Gunung Sindoro (instagram.com/ukiwardoyo)

Gunung tertinggi kelima di Jawa Tengah adalah Gunung Sindoro yang letaknya ada di perbatasan kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Gunung ini letaknya tak jauh dengan Gunung Sumbing.

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.136 mdpl dan punya 6 jalur pendakian. Untuk bisa sampai ke puncak Sindoro, diperlukan waktu pendakian sekitar 6 jam.

Nah, itulah kelima gunung tertinggi di Jawa Tengah. Mana dulu, nih, gunung yang bakal kamu daki duluan?

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Muria, Gunung di Jawa Tengah yang Dulunya Adalah Pulau

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Semoga bermanfaat!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya