Comscore Tracker

6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango yang Menyejukkan Mata

Lokasinya bersih dan menyegarkan banget

Gunung Gede Pangrango merupakan taman nasional yang menawan. Lokasinya dekat dengan Jakarta, sehingga cocok dijadikan wisata saat weekend. Ada banyak spot wisata menarik di Gede Pangrango ini, salah satunya adalah air terjun.

Buat kamu yang pengin merasakan segarnya air terjun yang ada di kaki Gunung Gede Pangrango, ada enam air terjun yang bisa kamu kunjungi. Kira-kira apa saja? Simak air terjun indah dan menyegarkan yang ada di Gunung Gede Pangrango berikut ini.

1. Curug Cibereum

6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango yang Menyejukkan MataCurug Cibereum di Cibodas (instagram.com/elisarosalina)

Curug Cibereum terletak di Cibodas, Cianjur, dekat dengan Kantor Taman Nasional. Di air terjun ini terdapat dua aliran air, yang paling besar di sebelah kiri.

Untuk bisa menikmati Curug Cibereum, kamu hanya perlu membayar tiket masuk Rp20 ribu, lalu berjalan kaki sekitar satu setengah jam menuju curug. Walau perjalanannya cukup lama, namun kamu bakal disuguhi oleh alam yang menarik selama perjalanan.

2. Curug Cibereum

6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango yang Menyejukkan MataCurug Cibereum di Selabintana (instagram.com/elisia_meilisko)

Ada air terjun yang namanya sama seperti sebelumnya, yaitu Curug Cibereum. Namun, air terjun yang satu ini terletak di Selabintana, Sukabumi.

Jarak dan medan menuju Curug Cibereum di Selabintana ini hampir sama dengan yang di Cibodas, sekitar 1-2 jam berjalan kaki. Selain itu, perjalanannya akan bermedankan hutan. Tiket masuk ke Curug Cibereum ini berkisar Rp15 ribu.

3. Curug Sawer

6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango yang Menyejukkan MataCurug Sawer (instagram.com/menaariw)

Selanjutnya, ada Curug Sawer yang terletak di kawasan Situ Gunung, Sukabumi. Saat mengunjungi Curug Sawer, kamu bisa melewati Situ Gunung Suspension Bridge sekaligus berkunjung ke kawasan alam yang menawan.

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Sawer, kamu harus membayar biaya masuk dengan harga Rp20 ribu. Berjalan kaki ke air terjun ini mencapai satu kilometer, lho.

Baca Juga: 10 Fakta dan Pesona Curug Cikaso, Air Terjun Menawan di Sukabumi

4. Curug Cipadaranten

6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango yang Menyejukkan MataCurug Cipadaranten (instagram.com/ariansyah_alvian)

Curug Cipadaranten terletak di Cicurug, Sukabumi. Akses menuju air terjun ini cukup sulit karena harus berjalan kaki sejauh empat kilometer.

Meski lelah, semua itu akan terbayar dengan kesegaran Curug Cipadaranten yang jernih dan ditumbuhi tanaman hijau di sekitarnya. Curug Cipadaranten tingginya sekitar 35 meter dengan ketinggian 1.001 meter di atas permukaan laut (mdpl).

5. Curug Cisadane

6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango yang Menyejukkan MataCurug Cisadane (instagram.com/kamana_ih)

Curug Cisadane yang ada di Cigombong, Kabupaten Bogor, juga wajib kamu kunjungi. Seperti Curug Cipadaranten, akses menuju Curug Cisadane ini cukup sulit dengan jarak yang jauh dan melewati hutan belantara.

Untuk sampai ke air terjun, kamu harus melaku ke arah Balai Besar Rehabilitasi BNN di Cigombong, kemudian lanjut ke titik awal pendakian ke Curug Cisadane yang terletak di Kampung Ciwaluh. Curug Cisadane ini terletak di hulu Sungai Cisadane.

6. Curug Cikaracak

6 Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango yang Menyejukkan MataCurug Cikaracak (instagram.com/rahmancosta92_)

Terakhir, ada Curug Cikaracak yang terletak di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. Curug Cikaracak ini sangat indah dengan debit air yang besar dan bebatuan yang sedikit bercorak di belakang air terjunnya.

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Cikaracak, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Meski jauh, kamu gak bakal menyesal, deh.

Keenam air terjun yang ada di kaki Gunung Gede Pangrango di atas wajib masuk dalam list berliburmu. Apakah kamu berencana mengunjungi salah satu air terjun di atas? Tulis di kolom komentar, yuk! 

Baca Juga: 5 Curug Eksotis di Kaki Gunung Ciremai, Segar Memanjakan Mata!

Mimar Fakhruddin Photo Verified Writer Mimar Fakhruddin

Instagram @mimarfakhruddin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya